sfidn - Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan 7 Jus Sehat ini!

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan 7 Jus Sehat ini!

sfidn.com - Sistem imun yang menurun atau lemah akan membuat tubuh kita rentan terkena beberapa penyakit, seperti flu dan demam. Dengan adanya pandemi COVID-19 seperti saat ini, sistem imun yang lemah akan semakin membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena virus corona. Oleh karenanya, mencegah sebelum hal itu terjadi adalah tindakan terbaik.

 

Diantara kita mungkin ada yang sudah tahu, bahwa sistem imun merupakan suatu antibodi dalam tubuh kita yang aktif setiap hari dalam menyaring sel mana yang berguna untuk tubuh dan sel apa yang bisa meyebabkan penyakit merugikan. Agar sistem imun ini bisa bekerja secara maksimal, maka nutrisi mereka harus kita penuhi. Kabar baiknya, menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan memenuhi nutrisinya sangatlah mudah dan juga nikmat dengan cara menongonsumsi jus segar ini.

 

Berbagai Jus Sehat Untuk Meningkatkan Sistem Imun

Berikut ini kami sajikan ke-7 jus sehat yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan berbagai bahan yang mudah untuk di dapatkan.

 

1. Jus jeruk 

Kita semua tentu sudah tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang mampu menangkal tubuh dari radikal bebas. Oleh karena itu, jeruk sering dijadikan minuman untuk meningkatkan kesehatan sistem imun tubuh dan obat sariawan. Rutin mengonsumsi jus jeruk akan mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh yang berguna dalam melawan infeksi. Untuk hasil yang lebih maksimal, hindari penambahan gula pada jus jeruk.

 

2. Jus Semangka 

Selain mampu menyegarkan tubuh, jus semangka juga sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh sistem imun tubuh kita. Lebih dari itu, jus semangka juga mampu mengurangi rasa nyeri otot yang sering timbul sebagai gejala flu. Jus inipun sangat mudah dibuat, karena kandungan ar di dalamnya sangat banyak, sehingga akan sangat mudah hancur saat di blender.

 

3. Jus Kale, Bayam, dan Selada

Jus yang satu ini merupakan gabungan dari bahan sayuran dan Anda harus mencobanya sendiri dirumah. Dengan hanya menyiapkan sayur kale, bayam, dan selada, maka tubuh Anda akan mendapatkan vitamin A, C, B6, zat besi, dan kalsium yang tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan sistem imun, namun juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

4. Jus Tomat 

Selain kaya akan kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh, jus tomat juga sangat kaya akan kandungan folat yang baik untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

 

5. Jus Tomat, Kale dan Seledri

Resep ni sangat cocok untuk Anda yang meninginkan jus dengan nutrisi yang sangat banyak. Bahan bakunya adalah tomat, kale, dan seledri. Dengan meminum jus ini, maka Anda akan mendapatkan vitamin A, C, zat besi, lemak nabati, dan magnesium. Selain khasiatnya yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh, jus ini juga mampu melindungi tubuh dari peradangan.

 

6. Jus Wortel, Jeruk, dan Apel 

Sangat berbeda dengan gabungan jus diatas yang berwarna hijau dan menggunakan bahan utama sayuran, jus kali ini akan berwarna oranye karena menggunakan bahan utama buah apel dan jeruk. Gabungan wortel, jeruk, dan apel ini akan melindungi tubuh Anda dari serangan flu dan demam. Nutrisi yang akan Anda dapatkan dari segelas jus sehat ini adalah vitamin A, C, B6, asam folik, dan juga potasium.

 

7. Jus Bit, Kunyit, Jahe

Sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu, kunyit dan jahe selalu dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit batuk dan pilek. Saat ditambahkan dengan bit, maka Anda akan mendapatkan jus yang berkhasiat dalam melawan peradangan. Tubuh Anda pun secata otomatis mampu melawan serangan penyakit batuk pilek.

 

--- Related Article ---

 

Itulah ke-7 jus sehat yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh Anda agar mampu melawan berbagai serangan penyakit, seperti virus corona yang sekarang tengah menjadi pandemi global. Jadi, cara meningkatkan kesehatan tubuh bisa lewat mengonsumsi minuman jus yang segar dan nikmat. Andapun hanya memerlukan alat blender atau juicer. Minumlah salah satu atau beberapa jus di atas secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal. Terima kasih, dan selamat mencoba di rumah.

 

Referensi:

  1. https://www.healthline.com/health/juice-immune-system-boost#beet--carrot--ginger--turmeric
  2. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vegetable-juice/faq-20058178 

 
Tags:
#Sistem Imun Tubuh  #imun tubuh  #jus sayuran  #jus 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article