sfidn - Makan Nasi Sebelum Latihan Olahraga, Boleh Gak sih?

Makan Nasi Sebelum Latihan Olahraga, Boleh Gak sih?

sfidn.com - Sebelum melakukan latihan olahraga yang keras, maka tentunya tubuh kita memerlukan asupan energi yang cukup agar bisa menyelesaikan latihan dengan lancar. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa mengonsumsi nasi sebelum berlatih itu berbahaya, benarkah demikian?

 

Jadi, Boleh Gak Sih Makan Nasi Sebelum Latihan Olahraga?

Kita tentu saja masih boleh mengonsumsi nasi sebelum berlatih, karena nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh untuk berlatih. Dilansir dari USA Rice Information, nasi memiliki kandungan karbohidrat yang lebih banyak dari pada kentang dengan porsi yang sama. Pada sumber lain, di kutip dari laman resmi American Heart Association dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk bisa mengonsumsi asupan makanan dan cairan yang cukup sebelum, selama dan setelah latihan olahraga. Dengan begitu, maka kadar gula darah selama berlatih akan terjaga, performa akan lebih maksimal, dan pemulihan otot pasca latihan pun akan lebih cepat.

 

Jenis Nasi Apa yang Lebih Disarankan, Nasi Putih atau Nasi Merah?

Nasi merah adalah jenis nasi yang lebih disarankan untuk di konsumsi sebelum melakukan latihan, kenapa? Karena nasi merah memiliki sumber karbohidrat kompleks yang kemudian akan diubah menjadi sumber energi oleh tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Nasi merah akan lebih lambar diserap oleh tubuh karena kadar indeks glikemik nya yang rendah dan kadar seratnya yang tinggi. Saat asupan makanan di serap lebih lambat oleh tubuh, maka tubuh kita memiliki lebih banyak cadangan energi saat berlatih, sehingga tidak akan cepat lelah.

 

Hal ini tentu berbeda dengan nasi putih yang tergolong kedalam karbohidrat sederhana dan mampu diserap lebih cepat oleh tubuh. Sehingga, tubuh kita akan lebih cepat lelah saat latihan. Namun, bukan berarti nasi putih tidak boleh dikonsumsi sebelum berlatih. Nasi putih bisa dikonsumsi untuk anda yang ingin melakukan olahraga yang sangat berat, seperti latihan angkat beban atau fitness. Dengan kadar indeks glikemik yang tinggi, maka tubuh akan mampu menyerap gula lebih cepat. Sehingga, bahan bakar tubuh bisa lebih cepat di dapat dan sangat menguntungkan untuk Anda yang ingin melakukan latihan angkat beban. Selain itu, nasi putih juga terbukti aman untuk dikonsumsi oleh siapapun karena tidak menimbulkan berbagai gejala energi maupun masalah pencernaan. Jadi, nasi putih adalah sumber karbohidrat yang sangat mudah di cerna oleh tubuh dan mampu memenuhi nutrisi saat berlatih.

 

Konsumsilah Nasi Merah Jika Kegiatan Olahraga Anda Sedikit

Hal yang harus di perhatikan dan diingat adalah nasi putih bukanlah pilihan yang tepat untuk mereka ataupun Anda yang melakukan latihan olahraga kurang dari 4 kali dalam seminggu atau Anda yang memiliki masalah metabolisme. Jika Anda hanya melakukan latihan olahraga 1-3 minggu minggu sekali, lebih disarankan untuk memilih nasi merah sebagai makanan sehat Anda yang mampu memberikan nutrisi secara menyeluruh pada tubuh, baik selama ataupun sebelum berlatih.

 

--- Related Article ---

 

Waktu yang Tepat untuk Makan

Demi menjaga sistem pencernaan Anda, usahakan untuk mengonsumsi nasi dan lauk-pauk lain minimal 2-3 jam sebelum melakukan latihan. Kenapa? Tentu saja agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan dan dijadikan sebaga sumber energi. Lebih dari itu, hal tersebut juga akan mampu menghindari Anda dari rasa sakit ataupun mual yang terjadi pasca latihan. Namun, jika asupan makanan Anda bukanlah nasi, maka Anda bisa mengonsumsinya 30-60 menit sebelum melakukan latihan. Jika waktu Anda lebih sedikit lagi, yaitu hanya 5-10 menit, maka Anda bisa mengonsumsi buah pisang ataupun buah apel. Terimakasih, semoga bermanfaat.

 

Referensi:

  1. https://www.healthline.com/nutrition/eat-before-workout
  2. https://www.verywellfit.com/lifters-still-choose-white-rice-over-brown-3121319
  3. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/food-as-fuel-before-during-and-after-workouts
  4. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322963
  5. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/food-as-fuel-before-during-and-after-workouts

 
Tags:
#nasi merah  #nasi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article