sfidn - Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis yang Sebaiknya Anda Ketahui

Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis yang Sebaiknya Anda Ketahui

sfidn.com – Meski memiliki nama awalan yang mirip namun osteoporosis dan osteoarthritis adalah dua kondisi medis yang berbeda sehingga Anda perlu mengetahui perbedaan di antara keduanya.

 

Osteoporosis dan osteoarthritis adalah dua kondisi muskuloskeletal (otot, tulang, dan sendi) yang berbeda sehingga penyebab, gejala, dan dampaknya pun tidak akan sama. 

Kami akan coba menjelaskan perbedaan antara osteoporosis dan osteoarthritis sehingga Anda tidak keliru saat mendiagnosis kondisi kesehatan musculoskeletal yang Anda alami. 

 

Mengenal Lebih dalam Tentang Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi medis yang ditandai oleh pengeroposan tulang sehingga terjadi penurunan massa dan kepadatan tulang yang membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah. 

Penyebab utama osteoporosis adalah ketidakseimbangan antara proses pembentukan tulang (osteogenesis) dan proses resorpsi tulang (osteoklastogenesis). 

Ini menyebabkan hilangnya jaringan tulang yang lebih cepat daripada penggantian atau pembentukan tulang baru.

Pada tahap awal kemunculannya, osteoporosis seringkali tidak memiliki gejala. Gejala tersebut baru akan terlihat jika kondisinya sudah semakin parah. 

Gejala osteoporosis yang mungkin terjadi adalah tulang yang mudah patah, terjadinya penurunan tinggi badan, postur tubuh yang buruk, dan nyeri punggung akibat keretakan vertebra.

Diagnosis osteoporosis biasanya dilakukan melalui pengukuran densitas mineral tulang (bone mineral density/BMD) dengan alat yang disebut densitometri atau DXA (Dual-energy X-ray absorptiometry).

 

--- Related Article ---

 

Mengenal Lebih dalam Tentang Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit sendi yang terjadi ketika tulang rawan (cartilage) yang melapisi ujung tulang di persendian mengalami kerusakan dan elastisitasnya menurun. 

Penyebab utama osteoarthritis adalah keausan normal yang terjadi seiring penuaan tetapi juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti cedera sendi, keturunan, atau beban berlebih pada sendi.

Gejala osteoarthritis meliputi nyeri sendi, kemerahan, pembengkakan, keterbatasan pergerakan, dan kadang-kadang terjadinya deformitas sendi.

Orang-orang dengan kondisi osteoarthritis biasanya sulit menggerakan jari-jari tangan maupun kaki, terutama di pagi hari ketika tubuh tidak bergerak dalam waktu lama.  

Diagnosis osteoarthritis biasanya didasarkan pada gejala pasien, pemeriksaan fisik oleh dokter, serta hasil pencitraan seperti sinar-X atau MRI (Magnetic Resonance Imaging).

 

Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis

Kesimpulannya, osteoporosis dan osteoarthritis adalah dua kondisi yang sangat berbeda dalam sistem muskuloskeletal. 

Osteoporosis berkaitan dengan penurunan massa dan kepadatan tulang sehingga membuatnya mudah patah. Sementara osteoarthritis, ini berkaitan dengan kerusakan pada tulang rawan di persendian yang mengakibatkan nyeri dan gangguan pergerakan.

Keduanya sama-sama dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan dan memerlukan perawatan yang berbeda. 

Anda juga harus waspada karena bukan hal yang tidak mungkin jika Anda mengidap kondisi medis ini secara bersamaan. 

Sebaiknya, jaga pola hidup yang sehat, rutin berolahraga, dan miliki berat badan yang ideal agar tulang maupun sendi Anda tidak terbebani. 

Itulah perbedaan antara osteoporosis dan osteoarthritis yang perlu Anda ketahui agar dapat menyadari gejalanya sebelum makin memburuk. Semoga tetap sehat! ***

 


Referensi: 
www.ncoa.org 
www.emc.id 
www.halodoc.com 


 
Tags:
#osteoporosis 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article