Sering Mual Pasca Latihan? Coba 4 Cara Ampuh ini

sfidn.com – Sebagian dari kita pasti pernah atau sering mengalami mual setelah berlatih olahraga, baik itu latihan olahraga angkat beban maupun kardio. Pada umumnya, kondisi ini dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari berlatih dengan perut yang kosong, hingga berlatih melebihi kapasitas atau kemampuan tubuh. Untuk menghindari kondisi ini, ada 4 cara yang terbukti sangat ampuh dan bisa Anda coba. Berikut ini adalah cara mencegah perut mual pasca latihan.

Cara Mencegah Perut Pual Pasca Latihan

1. Lakukanlah Pemanasan dan Pendinginan

Latihan yang diawali dan diakhiri secara tiba-tiba bisa memicu kondisi mual. Kenapa? Karena organ tubuh Anda merasa tersentak atau terkejut ketika tiba-tiba harus memulai dan berhenti latihan. Oleh karena itu, Anda harus melakukannya secara perlahan-lahan agar tubuh bisa terbiasa. Kegiatan pemanasan sebelum latihan dan pendingan setelah berlatih harus Anda lakukan. Dengan begitu, seluruh otot tubuh akan meregang, otot denyut jantung pun akan mereda perlahan, dan rasa mual setelah latihan bisa terhindar.

 

2. Hindari Berlatih Pada Cuaca yang Sangat Panas

Kondisi dan cuaca yang panas bisa membuat tubuh menjadi rentan mengalami kelelahan, bahkan bisa berakibat heat stroke. Selain itu, berlatih pada cuaca dan kondisi tersbut juga bisa mengakibatkan dehidrasi ekstrim pada tubuh yang berimbas pada menurunnya tekanan darah secara signifikan. Efek samping lainnya adalah rasa mual yang timbul pasca latihan. Untuk itu, cobalah untuk tidak berlatih pada kondisi dan cuaca yang sangat panas.

 

3. Konsumsilah Makanan Sebelum Berlatih

Berlatih dengan perut yang kosong adalah salah satu pemicu rasa mual pasca latihan. Hal tersebut dikarenakan adanya penurunan kadar gula darah yang drastis akibat minimnya pasokan energi tubuh. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa camilan sehat 30 menit sebelum berlatih, seperti mengonsumsi snack bar atau buah pisang. Anda juga bisa mengonsumsi makanan berat, dengan catatan makanan tersebut harus dikonsumsi 2 jam sebelum berlatih. Dilansir dari laman haealthline, 2 jam adalah waktu yang ideal bagi tubuh untuk bisa menyerap asupan makanan. Oleh karena itu, berikanlah waktu bagi tubuh untuk bia menyerap dan menyelesaikan makanan yang Anda konsumsi untuk mengindari rasa mual pasca latihan.

 

--- Related Article ---

 

4. Berlatihlah Sesuai Porsi

Cobalah untuk mengenali kemampuan tubuh Anda dalam berlatih dan tekan ego Anda untuk tidak berlatih di luar kapasitas dan kemampuan tubuh. Karena, latihan yang dilakukan tidak sesuai dengan porsi juga busa menimbulkan rasa mual setelah latihan. Untuk itu, hindari ego dan kesombongan Anda untuk memaksa diri berlatih melebihi kemampuan tubuh Anda.

 

Itulah cara ampuh dan efektif untuk menghindari rasa mual setelah berlatih. Semoga bisa bermanfaat dan bisa diterapkan. Terima kasih.

Tags:
#postworkout  #mual 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail