sfidn - Tips Bakar Lemak di Bulan Puasa

Tips Bakar Lemak di Bulan Puasa

sfidn.com - Jika diet Anda selama ini cuma sebatas angan-angan saja, maka bulan puasa ini merupakan momen yang tepat. Karena pada umumnya, sebagian orang malah mengalami kenaikan berat badan selama bulan ini. Untuk itu, agar penampilan Anda bisa menjadi lebih menarik lagi disaat lebaran nanti, berikut kami berikan tips dalam membakar lemak di bulan puasa.
 

1. Konsumsi Sumber Makanan Berprotein dan Berserat Tinggi Ketika Sahur dan Berbuka

Sebelum Anda mengonsumsi hidangan buka puasa dan sahur, pastikanlah menu tersebut memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Serat memiliki sifat yang lambat serap atau lambat dicerna oleh tubuh, sehingga rasa kenyang dalam tubuh akan bertahan lebih lama. Selain itu, kandungan serat dan protein juga mampu menekan nafsu makan sepanjang hari, sehingga saat waktu berbuka tiba, Anda tidak kalap makan.

2. Coba Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Walaupun mengonsumsi makanan yang serba manis di bulan puasa mampu mengembalikan energi yang hilang, tapi jika terlalu banyak justru tidak baik untuk tubuh. kenapa? karena mengonsumsi makanan dan minuman manis mampu menimbun lemak dan mengacaukan program diet Anda. Karena saat sedang berpuasa, produktifitas insulin dalam tubuh cenderung menurun. Kenyataannya, insulin ini merupakan zat penting untuk mengkonversi gula menjadi sumber energi. Saat gula dalam tubuh tidak bisa dikonversi menjadi energi, maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Itulah kenapa mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan minum air putih atau air teh hijau agar bisa memaksimalkan program diet Anda.

3. Tetap Rajin Berolahraga

Berpuasa tidak bisa Anda jadikan satu-satunya alasan untuk bermalas-malasan. Justru Anda harus tetap berolahraga agar pembakaran lemak di bulan puasa menjadi lebih maksimal. Biasanya, tubuh akan menghasilkan energi dari glukosa. Namun, karena saat puasa tubuh tidak mendapatkan glukosa dari luar selama beberapa jam, maka tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu lemak. Oleh sebab itulah, berolahraga ketika puasa bisa memicu pembakaran lemak dalam tubuh.

4. Konsumsi Banyak Air

Pastikanlah kebutuhan air minum Anda tetap terpenuhi selama berbuka hingga sahur. Rumus yang biasanya digunakan adalah 2-2-2-2, dengan rincian dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah shalat tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Hal ini didukung dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang mengatakan bahwa mengonsumsi air putih mampu meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh hingga 30%. Dengan begitu, akan ada banyak lemak dan kalori yang mampu dibakar.

5. Hindari Menyantap Gorengan Saat Berbuka dan Sahur

Gorengan memang sangat menggoda di menit-menit akhir berbuka puasa. Namun Anda harus waspada, karena gorengan memiliki kandungan lemak jahat atau lemak jenuh yang bisa membuat tubuh semakin gemuk. Agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi selama berpuasa, gantilah lemak tersebut dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mampu menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Sumber lemak tak jenuh ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, daging ikan, alpukat, dll.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat (tidur) yang cukup merupakan tips yang manjur untuk menurunkan berat badan. kenapa? karena kurang tidur mampu mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Alhasil, cadangan lemak dalam tubuh tidak bisa terbakar secara maksimal. Disisi lain, kurangnya jam istirahat juga mampu meningkatkan kadar hormon ghrelin yan bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini akan membuat Anda menjadi kalap makan di waktu berbuka puasa nanti.

--- Related Article ---

7. Menjaga Porsi Makan

Walaupun seharian Anda tidak minum, ngemil ataupun makan, Anda tetap harus menjaga porsi makan Anda, baik saat sahur ataupun berbuka puasa. Pasalnya, mengonsumsi makanan mampu meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan dalam darah. Padahal selama berpuasa, produksi insulin dalam tubuh menurun. Sehingga, gulapun hanya akan diubah menjadi lemak. Agar tidak makan secara berlebihan, cobalah menggunakan piring yang lebih kecil atau bisa mengonsumsi sup, karena sup bisa membuat tubuh menjadi cepat kenyang.

Itulah tips membakar lamak dibulan puasa yang bisa Anda pertimbangkan. Tips diatas bisa Anda variasikan selama itu terbukti mampu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Semoga berguna.


 
Tags:
#Ramadhan  #Ramadhan2019  #TipsPuasa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article