Makanan Penguat Stamina Tubuh saat Puasa

sfidn.com - Memasuki bulan Ramadan, stamina dan imunitas tubuh perlu dijaga. Berkaitan dengan kondisi fisik, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan stamina tubuh terlebih lagi Anda menjalankan puasa di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Untuk membangun stamina yang tinggi, Anda perlu memiliki energi yang cukup. Berikut ini beberapa daftar makanan penguat stamina tubuh saat puasa. 

 

Makanan Penguat Stamina Tubuh ketika Puasa Ramadan

 

1. Apel

Sfidn-apel

Buah apel mengandung antioksidan, serat, zat besi, vitamin, dan mineral yang tinggi. Saat berpuasa, sebaiknya apel dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur. Hal itu disebabkan apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, medetoksifikasi hati, mengontrol berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Serat apel yang mudah larut dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

 

2. Almond

Sfidn-almond

Kacang almond mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3. Asam lemak ini adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Almond berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang, otak, bahkan jantung. Almond juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Jadi, Anda akan tetap bersemangat meskipun sedang berpuasa. 

--- Related Article ---

3. Jagung 

Sfidn-jagung

Jagung nyatanya dapat membantu menguatkan stamina tubuh saat puasa. Jagung mengandung vitamin, mineral, nutrisi, dan antioksidan yang tinggi dan mengandung kalori sehat untuk metabolisme tubuh. Selain itu, jagung mengandung glikogen untuk diubah menjadi energi dalam tubuh. 

 

4. Pisang 

sfidn-pisang

Pisang adalah buah yang dikenal sebagai sumber energi. Para olahragawan juga telah mengonsumsi pisang sebelum bertanding. Pisang mengandung sumber karbohidrat, serat, kalium, dan fruktosa. Pisang juga mampu memberikan energi instan dan meningkatkan stamina tubuh. Buah ini dapat meningkatkan pelepasan dopamin yang berpengaruh untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi tubuh. 

 

5. Konsumsi daging ayam 

sfidn-dada-ayam

Daging ayam adalah sumber protein tanpa lemak. Dengan mengonsumsi daging ayam, Anda bisa meningkatkan energi serta kesehatan tulang dan otot. Tak hanya itu, daging ayam juga diyakini dapat meredakan stres. Namun, sebaiknya Anda membatasi asupan daging ayam dalam tubuh karena dapat mengganggu hormon, terutama hormon estrogen.

Lima makanan penguat stamina tersebut dapat Anda konsumsi saat puasa bulan Ramadan. Selain mengonsumsi makan sehat, Anda juga mengimbanginya dengan beberapa olahraga ringan. 

Tags:
#makanan stamina  #makanan puasa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail