sfidn - Pengaruh Kardio terhadap Perkembangan Otot

Pengaruh Kardio terhadap Perkembangan Otot

Pengaruh Kardio terhadap Perkembangan Otot. Anda mungkin pernah mendengar sebutan “Cardio Kills Your Gains” ya, itu benar adanya jika anda melakukannya secara berlebihan sehingga kalori anda defisit sedangkan anda ingin untuk menambahkan massa otot anda, dimana anda harus pada fase bulking atau kalori surplus. Akan tetapi, seperti yang saya bilang pada artikel bulking 101, bahwa kardio jika tidak berlebihan anda bisa menjadi lean bulking yaitu meminimalisir peningkatan lemak pada tubuh disaat fase bulking.

Seperti yang anda ketahui bahwa energi utama yang anda pakai pada saat anda latihan adalah adenosina trifosfat dan creatine fosfat, dan untuk membentuk ATP anda menggunakan glikogen anda dan terakhir adalah tenaga dari lemak. Akan tetapi, otot pun bisa menjadi sumber tenaga anda apabila kadar glikogen dan lemak anda sangat rendah sehingga tubuh mencari sumber tenaga lain yaitu otot menjadi terurai. Itulah penyebab kenapa anda bisa kehilangan otot pada saat anda kardio.

 

Pada tabel diatas menunjukan tenaga yang anda gunakan dan juga kapan tenaga itu dipakai pada saat anda melakukan latihan. Jika anda mencari kekuatan, maka anda harus selalu bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan kardio anda pada hari terpisah dari latihan kekuatan anda. Paling tidak, jika ini tidak mungkin, Anda dapat melakukan pekerjaan kardio anda setelah anda menyelesaikan latihan kekuatan anda. HIIT bukan ide yang baik untuk di coba dan memantul bolak-balik antara latihan-latihan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kekuatan anda.

Jadi saya akan memberitahu aturan-aturan yang bisa anda lakukan untuk tetap dapat meningkatkan massa otot semaksimal mungkin dan meminimalisir kenaikan lemak pada saat anda bulking.
 
RULES #1
EAT BIG, GET BIG.
Ini adalah sebutan yang benar jika anda ingin mendapatkan pertumbuhan otot yang maksimal, jika anda mengkonsumsi nutrisi makro dalam takaran kalori surplus maka tubuh anda akan merespon oh, it’s time to grow!
 
RULES #2
Kardio Setelah Berolahraga, Bukan Sebelum.
Jika anda melakukan kardio sebelum anda akan kehilangan kekuatan anda untuk melakukan latihan beban, karena glikogen pada tubuh anda sudah terkuras oleh kardio. Jadinya angkatan anda tidak akan maksimal. Dan juga jika kardio bertujuan untuk membakar lemak hal tersebut tidak akan efektif karena kadar glikogen anda masih tinggi.

Rules #3
Konsumsi Protein yang Cukup
Mengkonsumsi protein sangat lah penting untuk pertumbuhan otot anda, karena pada saat anda latihan anda “merusak” sel mikro pada otot anda sehingga tubuh akan terstimulasi untuk membentuk protein. Hal tersebut dinamakan protein sintesis. Jadi pastikan anda mengkonsumsi 1-1,5 gram protein per pounds berat badan anda setiap hari.
 
Rules #4
Progressive Overload
Untuk otot anda dapat tumbuh berkembang tentunya anda harus meningkatkan volume, frekuensi, dan intensitas latihan anda. Dan untuk anda dapat konsisten dalam progressive overload anda perlu membuat catatan untuk menginat anda sudah sampai mana.

Kesimpulan
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kardio tidak berpengaruh buruk pada perkembangan otot anda jika anda tidak melakukannya berlebihan, bahkan kardio akan membantu anda agar meminimalisir kadar lemak pada tubuh anda disaat anda melakukan fase bulking akan tetapi tetap kalori anda dalam keadaan surplus.


Writer : Cakra Adi ( SFIDN Personal Trainer )
 

 
Tags:
#latihan kardio  #perkembangan otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article