Inilah 8 Jenis Buah-buahan Berprotein Tinggi

sfidnfits.com - Saat mendengar kata protein, mungkin kebanyakan dari kita akan memikirkan telur, daging, ikan, atau susu suplemen protein. Namun, ternyata ada banyak buah yang memiliki kandungan protein tinggi. Buah-buahan yang akan kami jelaskan ini juga tentunya bisa Anda jadikan pilihan camilan yang sangat sehat dan mampu menahan rasa kenyang. Terlebih lagi, buah-buahan juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu membantu menjaga dan menurunkan kadar kolesterol yang sebelumnya tinggi.

 

Buah-Buahan Berprotein Tinggi

 

1. Aprikot Kering

Aprikot kering memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari pada aprikot segar. Tercatat dalam satu porsi aprikot kering seberat 200 gr memiliki kandungan protein sekitar 3,4 gram, sedangkan aprikot segar hanya memiliki kandungan protein sebanyak 2,8 gram dalam setiap porsinya.

 

2. Jambu

Jambu adalah salah satu buah berprotein tinggi. Satu porsi buah jambu memiliki kandungan kalori sebanyak 112 kkal, dan 2,6 gr protein. Selain itu, buah jambu juga memiliki kandungan likopen dan antioksidan guna melawan penyakit kanker. Lebih dari itu, para peneliti juga mengatakan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi buah jambu mampu meningkatkan sistem imun tubuhnya karena buah jambu juga memiliki kandungan vitamin C yang bahkan lebih tinggi daripada jeruk.

 

3. Kurma

Kandungan protein pada buah kurma adalah sebanyak 2,4 gram protein. Oleh karena itu buah ini masuk buah yang berprotein tinggi. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan protein yang tinggi guna membantu menangkal beberapa risiko penyakit serta memiliki kandungan serat yang bagus untuk menjaga kestabilan gula darah.

 

4. Alpukat

Dalam setiap 100 gram alpukat, tercatat memiliki kandungan protein sebanyak 100 gram. Alpukat juga memiliki kandungan lemak HDL atau lemak baik yang mampu meminimalisir terjadinya risiko serangan jantung, dan mampu meningkatkan rasa kenyang pada tubuh. Adanya kandungan magnesium yang tinggi pada alpukat juga sangat baik untuk mengatasi rasa tegang pada otot dan membantu mengatasi rasa lelah.

 

5. Nangka

Nangka adalah buah yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah protein sebanyak 1,7 gr, kalium, antioksidan, dan juga vitamin C dan beberapa vitamin A guna membantu tubuh dalam memerangai radikal bebas.

 

6. Kismis

Dalam setiap 100 gr buah kismis, terdapat kandungan protein sebanyak 3 gram dan vitamin C yang banyak. Mengonsumsi buah kismis setiap hari mampu membantu anda dalam mencukupi kebutuhan protein dan juga melancarkan sistem pencernaan tubuh.

 

7. Jeruk

Jeruk adalah buah yang paling mudah ditemukan disekitar kita. Jeruk juga sering dijadikan sebagai buah yang kaya akan vitamin C untuk membantu mengatasi Sariawan, dan juga membantu kecantikan kulit. Namun ternyata buah jeruk juga memiliki kandungan protein, dalam setiap 100 gram buah jeruk, terdapat kandungan protein sebanyak 1 gr.

 

--- Related Article ---

 

8. Pisang

Buah-buahan terakhir yang kaya akan kandungan protein adalah pisang. Dalam setopa 100 gram pisang terdapat 1,1 gram kandungan protein. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potasium yang baik untuk tubuh. Manfaat lain dari buah pisang adalah guna mempertahankan berat badan yang ideal, menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, serta membantu menstabilkan tekanan darah karena adanya kandungan kalium pada pisang.

 

Itulah ke-8 jenis buah-buahan yang sarat akan protein. Dengan mengonsumsi buah-buahan di atas sebagai camilan, maka bukan tidak mungkin kebutuhan harian protein Anda yang tinggi bisa terpenuhi secara maksimal. Jadi, sudah siap membeli banyak buah-buahan di atas?

 

Referensi:

https://bembu.com/high-protein-fruits/

https://www.myfooddata.com/articles/fruits-high-in-protein.php

Tags:
#buah-buahan  #protein 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail