sfidn - Berikut 10 Manfaat Berenang bagi Tubuh, Jangan Sampai Terlewatkan!

Berikut 10 Manfaat Berenang bagi Tubuh, Jangan Sampai Terlewatkan!

sfidn.com - Berenang adalah salah satu jenis olahraga populer di kalangan masyarakat, mulai dari sekadar hobi hingga menjadikannya bagian dari aktivitas rutin harian. Bahkan olahraga ini bisa dilakukan oleh anak-anak juga, loh! Banyak orang tua kini mengajari anaknya berenang demi kesehatan si Kecil.

Meskipun mungkin sebagian dari Anda ada yang tidak bisa berenang, tampaknya mulai sekarang Anda harus melatihnya. Mengapa? Agar Anda tidak melewatkan beragam manfaat berenang bagi kesehatan berikut ini.

10 Manfaat berenang untuk kesehatan tubuh

Salah satu cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh, terutama sistem kardiovaskular Anda adalah berenang. Berenang selama satu jam mampu membakar kalori hampir setara dengan Anda berlari, tanpa berdampak pada tulang dan persendian Anda. Berikut manfaat berenang lainnya untuk tubuh yang bisa Anda dapatkan:

1. Melatih seluruh otot tubuh

Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari berenang. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, Anda akan merasakan: 

  • Detak jantung meningkat tanpa membuat tubuh stres
  • Otot tubuh semakin kencang dan kuat
  • Daya tahan tubuh meningkat

Gaya renang yang berbeda, seperti gaya dada, kupu-kupu, bebas, dan lainnya, berfokus pada kelompok otot yang berbeda pula. Namun, apapun gaya renang Anda, Anda sudah menggunakan sebagian besar otot Anda untuk menggerakkan tubuh di dalam air.

2. Melatih sistem organ dalam

Berenang dapat membuat jantung dan paru-paru Anda semakin kuat. Melakukannya hanya 30 menit seminggu pun dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Bahkan, para ahli merekomendasikan olahraga air ini untuk mengurangi risiko kematian dini daripada menjalani gaya hidup tidak aktif. 

3. Aman bagi orang yang cedera, radang sendi, dan kondisi lainnya

Manfaat berenang yang satu ini tentu menjadi keistimewaan tersendiri bagi orang-orang yang memiliki cedera, radang sendi, atau berada dalam kondisi sulit lainnya. Selain aman dilakukan, aktivitas ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan pemulihan tubuh dari cedera. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa berenang dan bersepeda dapat mengurangi rasa nyeri dan kekakuan sendi secara signifikan pada orang yang mengalami sedikit keterbatasan fisik. Menariknya lagi, tidak ada perbedaan manfaat yang berarti dari kedua jenis olahraga tersebut. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa berenang memiliki banyak manfaat yang hampir setara dengan olahraga darat yang sering direkomendasikan. 

4. Cocok untuk penderita asma

Jika Anda menderita asma, tentu tidak boleh sembarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang dapat memicu gejala asma. Kabar baiknya, berenang adalah salah satu pilihan bagus bagi penderita asma yang ingin berolahraga. 

Ini karena lingkungan kolam renang yang lembap membuat berenang menjadi aktivitas yang cocok untuk penderita asma. Selain itu, banyak aspek terkait pernapasan yang dilatih selama berenang, salah satunya menahan napas yang dapat membantu memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan Anda.

5. Cocok juga untuk penderita multiple sclerosis (MS)

Multiple sclerosis adalah penyakit kronis yang menyerang sistem saraf pusat, sehingga otak sulit mengirim sinyal ke seluruh tubuh. Jika Anda mengidap penyakit ini, Anda bisa menemukan manfaat dari olahraga berenang. 

Air akan membuat badan Anda melayang, membantu menopang tubuh Anda selama berenang, serta memberikan resistensi yang lembut. Bahkan, olahraga air ini dapat membantu memperbaiki gejala seperti stres, depresi, kelelahan, dan kecacatan. 

--- Related Article ---

6. Membakar kalori ekstra

Salah satu olahraga efektif dan efisien untuk membakar kalori adalah berenang. Melansir dari laman Just Swim, berenang ringan dapat membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam waktu setengah jam, ini lebih dari dua kali lipat Anda berjalan kaki. Wow, menarik bukan?

7. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berenang selanjutnya adalah membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Penelitian membuktikan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia melaporkan adanya peningkatan kualitas tidur dan kesejahteraan hidup setelah melakukan latihan aerobik secara teratur, termasuk berenang. 

Selain itu, berenang dapat dilakukan oleh banyak orang yang memiliki masalah fisik dalam berolahraga seperti berlari, bersepeda, dan lainnya. Jadi, olahraga ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang dewasa lebih tua yang ingin mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas hidupnya.

8. Meningkatkan suasana hati 

Studi membuktikan bahwa penderita demensia yang melakukan aktivitas berenang secara rutin selama 12 minggu mengalami peningkatan suasana hati. Tidak hanya untuk penderita demensia, berenang juga terbukti membantu membangkitkan mood dan menghilangkan stres Anda setelah seharian beraktivitas. 

9. Baik untuk ibu hamil

Manfaat berenang juga bisa dirasakan oleh ibu hamil, terutama jika dilakukan pada trimester ketiga, seperti menurunkan risiko persalinan prematur dan cacat bawaan lahir. Selain itu, berenang saat hamil juga dapat membantu perkembangan otak janin dan melindungi janin dari masalah neurologis yang disebut hipoksia-iskemia.

Namun ingat, Anda tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan Anda aman untuk berenang. Sebab, beberapa ibu hamil mungkin harus membatasi aktivitas fisiknya karena berisiko mengalami komplikasi kehamilan. 

10. Bagus untuk anak-anak

Selain orang dewasa, anak-anak juga perlu melakukan latihan aerobik minimal 60 menit setiap hari untuk meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan sirkulasi darahnya. Nah, berenang bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak, karena tidak terasa seperti olahraga yang formal.

Banyak sekali bukan manfaat berenang yang bisa Anda peroleh? Selain menawarkan banyak manfaat, berenang adalah salah satu pilihan olahraga dengan harga terjangkau bila dibandingkan dengan yang lain, seperti bersepeda. Meskipun Anda tidak memiliki kolam renang pribadi, saat ini sudah banyak fasilitas kolam renang dengan harga yang bisa disesuaikan dengan penghasilan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai latihan berenang sekarang juga!

 

Referensi:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/swimming-health-benefits 
https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming#get-started
https://www.healthline.com/health/multiple-sclerosis
https://www.swimming.org/justswim/8-benefits-of-swimming/


 
Tags:
#berenang 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article