sfidn - Jenis Olahraga yang Cocok saat Puasa

Jenis Olahraga yang Cocok saat Puasa

sfidn.com - Jenis Olahraga yang Cocok saat Puasa apa saja ya kira-kira? Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa jenis olahraga yang cocok dan bisa kamu coba sendiri meskipun kamu sedang menjalani puasa ramadhan. Sebelum melakukannya, kamu harus patuhi syaratnya yaitu melakukannya pada sore hari sebelum masuk waktu berbuka puasa ya. (Lakukan sekitar 30 – 60 menit sebelum bedug maghrib).

Jenis Olahraga yang Cocok saat Puasa

1. Bersepeda

Bersepeda juga termasuk ke dalam latihan kardiovaskular seperti joging. Selama bulan puasa, kamu bisa memilih untuk mengayuh sepeda static di gym supaya lebih nyaman. Atau bisa juga bersepeda keliling komplek yang rindang. Jangan lupa untuk set intensitas bersepedamu selama puasa. Cukup 15-20 menit, tubuhmu pun sudah cukup bergerak. Tidak hanya menyehatkan badan, bersepeda juga bisa menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuat kita senang dan bersemangat. Cocok juga dilakukan sebelum atau sesudah sahur lho

2. Joging

Joging atau berlari-lari kecil bisa jadi pilihan berolahraga saat sore hari pas bulan puasa. Supaya tetap adem, lakukan saja di gym dengan berlari di atas treadmill. Kalau tidak ada gym di sekitar kantor aau rumahmu, pilih joging di jalanan dengan banyak pohon rindang ya. Joging yang termasuk latihan kardiovaskular ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum berbuka puasa. Manfaatnya sangat banyak bagi tubuh, mulai dari membakar lemak menjadi energi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sampai menurunkan berat badan. Selama bulan puasa, kurangi waktu jogingmu dari hari-hari biasa. Misalnya biasa joging satu jam, ketika puasa bisa dikurangi menjadi 30 menit saja. Tujuannya supaya badanmu tidak diforsir untuk bekerja berlebihan dan tetap bugar.

3. Yoga

Olahraga yang satu ini justru makin afdol kalau dilakukan pas bulan puasa. Kenapa? Karena dengan yoga, gak cuma tubuh yang bugar, tapi pikiran pun juga makin sehat. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan puasa dengan lebih fokus dan tenang. Yoga bisa membantu mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Gak hanya itu, latihan teknik pernapasan dalam yoga juga bisa menambah suplai oksigen dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan produksi hormon lho. Selama bulan puasa, pilih gerakan yoga yang gak terlalu menguras energi. Fokus aja ke teknik pernapasan dan postur-postur yang gampang. Lakukan latihan ini pas perut masih kosong, bisa dua jam sesudah sahur atau satu jam sebelum waktu berbuka.

--- Related Article ---

4. Stretching dan pemanasan ringan

Gak punya banyak waktu buat olahraga? Kamu bisa lakukan stretching dan pemanasan ringan dalam 10 menit aja. Gerakan-gerakannya mudah kok, contohnya lari di tempat, plank, sit-up, push-up, dan lunges. Ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan mencegah badan jadi kaku setelah duduk seharian. Dengan begitu, badan kamu gak akan loyo dan gampang capek walaupun puasa. Emang sih saat Bulan Ramadan tubuh gak menerima asupan cairan selama 12 jam. Tapi bukan berarti badan harus jadi lemah letih lesu gak berdaya, kan? Selama kamu mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur dan berbuka, serta rutin olahraga di waktu yang tepat, produktivitasmu pasti gak akan terganggu kok! Dan kerjaan pun bakal lancar jaya.

Itu dia beberapa olahraga yang cocok kamu tetap lakukan meski sendangmenunaikan ibadah puasa ramadhan, semoga bermanfaat dan salam olahraga!


 
Tags:
#TipsPuasa  #Puasa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article