sfidn - Ciri Kram Otot yang Wajib Diwaspadai

Ciri Kram Otot yang Wajib Diwaspadai

sfidn.com – Bagaimana ciri kiram otot yang wajib kamu waspadai? Kram otot biasanya terjadi ketika Kamu baru bangun tidur dan merasakan salah satu bagian tubuh terasa kram dan tidak bisa digerakkan, umumnya pada jari kaki atau otot betis.  Berdasarkan riset dari American Academy of Family Physicians didapatkan data sekitar 60 persen orang dewasa menderita kram otot di malam hari, yang mana juga bisa berdampak pada insomnia. Mesikipun kram otot biasanya tidak terlalu menyebabkan dampak serius, Kamu perlu waspada jika mengalami kram otot dengan ciri seperti berikut :

Ciri – ciri kram otot yang wajib diwaspadai 


1. Otot kaki yang kejang pada jarak olahraga yang selalu sama

Untuk atlet pelari, atau bahkan Kamu yang hobi lari jarak jauh, biasanya Kamu tidak asing dengan otot betis yang terasa kaku. Tetapi, jika Kamu selalu merasakan kram saat berada di jarak tempuh lari yang sama terus, bisa jadi Kamu mengalami sindrom kompartemen.

Houman Danesh, MD, direktur di Mount Sinai’s Integrative Pain Management mengungkapkan bahwa kondisi ini biasanya disebabkan oleh bagian otot kaki yang melebar. Nah, untuk beberapa pelari atau orang yang pernah punya cedera di otot, otot bisa lebih melebar memenuhi ruang pada bagian kaki Kamu. Saat Kamu berlari dalam kondisi normal, otot memerlukan ruang dan aliran darah yang cukup untuk mengembang. Sedangkan pada beberapa tubuh orang, terkadang otot tidak punya cukup ruang untuk mengembangkan dirinya. Dengan demikian, jumlah tekanan yang berlebihan terbentuk di daerah otot tertentu, dalam hal ini betis, dapat mencegah aliran darah dan menyebabkan kerusakan jaringan yang parah. 


2. Kram otot disertai bengkak, kemerahan, dan perubahan warna

Selanjutnya, jika kamu mengalami kram otot yang disertai kemerahan. Selain kemerahan, otot yang mengejang jika disertai dengan adanya pembengkakkan dan perubahan warna pada kulit bisa menandakan adanya penggumpalan darah dalam tubuhmu. Walaupun gumpalan tidak terlalu berbahaya, namun seiiring waktu bisa pecah dan menimbulkan kondisi seperti serangan jantung atau stroke. Dr. Danesh juga mengingatkan bahwa penggumpalan darah cenderung meningkat ketika wanita mengonsumsi pil KB atau Kamu yang sedang berpergian dengan pesawat terbang dan duduk di waktu yang lama.


3. Kram otot yang berlangsung dalam waktu lama

Kram atau otot mengencang yang berlangsung sebentar saja sudah sangat tidak nyaman rasanya, apalagi dirasakan dalam waktu yang lama. Bila Kamu mengalami kondisi otot kejang dalam waktu yang lama sampai memengaruhi aktivitas sehari-hari Kamu, jangan diabaikan. Dr. Danesh mengatakan, bahwa kram dalam waktu yang lama bisa menjadi tanda adanya sesuatu yang buruk dalam tubuh Kamu. Contohnya seperti suplai darah yang tidak memadai ke anggota tubuh Kamu, yang biasanya disebabkan oleh kolesterol tinggi. Bisa juga akibat saraf terjepit di punggung atau arteri terjepit, yang  mana bisa ditKamui dengan adanya kram atau kejang pada otot kaki.

SFIDN Baca juga


4. Muncul rasa mual, demam, dan disertai muntah

Kram otot yang disertai dengan rasa mual, demam, dan berakhir muntah bisa menKamukan adanya sesuatu yang salah dalam tubuh. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh dehidrasi.


5. Disertai panas dan kesemutan

Terakhir, jika Kamu mengalami kram otot disertai dengan rasa panas dan kesemutan, hal ini merupakan salah satu gejala hernia disk. Hernia disk adalah kondisi di mana terdapat piringan yang terselip sepanjang tali tulang belakang, keadaan tersebut terjadi ketika seluruh atau sebagian pusat piringan tulang belakang yang lunak ditekan sepanjang bagian atau piringan yang lemah. Kondisi ini juga bisa terjadi dengan munculnya rasa panas terbakar di bagian bawah tubuh, terutama kaki. Salah satu penanganan utamanya bisa dilakukan dengan cara mengoleskan krim hangat guna melemaskan otot-otot.


Nah itu dia informasi penting tentang Ciri – ciri kram otot yang wajib diwaspadai yang wajib kamu ketahui bro sis! Jangan pernah sepelekan rasa sakit akibat kram otot ya, selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga  untuk menghindari kram otot. Stay safe dan keep healthy dengan rutin berolahraga. Salam sehat!



 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article