sfidn - Meditasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Meditasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

sfidn.com - Meditasi menjadi populer beberapa tahun belakangan ini. Meski praktiknya sudah ada sejak lama, namun meditasi sendiri baru banyak dilakukan oleh orang-orang karena popularitasnya. Meditasi populer karena manfaatnya yang beragam bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Meditasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 

Meditasi adalah latihan pikiran dan tubuh yang memiliki sejarah panjang dalam pemanfaatannya untuk meningkatkan ketenangan dan relaksasi fisik, meningkatkan keseimbangan psikologis, mengatasi penyakit, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Praktik pikiran dan tubuh ini berfokus pada interaksi antara otak, pikiran, tubuh, dan perilaku.

Ada banyak jenis meditasi, tetapi kebanyakan memiliki empat elemen yang sama, yaitu :

  • Lokasi yang tenang dengan gangguan sesedikit mungkin
  • Postur tubuh yang spesifik dan nyaman (duduk, berbaring, berjalan, atau dalam posisi lain)
  • Fokus perhatian (kata atau kumpulan kata, objek, atau ritme nafas yang dipilih secara khusus)
  • Sikap terbuka (membiarkan gangguan datang dan pergi secara alami tanpa meresponnya)

Salah satu jenis meditasi yang paling populer adalah mindful meditation. Dalam meditasi jenis ini, Anda fokus pada satu hal tertentu — bisa jadi pernapasan, sensasi di tubuh atau objek tertentu di luar tubuh Anda. Inti dari jenis meditasi ini adalah memusatkan perhatian secara kuat pada satu titik dan terus-menerus mengembalikan perhatian Anda ke titik fokus tersebut ketika pikiran mulai mengembara.

Meditasi memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah meningkatkan kesadaran akan diri sendiri dan lingkungan sekitar, mengurangi stres, dan meningkatkan konsentrasi. Orang-orang mulai melakukan meditasi untuk mengembangkan kebiasaan dan perasaan positif lainnya, seperti suasana hati dan pandangan yang lebih positif, disiplin diri, pola tidur yang sehat, dan bahkan meningkatkan toleransi rasa sakit.

 

Manfaat meditasi

Berikut adalah beberapa manfaat meditasi diantaranya adalah :

1. Meningkatkan fokus

Meditasi yang berfokus pada perhatian (focused-attention meditation) rasanya seperti mengangkat beban dari rentang perhatian Anda. Jenis meditasi ini membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan perhatian Anda. Karena meditasi adalah praktik memfokuskan perhatian kita dan menyadarinya ketika pikiran tersebut mulai melayang, meditasi dapat meningkatkan fokus kita saat kita tidak sedang bermeditasi. Itu merupakan efek yang bertahan lama yang datang dari meditasi secara teratur.

 

2. Meredakan stres

Mengurangi stres adalah salah satu alasan paling umum orang mencoba meditasi. Mindful meditation telah terbukti membantu orang untuk bekerja di bawah tekanan sekaligus mengurangi stres. Gaya meditasi ini mengurangi respons peradangan yang disebabkan oleh stres sehingga para pelaku meditasi dapat merasakan tidur yang lebih tenang, mengurangi rasa lelah, dan menurunkan tingkat depresi atau kecemasan. 

 

3. Meningkatkan daya ingat

Peningkatan dalam perhatian dan kejernihan berpikir dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap muda. Salah satu hal yang seringkali dikaitkan dengan meditasi adalah meningkatkan daya ingat. Salah satunya adalah Kirtan Kriya yaitu metode meditasi yang menggabungkan mantra dengan gerakan jari yang berulang-ulang untuk memfokuskan pikiran. Peningkatan fokus yang diperoleh melalui meditasi dapat meningkatkan daya ingat dan kejernihan mental sehingga melawan hilang ingatan dan demensia.

 

--- Related Article ---

 

4. Menjadikan orang lebih baik

Beberapa jenis meditasi dapat meningkatkan perasaan dan tindakan positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Contohnya Metta, yaitu jenis meditasi yang juga dikenal sebagai meditasi cinta kasih, dimulai dengan mengembangkan pikiran dan perasaan yang baik terhadap diri sendiri. Melalui meditasi, orang belajar untuk menjadi lebih baik kepada diri sendiri, yang kemudian melebar ke orang lain seperti teman, keluarga, rekan kerja, bahkan orang asing.

 

5. Menjadikan orang lebih kreatif

Terdapat beberapa penelitian tentang bagaimana meditasi dapat mempengaruhi kreativitas. Para peneliti di Universitas Leiden di Belanda mempelajari meditasi focused-attention dan open-monitoring untuk melihat apakah ada peningkatan dalam kreativitas. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mempraktikkan meditasi focused-attention tidak menunjukkan peningkatan yang jelas dalam hal kreativitas. Akan tetapi, bagi mereka yang melakukan meditasi open-monitoring, mereka melakukan tugasnya lebih baik karena dapat menemukan ide-ide baru.

 

6. Melawan ketergantungan

Disiplin mental dikembangkan melalui meditasi dapat membantu memutuskan ketergantungan dengan meningkatkan pengendalian diri dan kesadaran akan pemicu perilaku adiktif. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu orang belajar untuk mengarahkan perhatian mereka, meningkatkan kemauan, mengendalikan emosi dan impuls mereka serta meningkatkan pemahaman tentang penyebab di balik perilaku adiktif tersebut.

 

Cara meditasi yang benar


Untungnya, meditasi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun asalkan Anda bisa fokus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam bermeditasi :

  1. Duduk di tempat yang sepi, pastikan bahwa tidak ada gangguan yang mampu mengalihkan perhatian Anda saat bermeditasi.
  2. Duduk dengan nyaman, bisa menggunakan bantal, selimut, atau kursi. 
  3. Duduk tegak, tetapi jangan tegang karena tubuh Anda harus terasa rileks.
  4. Bernafaslah dengan lembut. Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat memulai dengan pemindaian tubuh: fokus pada setiap bagian tubuh, mulai dari jari kaki hingga kepala, lalu berhenti sejenak untuk memperhatikan sensasinya.
  5. Biarkan gangguan datang dan pergi. Jika pikiran Anda mulai mengembara, ketahui pikiran yang mengganggu tersebut dan cobalah untuk melepaskannya dengan lancar saat muncul di kepala. Kemudian, kembalikan perhatian Anda kepada cara Anda bernafas.

 

Meditasi adalah praktik sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang. Mempelajari cara bermeditasi sangatlah mudah, dan manfaatnya bisa datang dengan cepat. Meditasi menuntun Anda kepada jalan menuju ketenangan, penerimaan, dan kegembiraan yang lebih besar. Tarik napas dalam-dalam, dan bersiaplah untuk rileks.

 

Referensi :

Cairns, R. (2020, June 19). What is meditation? How the popular wellness practice can benefit you. Retrieved September 2020, from Insider: https://www.insider.com/what-is-meditation

Cooper, B. B. (2013, August 21). What is Meditation and How It Affects Our Brains. Retrieved September 2020, from Buffer: https://buffer.com/resources/how-meditation-affects-your-brain/

NCCIH. (n.d.). Meditation: In Depth. Retrieved September 2020, from National Center for Complementary and Integrative Health: https://www.nccih.nih.gov/health/meditation-in-depth

Thorpe, M. (2017, July 5). 12 Science-Based Benefits of Meditation. Retrieved September 2020, from Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/12-benefits-of-meditation

 


 
Tags:
#info  #Yoga  #meditasi  #kesehatan 
0 Comment
Leave Your Comment

Masykur

September 29, 2020

silakan dicoba

https://shrinke.me/n9XMS


Latest Article