Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

sfidn.com - Saat puasa, Anda harus menahan rasa lapar dan haus. Tak jarang hal itu membuat sebagian orang mengalami kondisi asam lambung naik. Ada beberapa penyebab asam lambung naik saat puasa, salah satunya bisa terjadi karena perubahan keseimbangan kadar asam di perut.

Saat kondisi perut kosong, asam lambung bisa naik. Hal itu dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada perut dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi dan mencegah asam lambung naik saat puasa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. 

 

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

 

1. Hindari makanan pedas, berminyak, dan kafein

sfidn-makanan-pedas

Makanan pedas dan berminyak dapat memicu peningkatan asam lambung. Selain itu, minuman dengan kafein tinggi, seperti kopi, teh, dan cokelat juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan dan minuman tersebut selama bulan Ramadan dan saat kondisi puasa. 

 

2. Konsumsi makanan dalam porsi kecil dan kunyah perlahan 

sfidn-porsi-sedikit

Bagi penderita asam lambung atau maag, sebaiknya mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat berpuasa. Siapkan takjil atau kurma untuk berbuka puasa. Setelah mengonsumsi makanan ringan, perut Anda akan siap untuk mengonsumsi makanan utama. Anda tak perlu terburu-buru, kunyah perlahan dan nikmati hidangan Anda agar makanan tercerna dengan baik dalam tubuh.

 

3. Hindari tidur setelah sahur

sfidn-tidur-nyenyak

Para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa tidur setelah sahur dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah kambuhnya gastroesophageal reflux diseas (GERD). Setelah sahur, lambung bekerja memproses makanan. Saat Anda tidur setelah sahur, asam lambung akan naik ke kerongkongan dan dapat menyebabkan refluks. 

--- Related Article ---

4. Lakukan diet rendah karbohidrat

sfidn-diet-rendah-karbohidrat

Cara mencegah asam lambung naik saat puasa berikutnya adalah dengan diet rendah karbohidrat. Metode ini baik untuk dilakukan penderita asam lambung saat puasa. Jika Anda mempunyai kebiasaan mengonsumsi karbohidrat tinggi lalu beralih ke diet rendah karbohidrat, Anda akan mengalami penurunan asam lambung. 

 

5. Atur waktu makan 

sfidn-waktu-makan

Tidur terlalu dekat dengan waktu makan bisa memicu asam lambung naik. Cobalah mengatur waktu makan agar tidak berdekatan dengan jadwal tidur. Pastikan Anda tak mengonsumsi makanan sebelum tidur malam. Setelah sahur, Anda juga tak disarankan untuk langsung tidur. 

 

6. Jaga berat badan ideal

sfidn-berat-badan-ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal penting untuk mencegah penyakit lambung kmabuh. Saat berat badan naik, otot yang menopang esofagus dapat membesar sehingga kinerja otot klep esofagus yang mengatur asam lambung tetap terjaga akan terganggu. Kondisi inilah yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung naik saat puasa. Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat mengonsumsi makanan-makanan sehat lainnya, seperti sayur dan buah-buahan.

Tags:
#cara mengatasi asam lambung  #asam lambung saat puasa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail