sfidn - Jenis-Jenis Suplemen Fat Loss

Jenis-Jenis Suplemen Fat Loss

sfidn.com - Saking banyaknya supplement fat-loss/fat-burner (bakar lemak) saat ini (kurang lebih ada 300 produk – mulai dari kategori weight-loss sampai carb-blocker), tak jarang menyebabkan konsumen kebingungan menentukan produk mana yang paling cocok baginya. Produk seperti low-carb bar, shakes, dan MRP juga bisa digolongkan sebagai supplement fat-loss. Ada beberapa tipe supplement weight-loss :
 
 
• Thermogenic Fat Burners 
• Stimulant-Free Fat Burners 
• Carb Blockers 
• Fat Blockers 
• Thyroid Hormone Increasers 
• Appetite Suppressants 
• Cortisol Blockers 
• Transdermal Fat Loss Gels 
 
 

THERMOGENIC

 
Produk fat burner (bakar lemak) yang bagus adalah yang tidak mengandung ephedra / ephedrine, karena tidak semua orang cocok dengan ephedra karena pertimbangan kondisi jantung dan medis lainnya yang tidak memenuhi syarat. Fat burner ephedra-free plus caffeine masih cukup bagus untuk bakar lemak dan meningkatkan metabolisme. Dahulu, fat burner tanpa ephedra, dianggap tidak efektif. Tapi penelitian terbaru di bidang supplement memungkinkan hadirnya produk fat burner keluaran terbaru dan cukup efektif. Ide dasarnya adalah menaikkan metabolisme anda, sehingga anda bisa bakar kalori, sekalipun saat tengah tidak berolahraga.
 
 

STIMULANT-FREE 

 
Ada fitnessmania yang tidak suka dengan stimulant (perangsang), termasuk caffeine. Anda beruntung, karena di jaman sekarang, sudah ada sejumlah supplement fat burner yang juga bebas stimulant. Jujur saja, anda tidak akan dapat hasil sebagus jika anda pakai supplement ECA (mengandung ephedrine, caffeine, dan aspirin), tapi supplement stimulant-free ini jauh lebih aman bagi anda. Hasil yang didapat beragam pada tiap orang, tapi biasanya fitnessmania akan mengalami weight-loss sekitar 7-10 pounds.
 
 

CARB BLOCKERS

 
Dipakai sendirian, atau dipakai bersama supplement fat burners lainnya, carb-blockers bagus untuk weight-loss. Sebut saja BSN Cheaters Relief, supplement ini bisa memblokir penyerapan karbohidrat hingga maksimal 35 gram per makanan. Cukup aman, tidak ada efek samping negatif. Anda bisa makan makanan berbasis karbohidrat kesukaan anda (jangan berlebihan), lalu pakai supplement ini agar program fat-loss anda tetap berjalan. Cukup mudah, bukan?
 
Kandungan zat carb blocker yang populer saat ini adalah HCA (Hydroxycitric Acid / Garnicia Cambogia) yang mampu memblokir produksi enzim enzim tertentu yang bertugas mengubah karbohidrat jadi lemak. 
 
 

FAT BLOCKER

 
Sang pemblokir lemak yang paling populer adalah chitosan. Cara kerjanya sama dengan carb blocker. Chitosan mengikatkan dirinya dengan cairan lemak didalam usus sebelum dicerna tubuh. Chitosan bagaikan hadiah dari langit bagi binaragawan, karena bisa mengikat lemak sebanyak 7 kali dari beratnya sendiri. Kesimpulannya, jika anda suka kecolongan makan lemak, pakai saja supplement ini.
 
 

THYROID REGULATOR

 
Supplement ini adalah alternatif pengganti hormon thyroid yang biasa diproduksi tubuh anda. Dengan supplement ini, anda bisa memaksimalkan hormon thyroid anda, sehingga sistim thyroid anda akan bekerja hingga ke level maksimal. Hasilnya, lemak badan yang selama ini susah dibuang, akan berkurang sedikit demi sedikit. Suhu tubuh dan metabolisme anda akan naik. Zat yang populer dipakai dalam supplement kategori ini adalah Guggulsterones (Commiphora Mukul) dan Forskolin.
 
Paling cocok dipakai bersama fat-burner ECA, karena ECA akan menurunkan kadar thyroid anda. Guggulsterones yang bagus warnanya agak gelap. Yang warnanya agak kuning hanya mengandung sedikit guggulsterones.
 
 
 

APPETITE SUPPRESSANTS

 
Kenapa seseorang makan (padahal seharusnya tidak)? Jawabannya, karena lapar. Seusai makan, maka anda akan kenyang, dan nafsu makan hilang. Solusi sederhana seperti mengurangi makan, bukan hal mudah bagi orang yang biasa makan apapun yang mereka inginkan. Jika anda termasuk tipe seperti itu, maka supplement ini cocok untuk anda. Catatan: Ada beberapa jenis produk fat burner yang juga memasukkan fitur appetite suppressant didalamnya.
 
 

CORTISOL BLOCKER

 
Jika tubuh dalam keadaan stress (olahraga), maka tubuh akan melepaskan hormon stress (cortisol). Tugasnya adalah menambah nafsu makan dan menyimpan lemak. Cortisol akan membuat anda merasa lapar, dan memerintahkan sel lemak agar tidak mudah dibakar menjadi energi jika tidak benar-benar penting.
 
 

FAT-LOSS CREAM

 
Inilah inovasi terbaru teknologi fat-loss, sebuah transdermal fat-loss yang bisa diserap via kulit. Cutting Gel (NutraSport) adalah salah satunya. Cukup oleskan gel ini ke bagian tubuh yang lemaknya ingin anda bakar. Menurut Muscle Media (dimiliki oleh EAS, saingan NutraSport), dalam sebuah penelitian, wanita yang pakai produk ini di kakinya mengalami penurunan kadar lemak. Berdasarkan feedback konsumen, produk ini, dan produk krim lainnya yang memakai yohimbe cukup efektif, apalagi jika digabung dengan fat burner lainnya.
 
 

LAIN-LAIN

 
Ada beberapa kategori supplement fat loss lainnya, seperti Pyruvate (bakar lemak sekaligus memproduksi energi), 7-Keto (bakar lemak, bentuk otot, perlambat penuaan), CLA (bentuk otot), L-Carnitine (ubah lemak jadi energi), yohimbe, chromium, protein soy.
 
Pyruvate sudah ada dari dulu. Pyruvate dibuat oleh tubuh secara alami, dipakai dalam Krebs cycle (merubah ADP menjadi ATP), bisa memacu pengangkutan protein dan glukosa ke sel otot. Agar efektif, pyruvate musti dimakan 20 gram/day. Lagi-lagi, ini dosis yang besar dan mahal (sekitar 10 dollar per hari). Mendingan duitnya untuk operasi sedot lemak saja. 
 
Sebelum dunia fitness mengenal fat burner ECA, L-Carnitine dianggap fat burner terbaik yang ada. Alasan fitnessmania masih memakai l-carnitine saat ini adalah karena efek stimulant-nya tidak terlalu kuat, walau l-carnitine bisa menaikkan detak jantung anda (sedikit), tapi tetap dianggap paling aman dibandingkan ECA. 
 
 

LOW BODYFAT FITNESS GIRL

 
L-Carnitine dibuat dari asam amino lysine dan methionine, diperlukan untuk mengubah lemak jadi energi. Juga berguna menurunkan lemak darah (triglycerides). Kelebihan triglyceride bisa beresiko kena serangan jantung. L-carnitine mengirim lemak tubuh ke sel mitochondria untuk dibakar. Sayangnya, belakangan ini popularitas l-carnitine menurun, karena adanya penelitian yang membuktikkan, l-carnitine hanya efektif jika di suntikkan, bukan dikonsumsi via oral. Agar efektif (via oral), minimal musti dikonsumsi 5 gram / day, sebuah dosis yang besar dan mahal. Jika tidak dikombinasikan dengan fat-burner lainnya, maka hasil yang didapat minim.
 
Yohimbe bisa menurunkan timbunan lemak, mencegah penyumbatan arteri darah. Juga dipakai sebagai terapi bagi penderita gagal jantung dan impotensi. Jika yohimbe dipakai bersama caffeine dan ephedrine, maka ketiganya akan menjadi fat-burner paling poten, karena yohimbe berfungsi sebagai pemblokir receptor alpha-2 (mencegah akumulasi baru lemak tubuh, mendorong pembakaran lemak).
 
Chromium (Picolinate) adalah mineral yang bertugas menjaga kadar gula darah ke tingkat normal. Hasil akhirnya tentu saja, bisa mengubah komposisi tubuh seseorang (bakar lemak dan bentuk otot secara bersamaan). Manusia butuh chromium agar insulin berfungsi normal. Para pemakai anabolik steroids wajib memakai supplement chromium, karena pemakaian steroids tanpa dibarengi chromium akan beresiko kena sakit diabetes jenis aneh, jenis yang tak bisa disembuhkan dengan insulin sekalipun. Survei membuktikan, 3 dari 4 orang di dunia kekurangan chromium. Pemakai rutin produk fitness kategori vitamin dan MRP, tak perlu khawatir soal kekurangan chromium. Chromium hanya efektif, jika yang bersangkutan kekurangan chromium.
 
Soy protein juga bisa jadi fat burner yang ampuh. Kok bisa? Karena kandungan phytochemical pada protein soy bisa menaikkan level hormon thyroid, sangat berguna bagi mereka yang jalani diet rendah kalori. Seperti yang anda tahu, diet menyebabkan lemak jadi kian bandel, kian susah dibakar. Tubuh tahu anda sedang diet, makanya ia akan menurunkan level hormon thyroid anda, jadi anda semakin susah buang lemak. 

 

--- Related Article ---

DIET DRUGS

 
Selain pakai supplement, anda bisa pakai obat-obatan diet yang didapatkan via resep dokter. Mereka menyerang lemak via 3 cara berlainan: dengan cara merangsang metabolisme dan menekan nafsu makan, memanipulasi serotonin tubuh, atau menghambat penyerapan lipid/lemak ke tubuh. Masing-masing punya kelebihan sendiri. 
 
Obat perangsang metabolisme biasanya adalah turunan dari amphetamine (dijual bebas dengan merk Adderall). Meridia adalah salah satu merk obat manipulator serotonin. Dan Xenical adalah merk obat penghambat penyerapan lemak. Kecuali Adderall, ketiga obat tersebut bisa didapatkan dengan mudah. Ketiganya paling cocok dipakai selama jam kerja (pagi sampai sore).
 
Ada obat diet jenis ke empat yang patut diulas disini, yaitu Fenfluramine (merk obatnya Pondimin). Tersedia dalam bentuk tablets dan transdermal patch. Kelebihan obat ini adalah : bukan obat perangsang (seperti keluarga amphetamine lainnya), bekerja langsung pada sistim syaraf otak anda. Sangat berguna di pakai di malam hari. Sayangnya fenfluramine sudah di tarik dari pasaran karena Fen-phen, campuran phentermine dan fenfluramine, menyebabkan jantung bekerja kurang efisien, karena membiarkan darah membanjiri salah satu ruang di jantung. Problem itu masih jadi kontroversi saat ini, karena belakangan muncul beberapa penellitian yang berkesimpulan, tidak ada bukti jika pemakaian fenfluramine bisa bahaya buat jantung. Penelitian itu tidak main-main karena melibatkan 720 relawan. Konsensus terbaru yang didapat sejauh ini adalah, boleh saja pakai fenfluramine, asalkan tak lebih dari 3 bulan.
 
Penelitian itu mengukuhkan ilmu yang sudah diterapkan para binaragawan pemakai steroids sejak lama, yang mengatakan, pemakaian drugs harus pakai sistim cycle. 3 bulan adalah batas maksimalnya, jika dipakai lebih dari itu, maka efektifitas obat akan menurun, dan dampak negatifnya meningkat.
 
Binaragawan paling suka pakai obat diet turunan amphetamine, paling ampuh untuk bakar lemak jika dikombinasikan dengan keto-diet.
 
Selama memakai obat turunan amphetamine, anda bagaikan superman. Jeleknya, jika tidak diatur pemakaiannya, obat tersebut bisa nyandu. Kala pemakaiannya dihentikan, anda akan langsung merasa ambruk dan pegal-pegal. Berikut ini adalah daftar obat diet yang ada dipasaran. Perbedaan farmakologinya kecil, tapi efeknya bisa beragam.
 
 
TENUATE adalah merk dagang Diethylpropion hydrochloride USP, obat perangsang diet yang paling lemah efeknya, sedikit lebih tinggi level perangsangnya dibandingkan caffeine. Bagusnya, Tenuate bisa dipakai dalam dosis rendah selama jam-jam kerja untuk menekan nafsu makan. Efek perangsang memudar setelah pemakaian di minggu ke 3.
 
PHENTERMINE. Satu tingkat lebih kuat ketimbang Tenuate. Hadir dalam 2 bentuk: phentermine hydrochloride dan phentermine resin. Phentermine Hydrochloride contohnya adalah Adipex, Fastin, dan Phentermine. Phentermine Resin contohnya adalah Ionamine. Adipex dan Fastin berupa tablet 30mg, efeknya berlangsung 10-12 jam. Durasi efek Ionamine lebih lama lagi, tapi efeknya lebih kecil. Ionamine lebih mahal harganya. Walau begitu, binaragawan lebih suka pakai Phentermine, karena bisa memicu fat-loss dan sangat efektif.
 
BONTRIL-SR. Merk dagangnya Phendimetrazine Tartrate. Jenis perangsang ini lebih kuat ketimbang Phentermine. Jeleknya, anda harus tentukan sikap dari awal, mau pakai Phentermine atau Bontril. Karena sekali anda pakai salah satu dari kedua jenis obat itu, anda tidak bisa seenaknya ganti haluan pindah ke obat lainnya. Karenanya, binaragawan lebih suka menentukan pilihan berdasarkan stok yang ada dan harganya.
 
DIDREX. Merk dagangnya Benzphetamine. Inilah jenis terkuat yang ada. Benzphetamine diubah oleh tubuh jadi amphetamine dan methamphetamine. Karenanya, paling sering di salahgunakan ketimbang Phentermine. Jeleknya, pemakaian obat ini bisa terdeteksi dalam test urine. Positifnya, Didrex adalah solusi terbaik bagi yang sudah kebal dengan obat-obatan yang sudah diulas sebelumnya.
 
XENICAL adalah merk dagang dari ORLISTAT. Sudah ada sejak 24 Mei 1999. Obat ini bisa menghambat penyerapan lemak ke tubuh (Lipase Inhibitor). Karenanya tidak cocok dipakai dalam keto-diet. Tapi cocok dipakai untuk rencana jangka panjang, terbukti efektif dalam 1-2 tahun. 30% lemak yang anda makan akan dibuang dari tubuh. Weight-loss nya berkisar 5% dari berat badannya. Bagusnya, obat ini bisa dimakan sejam sebelum makan, atau 2 jam sesudah makan, dan sama sekali tidak kehilangan efektifitasnya. Sudah di tes selama 7 tahun pada (lebih dari) 4000 pasien. Menurut penelitian JAMA (Journal of the American Medical Association), Xenical bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan level glukosa. Selama pakai Xenical, asupan lemak per hari tak boleh lebih dari 30% total kalori anda. Jeleknya, Xenical juga membuang vitamin larut lemak seperti A, D, E, K, dan beta-karotin; karenanya disarankan pakai supplement multivitamin. 
 
MERIDIA adalah merk dagang Sibutramine hydrochloride monohydrate, biasa dipakai untuk terapi obesitas dan weight-loss. Paling efektif jika dikombinasikan dengan diet rendah kalori dan olahraga. Meridia memanipulasi zat kimia alami otak yang mengatur nafsu makan sedemikian sehingga bisa bereaksi lebih lama dari seharusnya. Beda dengan obat sejenis lainnya, Meridia tidak masuk ke sel dan memacu pelepasan neurotransmitter (misal: serotonin), tapi berfungsi sebagai pemblokir (bekerja di luar sel, menghentikan neurotransmitter). Hasil weight loss yang didapat adalah 5-10% dari berat badan. Dengan keto-diet, nafsu makan bisa dikendalikan secara alami (berkat asupan lemak yang memberi efek kenyang), tapi bagi mereka yang susah mengendalikannya, Meridia bisa jadi senjata ampuh. Efek negatifnya minim dan bersifat sementara.

 

 
Tags:
#Fat Loss  #suplemen  #Suplemen Fat Loss 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article