sfidn - Lagi Menggemukan Berat Badan? Hindari 5 Pantangan ini

Lagi Menggemukan Berat Badan? Hindari 5 Pantangan ini

sfidn.com - Kita tentu sepakat bahwa memiliki berat badan yang berlebihan adalah tidak sehat. Namun, berat badan yang rendah juga memiliki efek yang buruk untuk kesehatan sehingga perlu untuk menggemukan berat badan. Tapi, adakah pantangan tertentu dalam melakukan program peningkatan berat badan? Ini jawabannya:

 

Kenapa Menggemukan Berat Badan itu Penting?

Jawabannya tentu untuk menjaga kesehatan tubuh dan agar berat badan tetap ideal, tidak terlalu berat dan tidak terlalu rendah. Berat badan yang rendah mengindikasikan bahwa asupan kalori dan gizi untuk tubuh tidak tercukupi dengan baik, bahkan ada yang sering menyebutnya dengan kekurangan zat gizi. Berdasarkan situs resmi Family Doctor, kondisi kekurangan berat badan bisa menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit, cepat lelah, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan sangat akrab dengan masalah gigi, tulang, dan rambut. Oleh karenanya, menggemukan berat badan adalah sesuatu yang penting.

 

5 Pantangan Ketikan Menggemukan Berat Badan

Kunci utama dalam menggemukan berat badan adalah melakukan kalori surplus atau menggemukan asupan kalori. Anda harus menargetkan peningkatan berat badan sekitar 0,5 kg perminggu. Peningkatan tersebut harus dilakukan secara perlahan agar bisa menghindari penumpukan massa lemak. Jika berat badan sudah masuk dalam kategori normal, maka Anda hanya perlu menjaga berat badan agar bisa tetap berada dalam kategori ideal. Nah, agar program peningkatan berat badan bisa sukses, maka Anda harus menghindari ke 5 pantangan ini.

 

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Jenis makanan dan minuman tinggi gula seperti donat, kue, minuman soda, atau minuman manis lainnya memang memiliki kadar kalori yang tinggi. Namun, Anda harus menghindari makanan dan minuman itu jika Anda ingin program Anda berjalan mulus. Kenapa? Karena makanan dan minuman tersebut hanya memiliki kadar gula yang tinggi namun rendah bahkan tanpa disertai nutrisi untuk tubuh, sehingga bisa menggemukan kadar gula darah Anda secara cepat. Keadaan tersebut tentunya berefek negatif untuk tubuh, walaupun berat badan Anda memang akan meningkat. Untuk itu, pilihlah sumber makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat seperti gandum utuh, kacang polong, biji-bijian, kentang, jagung, yogurt, keju, ubi, singkong, dll.

 

2. Kurang Bahkan Tidak Mengonsumsi Sayur-Sayuran

Walaupun sayuran memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dan rasa yang hambar bahkan pahit daripada buah, bukan berarti bahwa Anda menghindari sayuran dalam program menggemukan berat badan. Kenapa? Karena sayuran kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral yang mampu membantu berat badan Anda agar tetap sehat dan mencegah terjadinya kekurangan gizi. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi sayuran, bukan menghindarinya.

 

3. Berhenti Olahraga

Dalam beberapa kondisi, berat badan yang sangat rendah dan tidak ideal dikarenakan kegiatan yang banyak membakar kalori di dalam tubuh, seperti yang dialami para atlet. Namun, meskipun olahraga tersebut bisa membuat berat badan berkurang, namun berhenti olahraga bukanlah solusinya. Justru seharusnya olahraga adalah kegiatan yang mampu membantu Anda dalam mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, olahraga juga mampu menggemukan kesehatan otak, paru-paru dan juga sistem kardiovaskular Anda. Untuk program menggemukan berat badan, pilihlah olahraga yang memanfaatkan kekuatan fisik, seperti angkat beban (fitness) dan juga kalistenik. Dengan olahraga tersebut, maka massa otot Anda akan meningkat yang sudah pasti diikuti dengan berat badan yang meningkat. Kurangi juga olahraga kardio Anda seperti jogging, berjalan, bersepeda, berenang, dll, karena memang olahraga jenis ini bisa membuat otot menjadi menyusut.

 

4. Gampang Nyerah

Sama seperti program penurunan berat badan, program peningkatan berat badan juga membutuhkan niat dan kesabaran. Karena, kita memerlukan waktu dan ketekunan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Terlebih lagi, setiap orang memiliki respon yang berbeda pada setiap program. Oleh karena itu, lanjutkan lah perjuangan anda. Jika memang terlalu sulit, mintalah saran dari para ahli nutrisi, ahli diet, atau dokter. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang membuat badan sulit meningkat.

 

--- Related Article ---

 

5. Mengonsumsi Makanan Besar Dalam Satu Waktu

Meskipun tubuh Anda harus memenuhi kalori surplus, namun bukan berarti anda bisa mengonsumsi makanan dalam porsi besar dalam satu waktu. Kenapa? Karena hal itu bisa membuta perut menjadi sangat kenyang dan rawan terkena penyakit. Anda cukup menyiasatinya dengan mengonsumsi camilan sehat atau makan dalam jumlah sedikit namun sering. Sehingga, target kalori surplus Anda bisa tetap tercapai tanpa adanya masalah kesehatan.

 

Itulah ke 5 pantangan yang harus Anda hindari dalam melakukan program menggemukan berat badan. Semoga berhasil, dan salam sehat.

 

Referensi:

  1. https://familydoctor.org/healthy-ways-to-gain-weight-if-youre-underweight/
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321982.php
  3. https://www.drugs.com/cg/weight-gain-tips-for-athletes.html
  4. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321612.php

 
Tags:
#tambah berat badan  #naik berat badan  #menggemukan badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article