Macam Alat Fitness dan Fungsinya

sfidn.com – Aneka macam alat-alat fitness dan fungsinya ini akan menjadi jawaban untuk kamu khususnya para pemula fitness yang ingin memulai latihan fitness di gym langganan. Dengan mengetahui alat fitness dan fungsinya ini, diharapkan akan semakin membuatmu lebih percaya diri dan juga pembekalan awal sehingga latihan fitnessmu lebih maksimal lagi nantinya.
 

Macam alat fitness dan fungsinya

 

Secara umumnya ada 2 jenis peralatan / alat fitness yang akan kamu temui di gym center yaitu alat angkat beban dan juga mesin latihan. Alat angkat beban dan machine tools merupakan alat fitness yang berfungsi untuk membentuk badanmu dan juga bisa menjadi alat untuk melatih otot-otot seluruh tubuhmu. Alat-alat angkat beban ini terdiri dari :

1. Barbell


Barbell merupakan besi panjang yang mempunyai ukuran sekitar 4 sampai 7 kaki atau sekitar 1,2 m sampai 2,1 meter yang dimasing-masing ujungnya dipasang piringan beban ( weight plates ). Latihan menggunakan barbell dilakukan dengan mengangkat barbell dengan menggunakan kedua tangan. Untuk barbell yang digunakan pada olimpiade, bisanya mempunyai panjang 7 kaki / 2,1 meter dan mempunyai berat sekitar 45 lbs / sekitar 20 kilogram. Jenis barbell ini merupakan barbell yang kuat dan bisa menahan beban sampai 800 lbs / 363 kilogram. 

Fungsi alat fitness barbell :

- Melatih otot dada ( Latihan Bench Press )

- Melatih otot kaki ( Latihan Squat )

- Melatih otot bahu ( Latihan Shoulder Press )

- Melatih otot punggung ( Latihan Back )

 

2. Dumbbell


Dumbbell merupakan barbell dengan ukuran lebih pendek. Berukuran 10 sampai 15 inchi. Alat fitness dumbbell ini adalah untuk melatih hampir semua otot besar dan otot kecil tubuhmu, khususnya otot bagian lenganmu.

 

3. Ez Curl Bar


Ez Curl Bar merupakan alat fitness yang lebih pendek daripada barbell dan mempunyai sudut pada stick (batang) untuk menempatkan posisi kedua tangan kita. Fungsi alat fitness ez curl bar adalah untuk melatih otot lengan bicep dan tricepmu.

 

4. Bench


Bench adalah tempat duduk yang sangat fleksibel,manfaat alat fitness bench adalah untuk melatih otot dada, bahu, back, dan otot lainnya. Bench terdiri dari 3 jenis yaitu bench datar ( flat bench ), bench menurun ( decline bench ), dan bench menanjak ( incline bench ). Beberapa jenis bench bisa diatur sesuai dengan tujuan latihan. Tips terbaik melakukan latihan bench press.

 

5. Abdominal Bench


Bench abdominal adalah bench jenis decline bench yang berfungsi untuk melatih otot perutmu. Mempunyai roller yang akan membantumu menggantungkan kaki sehingga kamu tidak akan terjatuh saat melakukan latihan.

 

6. Weight Plates


Alat fitness weight plates adalah beban dengan bentuk cakram yang dibuat dari logam. Weight plates bisa digunakan untuk 2 hal yaitu digunakan sendiri untuk latihan, atau menambahkannya sebagai beban pada batang / bar barbell yang kosong.

 

7. Weighted Bar


Weighted bar adalah alat fitness berbentuk batang besi yang mempunyai pemberat pada setiap sisinya. Digunakan untuk meningkatkan berat tubuh saat melakukan latihan sit up, lunge, dan latihan lainnya.
 

--- Related Article ---

8. Static Bicycle


Sepeda statis merupakan alat fitness yang berfungsi untuk melatih otot kaki, alat ini digunakan untuk membakar lemak dan latihan cardio. Kecepatan dan tekanan dalam menggowes bisa diatur sesuai dengan kemampuan tubuhmu.

 

9. Leg Press Machine


Alat fitness leg press machine digunakan untuk latihan leg press dan berfungsi untuk membentuk otot paha dan otot betismu. Kamu bisa menambahkan tingkat kesulitan latihan leg press dengan mengatur beban sesuai dengan kemampuanmu.

 

10. Treadmill


Treadmill adalah alat yang umum berada di gym center. Berfungsi untuk membakar lemak tubuh. Alat ini digunakan untuk latihan jalan ataupun lari ditempat. Kecepatan bisa kamu atur sendiri pada monitor yang ada pada alat tersebut.

 

11. Barbell Machine


Alat fitness barbell machine berfungsi untuk menopang tubuh agar gerakan latihan tetap stabil saat mengangkat barbell sehingga bisa meminimalisir terjadinya cedera otot. 

 

12. Peck Deck Fly


Alat fitness peck deck fly berfungsi untuk melakukan gerakan isolasi untuk otot dadamu.  Membantu mengembangkan ukuran dan definisi otot dada bagian tengah. 

 

13. Lat Pulldown Machine


Alat fitness lat pulldown machine berfungsi untuk membentuk otot-otot punggung dimana otot-otot ulama yang bekerja adalah otot latissimus dorsi, otot teres major, dan otot posterior deltoid.  Otot yang dibentuk menggunakan alat lat pulldown machine diantaranya adalah :

- Otot trapezius

- Otot Rhomboids

- Otot Teres Major

- Otot Erector Spinae

 

14. Cable Crossover Machine


Alat fitness cable crossover machne berfungsi untuk membentuk otot dada, dan otot bahumu. 

 

Nah itu dia aneka macam alat fitness di gym center beserta fungsinya yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang masih bingung seputar alat fitness yang ada di gym center favorit. Semoga bermanfaat dan selamat berolahraga bro! Salam fitness Indonesia!

 
Optimized by : Authority
Tags:
#Alat Fitness 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail