sfidn - Bingung Cara Mengecilkan Pinggang? Ikuti Tips Di Bawah Ini!

Bingung Cara Mengecilkan Pinggang? Ikuti Tips Di Bawah Ini!

sfidn.com - Untuk penampilan yang membuat diri lebih percaya diri, Anda bisa melakukan beberapa latihan dan metode diet sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu bagian tubuh yang paling membuat diri meresahkan adalah pinggang. Pinggang merupakan bagian tubuh yang paling banyak menyimpan lemak membandel. Pinggang merupakan tubuh bagian tengah yang sering dijadikan tumpuan beban ketika duduk sehingga terjadi penumpukan lemak di bagian pinggang.

Keberadaan lemak di bagian pinggang dapat mengganggu rasa percaya diri, ukuran tubuh, dan kesehatanmu secara keseluruhan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kiat untuk membuat pinggang kecil dan mempertahankan bentuknya. Cara mengecilkan pinggang berikut ini juga bertujuan untuk tubuh yang lebih fit. Agar tujuanmu sukses, kamu bisa melakukan cara mengecilkan pinggang berikut ini. Simak ya!

 

Ketahui Cara Kerja Penurunan Berat Badan

Agar usahamu untuk mengecilkan pinggang berhasil, kamu wajib tahu bagaimana kerja penurunan berat badan. Penurunan berat badan tidak dapat dilakukan di satu bagian tubuh saja. Jika Anda melakukan cara mengecilkan pinggang, Anda juga akan kehilangan berat badan secara keseluruhan.

Latihan yang anda lakukan untuk mengecilkan perut akan sangat berpengaruh pada pengencangan otot-otot di bawah lemak perut Anda juga. Dibutuhkan pengurangan sebanyak 3.500 kalori untuk membakar satu pon lemak yang tersimpan pada tubuh. Untuk itu, pembatasna dan pembakaran kalori bisa Anda lakukan untuk bisa menghindari kelebihan kalori yang masuk ke tubuh.

 

Lakukan Berbagai Jenis Latihan dan Olahraga

Latihan dan olahraga yang dilakukan akan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan tidak melakukannya. Latihan dan olahraga akan membuat tubuh membakar 400 hingga 500 kalori. Latihan dan olahraga yang bisa Anda lakukan agar pinggang mengecil dan mengencangkan otot di bagian perut adalah dengan melakukan latihan-latihan berikut ini.

 

1. Yoga

Yoga

Melakukan yoga secara intensif selama 12 minggu terbukti mampu mengecilkan lingkar pinggang. Yoga merupakan cara mengecilkan pinggang yang efektif dalam membakar kalori. Selain itu, yoga dapat membantu mengelola stress. Anda bisa melakukan yoga dengan mengikuti kelas yoga atau melakukan latihan yoga di rumah.

 

2. Planks

Posisi Plank

Latihan planks dapat melatih otot perut Anda. Planks dapat juga membantu otot tubuh inti menjadi lebih kencang dan mendukung postur yang sehat. Anda bisa melakukan planks yang merupakan latihan push-up dengan tangan di samping dan kaki selebar bahu. Lalu, angkat tubuh Anda dengan lengan dan posisi tubuh sejajar dengan lantai.

Lakukan latihan ini sambil bernapas teratur. Untuk posisi planks yang lebih stabil, pertahankan posisi selama sambil bernapas lambat. Latihan planks akan membuat inti tubuh Anda menopang berat badan keseluruhan. Untuk latihan awal, pertahankan tubuh 30 detik, lalu tingkatkan ke satu menit hingga beberapa set dan lama latihan menjadi lebih lama.

 

3. Berdiri Miring Crunch

Posisi Crunch

Cara mengecilkan pinggang yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan standing oblique crunch atau berdiri miring crunch. Latihan ini dapat mengencangkan dan memperkuat pinggang. Anda bisa memulai dengan berdiri sambil memegang dumbbell. Lalu, Anda bisa menstabilkannya dengan lengan kiri dengan menyentuh kepala. Lalu, Anda bisa perlahan menurunkan lengan sambil menjaga inti tubuh tetap stabil.

Anda bisa melakukan latihan ini dengan beberapa pengulangan langkah pada satu sisi. Setelah itu, Anda bisa melakukannya di sisi satunya. Latihan ini merupakan cara yang lebih aman untuk Anda yang menderita sakit punggung atau kesulitan berbaring di lantai. Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan untuk tidak memindahkan pinggul sama sekali ketika meregangkan tubuh ke lantai.

 

4. Latihan Interval Intensitas Tinggi (High-Intensity Interval Training - HIIT)

Latihan HIIT

Latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) merupakan cara mengecilkan perut yang termasuk dalam kardio tradisional untuk mengurangi lemak perut. Latihan ini melibatkan latihan kardiovaskular dengan periode singkat dan intensitas habis-habisan. Latihan ini bisa berupa berlari sprint, bersepeda, dan berlari. Latihan ini melibatkan latihan intensitas rendah setelahnya.

Untuk latihan HIIT, Anda bisa menggunakan treadmill. Lakukan pemanasan dengan peningkatan 30 detik intensitas paling tinggi dan 60 hingga 90 detik intensitas rendah. Untuk latihan HIIT yang lebih bervariasi, Anda bisa bereksperimen dengan lama waktu mempertahankan intensitas latihan dari tinggi ke rendah.

 

5. Squat to Rotating Press

Sumo Squat

Cara mengecilkan pinggang adalah dengan melakukan squat to rotating press. Cara ini bisa kamu lakukan dengan berdiri dengan kaki lebih lebar dari pinggul dan memegang barbell di depan tubuh. Lalu, Anda bisa mulai mendorong pinggul ke belakang sambil menekuk lutut turun agar squat.

Langkah berikutnya adalah angkatlah barbell ke atas kepala lalu putarlah pinggang ke kiri dari posisi squat. Lakukan ke sisi kanan dengan cara yang sama sebanyak tiga set dan diulang sebanyak 12 kali. Cara ini akan bisa mengecilkan pinggang dan memperkuat otot tubuh bagian inti dan bawah.

 

6. Reaching Row

TRX Reaching Rows

Cara mengecilkan pinggang berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reaching row. Anda bisa mulai dengan meraih sepasang dumbbell dan memposisikan kaki dengan kaki sebelah kanan di bagian depan. Lalu ayunkan dumbbell ke depan dari pinggul sekitar 45 derajat dan pastikan lengan tetap lurus. Lalu ketika dumbbell telah sampai di kaki, tekuklah siku kiri ke bagian belakang tubuh sambil membuka siku ke samping dan menarik berat di depan bahu.

Langkah berikutnya adalah dengan memanjangkan lengan kiri kembali ke lantai sambil menekuk siku kanan di belakang tubuh. Lakukan semua repetisi di sisi pertama. Anda bisa mengulangi langkah dengan kaki yang berlawanan di bagian depan. Rasakan tarikan di bagian perut saat melakukan latihan ini. Lakukan sebanyak tiga set dan repetisi 12 kali.

 

7. Curtsy Curl

Curtsy Curl

Cara mengecilkan pinggang berikutnya adalah dengan melakukan latihan curtsy curl. Anda bisa memulainya dengan mengambil dumbbell di tangan sebelah kiri lalu geser berat badan ke kaki kiri. Silangkan kaki kanan di belakang kaki kiri dan tekuklah kedua lutut agar sebagian berat badan ada di kaki kiri. Lalu ayunkan dumbbell ke depan pinggul hingga ke luar kaki kiri.

Lalu, Anda bisa berdiri dari posisi lunge. Rentangkan kaki kanan ke samping saat kaki kiri lurus. Lalu, putarlah batang tubuh ke kanan saat siku kiri menekuk untuk bisa meringkuk beban ke bagian dada. Lalu, kembalilah ke posisi awal dan ulangi. Lakukan semua langkah tadi dengan repetisi 12 kali dan sebanyak 3 set.

 

--- Related Article ---

 

8. Makan Tepat dan Sehat

makan sehat

Cara mengecilkan pinggang tidak akan sukses tanpa makan makanan yang sehat. Makanlah buah dan sayuran yang merupakn sumber serat, vitamin D, dan probiotik untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan pinggang. Mengecilkan pinggang akan lebih sukses jika Anda lebih memperhatikan asupan makanan.

Untuk hasil yang maksimal, Anda sebaiknya menghindari konsumsi karbohidrat olahan, gula, dan garam. Ketiga asupan tadi akan lebih sulit dicerna dan membuat lemak Anda bertumpuk. Kelebihan garam akan membuat tubuh lebih menahan banyak air sehingga pinggang akan membengkak.

Itulah cara mengecilkan pinggang yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Cara ini akan sangat efektif untuk memperkuat dan mengencangkan otot inti tubuh. Cara mengecilkan pinggang bisa Anda lakukan dengan latihan dan makan sehat seperti contoh di atas. Selamat mencoba!

Referensi:

  1. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-waist-size#diet
  2. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-waist-size#diet

 
Tags:
#Tips dan Trik 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article