Ingin Menambah Berat Badan dengan Cepat? Ini Jawabannya!

sfidn.com - Memiliki tubuh ideal tentunya menjadi keinginan banyak orang. Untuk mencapai tubuh ideal diperlukan usaha yang konsisten dan perubahan pola makan yang lebih sehat. Tubuh ideal tak hanya diperjuangkan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih, namun juga orang bertubuh kurus. 

Biasanya, orang dengan tubuh kurus justru sulit menaikkan berat badan meskipun sudah mengonsumsi banyak makanan. Dilansir dari Healthline, indeks massa tubuh berat badan ideal ada di angka 18,4-25. Jika indeks massa tubuh berada di bawah 18,4, Anda memiliki berat badan yang kurang ideal atau kurus. Ada beberapa penyebab badan kurus, misalnya faktor genetik, terlalu sering berolahraga, dan mengalami kondisi medis tertentu. 

Untuk menambah berat badan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Berikut cara cepat menambah berat badan agar berat tubuh ideal. 

 

7 Tips Menambah Berat Badan 

 

1. Konsumsi kalori lebih banyak

 

sfidn-konsumsi-kalori-menambah-berat-badan

 

Salah satu cara menambah berat badan adalah mengonsumsi kalori lebih banyak. Jika Anda ingin menambah berat badan dengan cepat, targetkan untuk mengonsumsi 700-1.000 kalori lebih banyak daripada kalori yang dibakar. Sebelum mengonsumsi kalori, sebaiknya Anda melakukan perhitungan jumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan basal metabolic rate (BMR). Berikut cara menghitung kebutuhan kalori per hari berdasarkan Rumus Harris-Benedict. 

 

Laki-laki

(88,4 + 13,4 x berat tubuh dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dengan ukuran sentimeter) - (5,68 x usia)

 

Perempuan 

(447,6 + 9,25 x berat tubuh dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dengan ukuran sentimeter) - (4,33 x usia)

 

2. Makan lebih banyak protein 

 

sfidn-protein-menambah-berat-badan

 

Cara cepat menambah berat badan dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan protein dalam tubuh. Dengan mengonsumsi banyak protein, Anda dapat menambah berat badan dengan meningkatkan jumlah massa otot, bukan menumpuk lemak tak sehat. 

 

3. Konsumsi karbohidrat dan lemak minimal 3 kali per hari 

 

sfidn-karbohidrat

 

Tak jarang orang mencoba membatasi karbohidrat atau lemak saat melakukan program penurunan berat badan. Padahal, membatasi asupan karbohidrat justru dapat mempersulit tubuh Anda mendapatkan kalori yang cukup. Pastikan Anda mengonsumsi hidangan tinggi karbohidrat dan lemak minimal 3 kali per hari dan cobalah menambahkan camilan padat energi. 

--- Related Article ---

4. Hindari minum air mineral sebelum makan

 

sfidn-minum-air-membuat-kenyang

 

Menghindari minum air mineral sebelum makan adalah salah satu cara menambah berat badan. Hal itu disebabkan air dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan menurunkan napsu makan. Jadi, sebaiknya Anda konsumsi air setelah makan. 

 

5. Konsumsi kreatin monohidrat

 

suplemen-menambah-berat-badan

 

Suplemen fitness, salah satunya suplemen creatine monohidrat dapat membantu Anda menambah beberapa kilogram massa otot. Jadi, tubuh Anda akan lebih ideal. Selain suplemen kreatin, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen BCAA dan whey protein. 

 

6. Tidur cukup

 

sfidn-tidur-cukup-menambah-berat-badan

 

Kurang beristirahat akan membuat metabolisme tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, jika Anda sedang menjalani program penambahan berat badan, sebaiknya tidur sekitar 8 jam. 

 

7. Olahraga dengan konsisten

 

sfidn-workout-rutin

 

Untuk meningkatkan berat badan, Anda harus memilih jenis olahraga yang tepat. Hindari melakukan kardio karena olahraga tersebut dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Olahraga terbaik untuk penurunan berat badan adalah angkat beban. Hal itu disebabkan olahraga ini membantu meningkatkan massa otot tubuh. Angkat beban juga dapat meningkatkan napsu makan Anda. 


Jika Anda ingin menambahkan berat badan, beberapa cara di atas bisa dicoba. Sebelum melakukan tujuh cara menambahkan berat badan tersebut, pastikan Anda tidak sedang melakukan program diet. Pastikan pula Anda memilih suplemen penambah berat badan berdasarkan anjuran dari dokter gizi atau trainer profesional.

Tags:
#cara menambah berat badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail