sfidn - Mengenal Gerakan Touch-and-Go Box Squat yang sangat Efektif

Mengenal Gerakan Touch-and-Go Box Squat yang sangat Efektif

sfidn.com - Gerakan squat sudah lama diklaim sebagai gerakan yang paling efektif dalam melatih otot kaki. Gerakan inipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh secara total, seperti perkembangan otot, stabilitas otot inti, fungsionalitas otot, dan bahkan ketahanan anaerobik. Namun, ternyata ada variasi gerakan squat lain yang lebih efektif, yaitu touch-and-go box squat. Gerakan memang agak berbeda dengan gerakan squat atau gerakan box pada umumnya yang mengijinkan Anda untuk melepaskan rasa tegang yang ada pada otot paha sebelum akhirnya kembali berdiri pada gerakan awal. Berikut ini adalah cara melakukannya, dan juga penjelasan tentang kelebihan gerakan touch-and-go box squat berikut ini.

 

 

1. Memosisikan Pinggul dengan Benar

Bisa kita perhatikan secara seksama bahwa si peraga dalam video tersebut hanya menyentuh box dalam kurun waktu yang sangat sebentar. Ketegangan pada otot paha tidak berkurang atau menghilang pada gerakan tersebut. Untuk itu, gerakan ini mampu melatih para pemula guna memosisikan pinggul secara tepat, jadi bukan hanya membengkokan kaki saja. Dengan memulai gerakan mendorong pinggul kebelakang, maka akan ada tensi pada hamstring yang mempunyai efek perlindungan lutut.

 

2. Membuat Kedalaman Squat Anda Menjadi Lebih Konsisten

Melakukan squat box akan mampu memberi Anda suatu target tertentu. Untuk itu pastikanlah dengan jelas sejauh mana tubuh Anda akan turun selama melakukan gerakan. Hal tersebut akan membuat kedalaman gerakan squat Anda menjadi lebih konsisten, tidak tinggi dan tidak juga rendah. Ketidak konsistenan dalam melakukan gerakan squat adalah yang sering dilakukan oleh para pemula, terlebih lagi saat otot paha sudah mulai kelelahan. Dalam jangka panjang, inkonsonsistensi tersebut akan menghalangi Anda untuk mendapatkan target yang diinginkan. Untuk itu, menjaga kedalaman squat yang konsisten sangatlah penting.

 

3. Memastikan Tubuh Tetap Netral

Sangat banyak diantara kita yang masih terlalu membungkukan tubuh saat melakukan gerakan squat. Dengan melakukan box squat, maka posisi tubuh akan menjadi lebih tegak kembali. Sementara itu, posisi yang terlalu tegak pada saat melakukan gerak barbell squat juga akan meningkatkan risiko terjatuhnya tubuh ke arah belakang. Dengan adanya box, maka postur tubuh Anda yang netral saat mengembalikan tubuh pada posisi awal menjadi lebih baik.

 

4. Memaksimalkan Tempo Eksentrik

Manfaat yang tidak kalah penting lainnya saat melakukan gerakan box squat adalah demi memaksimalkan tempo eksentrik. Tempo gerakan eksentrik yang lebih lambat akan mampu mendorong pembentukan otot tubuh dan menjaga kinestetik Anda agar tetap terjaga saat melakukan gerakan squat. Disisi lain, kita tentu sering melihat adanya banyak orang yang kehilangan kontrol tubuhnya saat menurunkan barbell. Dengan menggunakan gerak box squat, maka gerakan menurunkan barbell dengan perlahan dan hati-hati karena khawatir bokong terbentur dengan box. Pada akhirnya, hal tersebut mampu membuat gerakan yang lebih efektif.

 

--- Related Article ---

 

Tips dan Trik Agar Gerakan Box Squat Anda Lebih Aman dan Efektif

Pastikan Anda melakukan gerakan squat di dalam squat rack dengan posisi pengaman yang berada di bawah titik terendah barbell. Aturlah kedalaman squat dengan mengatur ketinggian box. Anda bisa mengombinasikan box dengan bumper platedan juga plyo box, yang penting box tersebut sangat kokoh dan juga tidak licin. Jadi, sudah siap melakukan gerakan ini?

 


 
Tags:
#Latihan Otot Kaki  #squat 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article