sfidn - Enthesopathy: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Enthesopathy: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

sfidn.com - Enthesopathy adalah gangguan pada area tendon dan ligamen yang melekat ke tulang. Tendon dan ligamen keduanya adalah jaringan ikat. Tendon adalah jaringan ikat yang menempelkan otot ke tulang, sedangkan ligamen yang menempelkan tulang ke tulang lainnya. Nah, kumpulan jaringan yang menempelkan tendon, ligamen, dan kapsul sendi ke tulang disebut juga sebagai enthesis. Segala kelainan atau gangguan pada enthesis inilah yang dinamakan dengan enthesopathy.

Gangguan ini juga bisa berkembang sebagai akibat dari satu atau lebih jenis arthritis (penyakit radang sendi yang dapat menyebabkan nyeri sendi, kekakuan, dan pembengkakan), misalnya rheumatoid arthritis, spondyloarthritis, dan lain sebagainya. 

Seperti apa sih penyebab dan gejala enthesopathy? Bagaimana pula cara mengobatinya? Yuk, simak terus artikel ini!

Penyebab enthesopathy

Seperti jenis radang sendi pada umumnya, enthesopathy dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu:

  • Penggunaan sendi yang berlebihan, terutama dari gerakan berulang, seperti berlari atau bermain tenis.
  • Trauma, seperti jatuh, mengalami pukulan, atau cedera di area tubuh yang terkena.
  • Obesitas, karena dapat memberi tekanan besar pada persendian.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sendi, seperti penyakit infeksi dan autoimun.
  • Faktor genetik yang membuat seseorang lebih rentan terhadap cedera tertentu.

Enthesopathy dapat terjadi di setiap sendi atau area di mana tendon dan ligamen menempel, termasuk tulang punggung, bahu, siku, pergelangan tangan, jari tangan, pinggul, lutut, tumit, dan kaki. Jika ini terjadi pada Anda yang berusia 50 tahun ke atas, biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan peradangan yang parah.

Gejala

Gejala umumnya adalah nyeri dan sakit ketika dokter menekan bagian sendi Anda yang terkena. Beberapa gejala lain yang dapat terjadi meliputi:

  • Sendi jadi kaku.
  • Sendi sulit digerakkan.
  • Terjadi pembengkakan, terutama ketika menyerang bagian tungkai atau kaki.
  • Terasa hangat dan lembut di bagian sendi yang terkena.

Sering pula kasus enthesopathy merupakan gejala dari gangguan lain, seperti psoriasis arthritis, spondyloarthritis, gout arthritis, dan lainnya. Maka dari itu, orang dengan enthesopathy bisa mengalami gejala dari berbagai kondisi tersebut, yang pada gilirannya membantu mendiagnosis penyebab dasar dari nyeri sendi.

Contohnya, asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan penumpukan kristal asam urat di beberapa persendian. Kondisi ini bisa juga berkaitan dengan enthesopathy, karena mengalami nyeri yang melibatkan berbagai sendi, terutama di kaki dan jari kaki.

--- Related Article ---

Cara mengobati enthesopathy

Dokter Anda hanya dapat mendiagnosis enthesopathy berdasarkan gejala dan pemeriksaan sendiri saja. Ketika gejala tidak jelas atau mungkin berkaitan dengan kondisi lain, maka Anda perlu melakukan tes pencitraan, seperti ultrasonografi, sinar-X, dan MRI. Hasil pemeriksaan ini dapat membantu menemukan pembengkakan dan kerusakan pada enthesis, serta mengesampingkan diagnosis lain.

Adapun cara mengobati enthesopathy dapat dilakukan dengan:

1. Obat-obatan

Setelah Anda didiagnosis, dokter akan merencanakan perawatan berdasarkan tingkat keparahan dan bagian tubuh Anda yang terkena. Anda mungkin diberikan obat radang sendi seperti obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), sediaan biologik jika gejalanya berkaitan dengan penyakit autoimun, kortikosteroid, atau obat lainnya untuk mengatasi ketidaknyamanan.

2. Olahraga ringan

Seiring waktu, olahraga dengan intensitas ringan atau peregangan dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi Anda yang terkena. Misalnya, peregangan otot betis 2-3 kali setiap hari dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh enthesopathy tendon Achilles. 

Anda perlu menghindari olahraga yang dapat meningkatkan stres pada persendian, seperti berlari dan menahan beban. Beberapa latihan tanpa beban yang direkomendasikan adalah bersepeda, berenang, dan mendayung.

3. Perubahan gaya hidup

Penting melakukan perubahan gaya hidup untuk mengatasi nyeri sendi Anda. Jika Anda sering menggunakan area sendi yang terkena untuk bekerja, dokter mungkin menyarankan Anda mengurangi jumlah pekerjaan atau aktivitas yang dapat memperburuk gejala Anda.

Begitu pula jika Anda berolahraga secara teratur. Jika ternyata latihan tersebut memberi tekanan pada persendian Anda, maka Anda akan diminta untuk membuat rencana latihan baru yang memungkinkan Anda bisa berolahraga secara teratur sambil mengurangi tekanan pada area sendi yang terkena.

4. Operasi

Operasi atau pembedahan biasanya dijadikan sebagai pilihan terakhir. Umumnya, ini dilakukan pada kasus enthesopathy yang penyebab dasarnya adalah kondisi lain. Dokter Anda mungkin merekomendasikan penggantian sendi total dengan mengangkat tulang Anda yang terkena melalui pembedahan.

Selain itu, Anda mungkin disarankan untuk menggunakan perangkat ortotik, yaitu alat bantu pendukung tulang seperti sol atau penyangga yang terbuat dari plastik, logam, karet, atau kulit. Ini dapat mengurangi rasa sakit, mencegah cedera lebih lanjut, membantu menopang sendi, dan meregangkan otot-otot di sekitarnya, terutama di malam hari. 

Beberapa tips tambahan untuk membantu meredakan nyeri sendi adalah kompres dingin atau panas, serta memijat lembut area sendi yang bermasalah. 

Kesimpulan

Enthesopathy adalah gangguan pada area tendon dan ligamen yang menempel ke tulang. Biasanya, gejala yang dirasakan adalah nyeri dan sakit di bagian sendi yang terkena. Penyebabnya dapat berupa gerakan berulang, trauma, obesitas, autoimun, riwayat keluarga, atau berkaitan dengan penyakit radang sendi yang mendasarinya. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, berolahraga ringan, mengubah gaya hidup, hingga menjalani operasi jika memang diperlukan.

 

Referensi:

Valouch, Pazderka, dkk. (2015). Enthesopathy of the hip joint. Clinical Rheumatology.
Cormic W. (2010). Enthesopathy – a personal perspective on its manifestations, implications and treatment. Australasian Journal of Ultrasound in Medicine.
Alpha Chiropractic and Physical Therapy. Common Knee Enthesopathies.
National Fibromyalgia and Chronic Pain Association. Overlapping Conditions – Enthesopathies.
Alan KW. Merck and the Merck Manuals (2019). Achilles Tendon Enthesopathy.
Zelman D. WebMD (2021). Enthesopathy and Enthesitis.
Orthopedic Medical Center. Enthesopathy.
Jewel T. Healthline (2021). What Is Enthesopathy and How Is It Treated?
Villines Z. Medical News Today (2017). What to know about enthesopathy.


 
Tags:
#Tendon  #enthesopathy  #ligamen 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article