sfidn - Kapan Waktu yang Tepat Minum Mass Gainer?

Kapan Waktu yang Tepat Minum Mass Gainer?

sfidn.com - Mass gainer adalah jenis suplemen penambah berat badan yang populer di dunia fitness dan kebugaran. Suplemen ini sangat diminati karena dapat menambah berat badan sambil meningkatkan dan mempertahankan massa otot. Tentu, hal ini sangat dibutuhkan oleh para olahragawan dan orang-orang yang memiliki bentuk tubuh ectomorph dan concern untuk membentuk otot. Nah, kira-kira kapan sih waktu yang tepat minum mass gainer bagi para pejuang berat badan? Let’s check it out!

Apa itu mass gainer?

Mass gainer adalah suplemen yang menyediakan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang bertujuan membantu menambah berat badan dan massa otot. 

Suplemen mass gainer merupakan bubuk protein berkalori tinggi, sehingga memungkinkan Anda mendapatkan sejumlah besar kalori dan protein tanpa harus makan makanan dalam jumlah banyak yang mungkin sulit atau tidak nyaman untuk dilakukan.

Rata-rata, mass gainer mengandung 60 gram karbohidrat dan 30 gram protein per serving size-nya. Kalori tinggi dari mass gainer berasal dari karbohidrat.

Bicara tentang protein, salah satu makronutrien ini memang telah menjadi primadona di antara yang lainnya, baik itu untuk menurunkan atau meningkatkan berat badan dan membentuk otot. 

Melansir dari Healthline, bubuk protein adalah cara yang berguna untuk meningkatkan asupan protein Anda jika Anda suka bepergian. Selain nyaman, ini juga praktis, portabel, dan tersedia dalam berbagai rasa. 

Untuk mengonsumsi bubuk protein ini, Anda cukup mencampurnya dengan air atau susu sesuai dengan aturan pada label kemasannya.

Kapan waktu yang tepat minum mass gainer?

Untuk mencapai manfaat maksimal, mass gainer tentunya harus digunakan dengan cara yang benar. Jika tidak, efektivitasnya dapat berkurang. Cara minum mass gainer yang salah atau tidak teratur juga dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Akibatnya, bisa melenceng dari goals Anda.

Berikut beberapa rekomendasi waktu yang tepat untuk minum mass gainer:

1. Saat bangun di pagi hari

Ketika Anda bangun setelah tidur berjam-jam, tubuh Anda sudah kehabisan sebagian besar pasokan zat gizinya dan berada dalam kondisi katabolik. Oleh sebab itu, minum mass gainer di pagi hari akan memberikan tubuh Anda cukup kalori, protein, karbohidrat, dan lemak, serta mikronutrien lainnya. Alhasil, tubuh Anda siap memasuki kondisi anabolik. 

2. Sebelum latihan

Sebagian besar para ahli kesehatan sepakat bahwa waktu yang tepat minum mass gainer adalah setengah jam sebelum Anda memulai sesi latihan atau olahraga.

Setengah jam sebelum latihan telah dianggap sebagai waktu utama, karena memberi makan otot Anda dengan karbohidrat yang bekerja dengan cepat. Alhasil, mendorong kerja hormon insulin dan otot Anda mendapatkan asam aminonya dengan cepat.

3. Setelah latihan

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda membakar lebih banyak kalori, laju metabolisme tubuh Anda meningkat, dan Anda membutuhkan sumber energi dengan cepat untuk bahan bakar dan merevitalisasi otot. 

Inilah waktu yang tepat bagi Anda mengonsumsi suplemen penambah massa. Karbohidrat berkualitas tinggi dari mass gainer akan mengisi kembali kadar glikogen (gula otot) Anda, sementara protein esktranya diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun massa otot Anda. 

--- Related Article ---

4. Waktu selingan

Perfect Health menyatakan bahwa waktu terbaik minum mass gainer adalah di antara waktu makan utama atau sebagai selingan. Mengapa? Karena jika Anda minum bersamaan pada waktu makan, membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras.

Selain itu, tubuh Anda akan mendapatkan asupan kalori lebih banyak, yang mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak, kelelahan, dan penurunan konsentrasi. 

5. Sebelum tidur

Perfect Health tidak merekomendasikan minum mass gainer sebelum tidur, tetapi banyak orang melakukannya untuk memenuhi asupan kalori hariannya untuk menambah berat badan. 
 
Di sisi lain, ketika Anda tidur di malam hari, tubuh Anda mulai berpuasa sampai Anda bangun di pagi hari dan proses penyerapan kalori dan zat gizi pun terjadi secara lambat saat Anda tidur.

Namun, mengonsumsi mass gainer sebelum tidur terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan ukuran tubuh bagi banyak orang yang melakukannya.

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan

Selama Anda mengonsumsi mass gainer, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Jika Anda minum tepat sebelum atau setelah latihan, Anda harus memastikan kandungan lemaknya lebih sedikit dan jumlah kalorinya lebih banyak.
  • Saat Anda minum suplemen penambah massa ini, karbohidratnya akan diserap dengan sangat cepat. Hal ini membuat kerja hormon insulin Anda jadi terpacu, sehingga menyebabkan pelepasan asam amino yang cepat ke otot. Inilah yang akan membangun ukuran otot dan berat badan Anda.
  • Sebaiknya Anda tidak mencampur bubuk protein dengan air panas, karena dapat mengeraskan dan membuatnya sulit untuk dikonsumsi, serta dapat menyebabkan sakit perut.
  • Banyak juga pelatih atau ahli yang meyakini bahwa waktu minum mass gainer tidak berperan terlalu penting. Hal yang penting adalah memastikan asupan kalori dan zat gizi makro dan mikro Anda terpenuhi secara tepat.

Saran dari SFIDN

Mengonsumsi mass gainer harus selalu disertai dengan latihan yang intens dan menjaga pola makan sehat. Ini karena bubuk protein bekerja paling efektif ketika diiringi dengan latihan dan sesi pembentukan tubuh yang tepat. Terlebih lagi, suplemen mass gainer tidak dianjurkan bila tanpa latihan, kecuali memang disarankan oleh ahli medis Anda.

Selain itu, kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda, dihitung berdasarkan berat badan, usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya sehari-hari. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsinya, Anda perlu menghitung kebutuhan kalori dan zat gizi yang tepat untuk tubuh Anda. 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau pelatih profesional yang dapat membimbing Anda mencapai goals kesehatan dan kebugaran Anda dengan cara terbaik. 

 

Referensi:

BodyBuildingNuts (2021). Best Time to Take Mass Gainer Powder Shake for Best Results [Ultimate Guide].
Wirybody (2019). When To Take Mass Gainer – The Critical Factors To Remember.
Myprotein (2017). What Is A Mass Gainer?
Healthline (2018). When Is the Best Time to Take Protein?
Perfect Health (2021). When To Take Mass Gainer and Best Reviews.
Zenith Nutrition Sports (2019). When Should You Take a Mass Gainer?


 
Tags:
#Gainer  #mass gainer  #waktu terbaik minum gainer 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article