sfidn - Ini Alasannya Mengapa Wajah Memerah setelah Olahraga

Ini Alasannya Mengapa Wajah Memerah setelah Olahraga

sfidn.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang mengapa wajah bisa memerah setelah olahraga dan apakah itu hal yang berbahaya?

Jika Anda termasuk orang yang penasaran dengan hal tersebut, ayo cari tahu jawabannya pada artikel berikut ini.

 

Ini Alasannya Mengapa Wajah Memerah setelah Olahraga

Bagi beberapa orang, wajah yang memerah setelah olahraga bukan hal yang krusial. Sebagian lainnya, menganggap kondisi tersebut sebagai hal yang memalukan dan juga mengkhawatirkan.

Wajah memerah setelah olahraga memang sering dialami oleh banyak orang, terutama pada orang yang memiliki kulit tipis dan sensitif.

Saat berolahraga, pembuluh darah kapiler akan membesar untuk mengalirkan lebih banyak darah sehingga otot mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup untuk bergerak.

Diameter pembuluh darah kapiler yang ada di area pipi ukurannya lebih lebar dan lebih dekat dengan permukaan kulit. 

Alhasil, saat pembuluh darah membesar, darah merah yang ada di dekat permukaan kulit menjadi lebih banyak dan inilah yang memberikan efek kemerahan pada wajah.

Oleh sebab itu, wajah yang memerah setelah olahraga umumnya bukan hal yang berbahaya dan akan hilang 10-20 menit setelahnya.

Selain alasan tersebut, ada beberapa hal yang menyebabkan wajah menjadi merah setelah berolahraga. Berikut penjelasannya.

 

Penyebab Wajah Merah setelah Olahraga

1. Respon Alami pada Tubuh

Saat berolahraga, tubuh menghasilkan panas sebagai bagian dari proses metabolisme. Peningkatan suhu inti mengarah pada vasodilatasi yang menyebabkan pembuluh darah di kulit melebar dan membesar. Ini merupakan respon alami tubuh untuk menstabilkan suhu.

Wajah memiliki pembuluh darah yang relatif dekat dengan permukaan kulit sehingga efek dari olahraga bisa tampak lebih jelas. 

Kulit wajah yang tipis bisa membuatnya lebih rentan terhadap perubahan warna sehingga membuatnya tampak lebih merah ketika suhu tubuh meningkat setelah Anda berolahraga.

 

2. Olahraga saat Cuaca Panas

Kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi intensitas kemerahan pada wajah seseorang, terlebih lagi setelah berolahraga. 

Wajah akan terlihat lebih merah jika Anda beraktivitas fisik di bawah sinar matahari yang terik dan cuaca yang panas karena suhu tubuh meningkat dengan signifikan. 

Anda bisa memilih untuk berolahraga di pagi atau sore hari untuk menghindari dampak buruk dari paparan sinar matahari dan cuaca yang panas. 

Selain itu, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik selama berolahraga karena jumlah cairan di dalam tubuh juga dapat memperparah reaksi kulit.

 

3. Gejala Heat Stroke

Meski wajah memerah setelah berolahraga adalah hal yang cukup umum tapi Anda juga perlu mewaspadai kondisi yang lebih serius. 

Jika wajah merah disertai dengan keringat berlebihan, demam tinggi di atas 40 derajat Celsius, dan gejala lain seperti pusing atau mual, ini bisa menjadi tanda dari kondisi yang lebih serius seperti heat stroke. 

Heat stroke terjadi ketika suhu tubuh meningkat secara drastis dan tubuh tidak mampu mendinginkan dirinya sendiri dengan baik. Jika tidak segera ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan organ yang  serius.

 

Kesimpulan

Wajah merah setelah berolahraga adalah fenomena yang umum dan biasanya merupakan respon alami tubuh terhadap peningkatan suhu dan aliran darah yang meningkat.

Namun, sangat penting untuk memperhatikan gejala yang tidak biasa atau lebih serius seperti heat stroke yang memerlukan perhatian medis dengan segera.

Dengan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, berolahraga di waktu yang tepat, dan memperhatikan tanda-tanda bahaya, Anda dapat terus berolahraga tanpa harus khawatir tentang reaksi kulit yang berlebihan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#wajah  #setelah olahraga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article