sfidn - Penyebab Gejala dan Cegah Penyakit Diabetes

Penyebab Gejala dan Cegah Penyakit Diabetes

sfidn.com – Ketahui tentang penyebab, gejala, dan cara mencegah penyakit diabetes sekarang juga bro sis! Penyakit Diabetes atau sering disebut dengan Penyakit Gula adalah Penyakit kronis (jangka panjang) yang ditandai dengan kadar gula darah tubuh yang tinggi (diatas kadar gula normal manusia pada umumnya). Penyakit ini dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu Diabetes tipe 1, dan Diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah penyakit gula yang disebabkan karena kerusakan organ pankreas manusia sehingga menyebabkan produksi hormon insulin berkurang, sedangkan Diabetes tipe 2 ( atau sering disebut dengan Diabetes Melitus) merupakan penyakit gula yang disebabkan karena resistensi hormon insulin tubuh, insulin cukup kadarnya tetapi tidak bekerja dengan baik dalam fungsi mengontrol kadar gula darah tubuh.
 

Penyebab Gejala dan Cegah Penyakit Diabetes

 

Hormon insulin merupakan jenis hormon yang diproduksi organ pankeras untuk mengatur kadar gula darah manusia. Kondisi dimana kadar gula terlampau tinggi adalah ketika lebih dari 126 mg / dl ( saat puasa ) dan lebih dari 200 mg / dl ( ketika tidak sedang berpuasa ). Kadar gula darah pada umumnya kurang dari 120 – 140 mg / dl saat 2 jam setelah makan / minum makanan yang mengandung gula / karbohidrat. Kadar gula darah cenderung akan meningkat sedikit demi sedikit seiring dengan bertambahnya umur. Tetapi setelah umur 50 tahun, kadar gula darah ini akan semakin cepat mengalami peningkatan. 
 

Dibawah ini adalah Beberapa Penyebab Penyakit Diabetes :

 

1. Genetik

Jika kamu mempunyai keluarga yang pernah menderita penyakit gula, maka kamu memiliki kemungkinan menderita penyakit diabetes. Kamu wajib menjaga kesehatan dan kadar gula darahmu sejak dini. Tetapi jangan pernah berpikir bahwa kamu akan 100% menderita diabetes, tentunya ini adalah ‘kemungkinan’ yang bisa saja terjadi, maupun tidak terjadi. Jika kamu penasaran tentang gejala-gejala penyakit gula / diabetes, silakan lanjut baca artikel ini.
 

2. Obesitas

Obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuhmu. Berat badan bisa menjadi penyakit, memiliki berat badan berlebih mempunyai kemungkinan menderita diabetes. Sebisa mungkin hindari obesitas dengan berolahraga, diet, ataupun aktivitas lainnya yang bisa membakar lemak tubuh dan membuat tubuh lebih sehat bro sis.
 

3. Makanan

Apakah kamu suka makan makanan yang kurang sehat? Sebagai contoh adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi / memiliki kadar gula tinggi, mulailah ubah kebiasaan tersebut sekarang juga! Selalu jaga asupan makanan / minumanmu lebih baik lagi sehingga bisa terhindar dari penyakit gula ini.
 

4. Merokok

Merokok adalah salah satu aktivitas yang secara jangka panjang akan mempersingkat umurmu. Mengapa? Karena banyak sekali potensi penyakit yang akan muncul ditubuhmu dari aktivitas merokok ini. Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang akan kamu derita dari kebiasaan merokok ini.

 

SFIDN Baca juga
 

 

Gejala Penyakit Diabetes

 

1. Peningkatan kadar gula darah yang tidak normal ( disebut juga dengan istilah Hyperglaisimia )

2. Turunnya berat badan

3. Terjadinya gangguan  pengelihatan / pandangan kabur

4. Infeksi pada kulit

5. Kelelahan hebat

6. Merasakan kelaparan yang dahsyat ( disebut juga dengan istilah Polifagi )

7. Sering buang air kecil dengan jumlah yang tidak sedikit

8. Merasakan haus yang berlebih  ( disebut juga dengan istilah Polidipsia )

 

Cara Mencegah Diabetes

 

Kamu sudah tahu tentang penyebab dari penyakit gula ini, tentunya itu adalah sekaligus jawaban dari pertanyaan cara untuk mencegah diabetes ini. Caranya adalah dengan menjauhi penyebab diabetes. Ubahlah pola hidupmu menjadi lebih sehat dan lebih baik lagi, ini akan secara otomatis membuat kadar gula darah tetap stabil. Bagaimana cara menjaga kadar gula agar tetap stabil ? Caranya adalah dengan menjaga asupan makananmu. Hindarilah makanan manis dan makanan dengan kadar lemak tinggi secara jangka panjang. Imbangi konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari, dan sempurnakan dengan olahraga rutin dan istirahat yang cukup.
 

Nah itu dia penjelasan lengkap tentang Penyebab Gejala dan Cegah Penyakit Diabetes yang wajib kamu ketahui. Bagikan / Share artikel ini ke teman-teman / keluarga terdekatmu yang belum tahu tentang Penyakit Gula / Diabetes yang mematikan ini. Semoga selalu sehat dan salam olahraga! 

 

 
Tags:
#diabetes  #cegah diabetes  #penyebab diabetes  #gejala diabetes 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article