sfidn - Ini 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Para Atlet untuk Tingkatkan Performa

Ini 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Para Atlet untuk Tingkatkan Performa

sfidn.com - Makanan adalah bahan bakar yang dapat membantu atlet meningkatkan performanya. Tanpa makanan yang sehat dan latihan yang maksimal, daya tahan, kekuatan, dan kinerja seorang atlet akan menurun. 

Saat mengeluarkan energi melalui olahraga dan latihan, tubuh perlu mengisi kembali nutrisi yang hilang. Hal itu dapat dilakukan dengan memilih makanan yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan kinerja atletik Anda. 

 

5 Makanan Meningkatkan Performa Atlet

 

1. Pisang - Makanan Atlet Lari

 

sfidn-pisang-makanan-atlet

 

Lari adalah olahraga yang cukup menghabiskan banyak energi. Jika Anda membutuhkan makanan untuk memperkuat ketahanan dan memperpanjang jarak lari, pisang adalah jawabannya. Dalam sebuah pisang, terkandung banyak nutrisi. Penelitian yang dimuat pada Carbohydrate Polymers (2005) menjelaskan bahwa pisang mengandung karbohidrat yang mudah diserap tubuh. 

Tak hanya itu, pisang juga mengandung takaran kalium sehat, sekitar 400 mg. Hal ini penting untuk melakukan lari jarak jauh karena kalium dapat menurunkan suhu panas saat lari. Kalium dan mineral lain yang terkandung dalam pisang akan meminimalisir peningkatan suhu tubuh dan menurunkan tekanan darah. 

 

2. Telur - Atlet Angkat Beban

 

sfidn-telur-makanan-atlet

 

Cabang olahraga angkat beban umumnya dilakukan oleh para atlet yang memiliki otot kuat. Untuk menciptakan dan membentuk otot, hal yang perlu dilakukan adalah konsumsi makanan tinggi protein dan berolahraga rutin. Salah satu makanan kaya protein yang mudah ditemukan dan nikmat dikonsumsi adalah telur. 

Dalam sebutir telur, terkandung 72 kalori dan 6 gram protein. Penelitian dari Texas A&M menemukan bahwa mengkonsumsi 3 telur utuh per hari saat menjalani latihan angkat beban selama 12 minggu, massa otot akan meningkat dua kali lebih banyak. Tak hanya itu, kekuatan otot pun lebih tinggi dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi 1 telur per hari. 

--- Related Article ---

3. Biji Chia - Atlet Tinju

 

sfidn-biji-chia

 

Dalam cabang olahraga bela diri para atlet diharuskan menjaga berat badan agar tetap stabil. Selain itu, tinju juga merupakan olahraga yang memiliki risiko cedera tinggi. Hal tersebut membuat para atlet tinju membutuhkan banyak asupan serat. Salah satu studi yang dimuat dalam International Journal of Food Science menjelaskan bahwa biji chia mengandung 18-30% serat dan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Selain mengkonsumsi makanan tinggi serat, untuk meningkatkan performa tinju juga bisa dilakukan dengan konsumsi asupan lemak baik, seperti alpukat, salmon, dan kacang-kacangan. 

 

4. Smoothie - Atlet Bulu Tangkis

 

sfidn-smoothies-makanan-atlet

 

Bulu tangkis adalah olahraga yang membutuhkan banyak energi dan konsentrasi. Salah satu makanan yang sering dikonsumsi para atlet bulu tangkis adalah smoothie. Makanan ini diyakini dapat menstabilkan gula darah. Jika gula darah dalam tubuh stabil, konsentrasi akan meningkat sehingga tak mudah kehilangan fokus saat di arena pertandingan. Selain itu, para atlet bulu tangkis juga bisa mengkonsumsi makanan kaya protein dan karbohidrat tinggi. Hal itu disebabkan cabang olahraga ini memerlukan kekuatan otot tangan dan kaki. 

 

5. Omega-3 - Atlet Menembak dan Panahan 

 

sfidn-salmon

 

Olahraga menembak dan panahan membutuhkan penglihatan yang jeli dan konsentrasi tinggi agar bidikan tepat sasaran. Oleh karena itu, jenis olahraga ini membutuhkan asupan yang kaya asam lemak omega-3. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah minyak ikan, kacang-kacangan, hingga labu. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, sel-sel otak akan meningkat sehingga dapat lebih fokus saat menunjukkan performa di tempat pertandingan. 

Itulah lima makanan yang sering dikonsumsi para atlet dari berbagai jenis cabang olahraga. Manakah makanan yang sesuai dengan bidang olahraga Anda?


 
Tags:
#makanan sehat  #makanan berenergi  #makanan atlet 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article