sfidn - Pengertian dan Manfaat Latihan Aerobik Bagi Tubuh Beserta Contohnya

Pengertian dan Manfaat Latihan Aerobik Bagi Tubuh Beserta Contohnya

sfidn.com – Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, latihan aerobik termasuk jenis olahraga yang paling mudah dilakukan dan mampu memberikan manfaat yang signifikan. 

Jika Anda tertarik untuk berolahraga, simak informasi mengenai pengertian, manfaat, serta beberapa contoh dari latihan aerobik melalui artikel berikut ini.  

Pengertian Latihan Aerobik 

Latihan aerobik adalah jenis aktivitas fisik yang melibatkan gerakan berulang secara terus-menerus dan ritmis dengan intensitas sedang hingga tinggi. 

Fokus utama latihan ini ada pada peningkatan kebugaran kardiorespiratori yang mencakup kebugaran jantung, paru-paru, dan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen secara efisien. 

Dalam latihan aerobik, otot-otot besar tubuh terlibat secara teratur dan aktivitas ini menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pernapasan.

 

Manfaat Latihan Aerobik Bagi Kesehatan 

Manfaat utama dari latihan aerobik, yaitu untuk meningkatkan kebugaran kardiorespiratori (kebugaran jantung dan paru-paru) serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan manfaat yang lebih spesifiknya, yaitu: 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Latihan aerobik akan merangsang pergerakan jantung agar lebih optimal sehingga mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien. Hal inilah yang akan membuat jantung Anda lebih kuat dan sehat. 

Di sisi lain, saat latihan aerobik, kecepatan dan kedalaman pernapasan meningkat. Ini mengharuskan paru-paru untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan kemampuannya dalam mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. 

Hasil akhirnya, kapasitas dan daya tahan paru-paru Anda semakin besar sehingga Anda tidak akan mudah merasa lelah saat beraktivitas. 

 

2. Latihan Aerobik Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Dengan rutin melakukan aerobik maka sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) Anda akan semakin sehat. 

Tentu saja hal ini akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, gagal jantung, aritmia, maupun penyakit kronis lainnya. 

 

3. Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Latihan aerobik yang intensif dapat membantu pembakaran kalori lebih cepat dan lebih banyak dibandingkan ketika Anda hanya duduk diam. 

Hal inilah yang akan mendorong penurunan berat badan karena kadar kalori dan lemak Anda berkurang. Tubuh Anda menjadi lebih ringan dan sehat. 

 

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat latihan aerobik lainnya, yakni membantu mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi) dengan memperkuat jantung dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

 

5. Latihan Aerobik dapat Mengatur Gula Darah

Latihan aerobik dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin serta membantu penggunaan glukosa oleh otot.

Maka dari itu, orang yang terkena diabetes tipe 2 sangat dianjurkan untuk melakukan latihan aerobik dengan rutin. 

 

--- Related Article ---

 

6. Meringankan Gejala Asma

Anda mungkin tidak akan menyangka kalau latihan aerobik bisa memberikan manfaat seperti meringankan gejala asma.  

Kapasitas paru-paru yang meningkat inilah yang akan membantu mengontrol gejala asma, terutama jika dilakukan dalam lingkungan yang tidak terlalu dingin atau berdebu.

 

7. Mengngi Nyeri Punggung Kronisura

Nyeri punggung bukan hal yang menyenangkan karena Anda akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. 

Cobalah untuk melakukan latihan aerobik karena manfaatnya yang dapat memperkuat otot-sehingga membantu mengurangi risiko serta intensitas nyeri punggung yang kronis.Jenis latihan yang paling disarankan adalah berenang. 

 

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Anda sulit tidur atau sulit memiliki tidur yang nyenyak? Aktivitas fisik teratur seperti latihan aerobik dapat membantu memperbaiki pola tidur, membuat tidur lebih nyenyak, dan Anda akan merasa lebih segar di pagi hari.

 

9. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Latihan aerobik yang teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya dapat membantu sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan lebih baik.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terserang penyakit atau tidak sulit sembuh dari penyakit yang sedang Anda derita. 

 

10. Meningkatkan Kekuatan Otak

Latihan aerobik telah terbukti memiliki efek positif pada kognisi dan kekuatan otak. Ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan fungsi kognitif (aktivitas mental seperti pikiran, ingatan, pengolahan informasi, dll).

 

11. Meningkatkan Keseimbangan dan Ketangkasan

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat harus berjalan melalui jalanan yang rusak, kontur tanah yang tidak teratur, atau melintasi area pegunungan yang tidak rata sehingga Anda butuh waktu lama untuk melewatinya dan mungkin sering terjatuh juga. 

Jika Anda pernah atau sedang mengalaminya, itu tandanya Anda tidak memiliki keseimbangan dan ketangkasan tubuh yang baik. 

Latihan aerobik yang melibatkan gerakan seperti melompat atau berputar dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan dan ketangkasan sehingga Anda tidak mencegah cedera dan menjaga mobilitas sepanjang hidup.

 

Contoh Latihan Aerobik yang Mudah untuk Dilakukan

Anda mungkin mulai tertarik untuk melakukan latihan fisik. Berikut kami berikan informasi terkait beberapa contoh latihan aerobik yang mudah untuk Anda lakukan. 

  • Berjalan cepat
  • Berlari
  • Skipping
  • Jumping jacks
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Zumba
  • Hula hoop
  • Menari
  • High-Intensity Interval Training

 

Latihan aerobik bukan hanya tentang mendapatkan bentuk fisik yang baik tetapi juga tentang memperkuat jantung, meningkatkan daya tahan, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Mari jadikan latihan aerobik ini sebagai rutinitas dalam hidup Anda serta bentuk kasih sayang terhadap tubuh Anda sendiri. 

Dengan dedikasi dan konsistensi, latihan aerobik dapat menjadi pintu menuju hidup yang lebih aktif, sehat, dan bugar.***

 

 

Referensi: 
www.everydayhealth.com 
 


 
Tags:
#Aerobik  #latihan aerobik air 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article