sfidn - Jenis Vitamin untuk Atasi Letih dan Lesu

Jenis Vitamin untuk Atasi Letih dan Lesu

sfidn.com – Pernahkah kalian mengalami lesu dan letih saat berlatih fitness atau ketika beraktifitas sehari-hari? Aktifitas tubuh yang berat dan intens biasanya sangat menguras tenaga yang berdampak pada stamina tubuh yang menurut dan munculnya rasa lelah. Oleh karena itu tubuh membutuhkan suplai nutrisi yang cukup untuk menunjang energi dalam menjalani aktifitas sehari-hari dan ketika kita berlatih tentunya. Dibawah ini adalah kumpulan vitamin yang bisa membantu kalian dalam mengatasi tubuh letih dan lesu. Apa saja vitamin yang bisa atasi letih lesu ini?
 

Atasi Tubuh Letih Lesu dengan Vitamin ini
 

 

1.       Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting untuk tubuh kita, terutama untuk menjaga sistem syaraf, kesehatan mata, dan sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh terkena radikal bebas yang menyebabkan penyakit. Cukupi tubuh dengan vitamin A sekarang juga, sumber vitamin A berasal dari makanan ber beta karoten seperti wortel, buah manga, umbi-umbian,dan sumber vitamin A lainnya.
 

 

 

 

 

 

2.       Vitamin B3 ( Niacin )

Niacin sangat bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh kita. Selain itu vitamin B3 ini juga bagus untuk membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah dalam kondisi seimbang. Vitamin B3 bekerja untuk memaksimalkan potensi energi yang kita miliki dan sekaligus membantu menghilangkan rasa letih dan lesu saat menjalani aktifitas sehari-hari. Sumber vitamin B3 ini bisa ditemukan pada ikan laut, jerohan, daging ayam, dan buah alpukat.
 
3.       Vitamin B1

Vitamin B1 atau sering disebut dengan Thiamin merupakan vitamin yang bemanfaat untuk meningkatkan kinerja organ vital jantung dan otak agar tetap terjaga dalam kondisi yang optimal. Selain itu, vitamin B1 juga berperan aktif dalam proses konversi asupan gula menjadi energi yang bisa membuat kita lebih bersemangat dan sekaligus bisa meminimalisir ancaman obesitas (berat badan berlebih) yang diakibatkan oleh penumpukan gula dalam bentuk cadangan lemak. Vitamin B1 ini bisa kita temukan pada makanan yang bersumber dari ikan laut, biji-bijian, kacang-kacangan,dan sayuran asparagus (jamur-jamuran).

--- Related Article ---


4.       Vitamin B9 ( Asam Folat )

Vitamin B9 atau dikenal dengan asam folat adalah vitamin yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk kebutuhan si ibu dan janin yang sedang dikandungnya. Tetapi vitamin B9 juga diperlukan oleh kita untuk menghindari rasa letih dan kurang energi. Sumber vitamin B9 ini bisa kita dapatkan dari makanan yang bersumber dari kacang-kacangan, sayur bayam, dan buah alpukat.

 

5.       Vitamin B6
 
Vitamin B6 adalah vitamin yang sangat baik untuk mengurangi rasa letih. Vitamin ini bisa menjaga energi harian kita dan juga bisa memaksimalkan proses cerna dalam menyerap nutrisi dalam kandungan ragam daging yang cenderung kaya akan protein. Vitamin B6 sangat bagus untuk memaksimalkan kinerja otak dan kinerja sistem syaraf tetap terjaga dengan baik. Pastikan tubuh tersuplai dengan vitamin B6 ini untuk mengatasi rasa letih dan lesu khususnya ketika sedang berlatih otot. Sumber vitamin B6 bisa didapatkan dari ikan laut, dan daging tanpa lemak.
6.       Vitamin B12

 

Yang terakhir adalah vitamin B12 yang sangat  berguna untuk mengatasi rasa letih dan lesu. Nutrisi vitamin B12 ini berperan penting dalam mengkonversi asupan karbohidrat dalam tubuh kita dan mengubahnya menjadi sumber energi untuk jalani aktifitas sehari-hari dengan maksimal. Selain itu, B12 juga bermanfaat untuk mengaksimalkan sistem pencernaan sehingga nutrisi dalam tubuh akan semakin maksimal dicerna. Sumber vitamin B12 bisa didapat dari Daging ayam, telur ayam, ikan laut, susu, dan suplemen vitamin B12.

 

Nah kini kalian telah mengetahui dengan baik tentang Jenisvitamin yang bisa membantu atasi tubuh letih dan lesu khususnya ketika sedang berlatih fitness. Konsumsi vitamin tersebut sebagai pelengkap nutrisi tubuh kalian, jangan lupa untuk tetap makan makanan bergizi secara teratur dan imbangi dengan berolahraga secara rutin untuk dapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Salam olahraga.

 


 
Tags:
#vitamin 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article