sfidn - Hindari 5 Kesalahan ini Saat Melakukan Squat

Hindari 5 Kesalahan ini Saat Melakukan Squat

sfidn.com - Squat masuk kedalam kategori jenis latihan kaki yang mampu memberikan efek luar biasa pada otot kaki jika dilakukan dengan gerakan yang benar. Walaupun sebenarnya gerakan ini sangat sederhana, namun gerakan ini mampu memberikan hasil yang maksimal dan mampu meminimalisir terjadinya cedera. Jadi, untuk bisa melakukan gerakan squat yang sempurna, Anda harus mengatahui terlebih dahulu 5 kesalahan yang biasanya sering terjadi ini.

 

5 Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Gerakan Squat

1. Gerakan tidak Sempurna

Kesalahan yang masih sering terlihat adalah tidak melakukan squat dengan posisi jongkok yang sempurna. Hal ini terjadi karena umumnya agar mampu mengangkat beban yang ada, jadi hanya melakukan gerakan squat secara setengah-setangah atau kurang turun. Padahal, posisi ideal dalam melakukan squat adalah posisi jongkok harus seperti orang yang sedang duduk pada ketinggian setinggi betis, kemudian dilanjutkan dengan berdiri kembali. Apa efek dari tidak sempurnyanya gerakan ini? Kontraksi pada otot kaki akan minim, dan bahkan bisa menyebabkan cedera punggung.

 

2. Posisi Lutut yang Salah

Kesalahan kedua yang sering ditemukan adalah posisi lutut yang melebihi ujung kaki, para pemula tidak akan memerhatikan ini sehingga lutut mereka sering melewati ujung kaki, terkadang juga posisi mereka terbuka secara lebar, terlalu rapat, dll. Jika hal ini terus dilanjutkan, maka hasil latihan squat tidak akan maksimal.

 

3. Mengankat Tumit Ketika Menahan Beban

Posisi ini sangatlah berbahaya karena akan menyebabkan cedera lutut dan punggung. Untuk itu, pastikanlah Anda mampu menahan beban dan mengangkat beban dengan posisi kaki yang menapak sempurna pada lantai.

 

4. Menempatkan Fitness Bar Pada Leher

Penempatan fitness bar atau stang fitness yang tepat adalah pada bagian pundak, hal tersebut dilakukan guna menghindari adanya tekanan berlebih pada leher yang bisa menyebabkan cedera. Untuk itu, pastikanlah agar Anda menempatkannya pada bagian pundak, bukan pada bagian atas pundak, terlebih lagi pada bagian leher.

 

--- Related Article ---

 

5. Menahan Beban Dengan Posisi Punggung yang Melengkung

Kesalahan lainnya yang paling sering terjadi adalah mengangkat beban yang terlampau berat dengan posisi pungung yang melengkung, hal tersebut akan menyebabkan cedera fatal pada bagian punggung. Untuk itu, gunakanlah beban sesuai kemampuan, dan posisikan punggung Anda secara tegak agar bisa meminimalisir terjadinya cedera.

 

Itulah ke 5 kesalahan yang harus dihindari dalam melakukan gerakan squat. Apa Anda masih sering malakukannya? Segera hindari sekarang juga.


 
Tags:
#otot kaki  #Latihan Otot Kaki  #Latihan Kaki 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article