sfidn - Tips Memilih Kettlebell Terbaik

Tips Memilih Kettlebell Terbaik

sfidn.com - Jika Anda ingin berlatih angkat beban di gym, namun masih merasa takut karena pandemi COVID-19, Anda bisa membeli kettlebell sebagai alat latihan di rumah. Kettlebell adalah alat fitness yang mudah digunakan dan lebih fleksibel dibandingkan alat-alat lainnya. Tak hanya itu, kettlebell juga mempunyai beragam manfaat, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan, ketahanan, dan melatih kardiovaskular. 

Sebelum memilih dan membeli kettlebell ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yuk, simak tips memilih kettlebell terbaik yang telah SFIDN rangkum. 

5 Tips Memilih dan Membeli Kettlebell

sfidn-cara-memilih-kettlebell

Tentukan ukuran yang tepat untuk Anda 

Jika Anda pemula, sebaiknya pilihlah tipe kettlebell dengan ukuran yang ringan. Mulailah dengan beban 8 hingga 16 kilogram. Setelah merasa lebih kuat, Anda dapat menambahkan beban menjadi 20 hingga 24 kilogram. Ukuran tersebut hanya bisa ditentukan oleh Anda. Hal itu disebabkan tingkat ketahanan dan kekuatan tiap orang berbeda-beda. 

Saat melakukan latihan kettlebell swing, snatch, cleans, atau Turkish get-ups, Anda menggunakan tubuh bagian atas dan kaki untuk menopang tubuh. Dengan kata lain, Anda mengaktifkan beberapa otot sekaligus, tak hanya menggunakan satu otot saja seperti saat latihan dumbel. 

Kettlebell besi murah, namun bahan baja lebih tahan lama

Kettlebell terdiri atas dua tipe, yaitu jenis kettlebell besi dan baja. Kettlebell besi biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah dan tersedia beragam ukuran dibandingkan baja. Umumnya, tipe kettlebell baja digunakan dalam kompetisi dan hadir dalam bentuk dan ukuran yang seragam. Hal itu disebabkan jenis kettlebell baja lebih tahan lama dibandingkan besi. 

Ada pula kettlebell yang menawarkan harga lebih terjangkau, seperti kettlebell berbahan dasar vinyl atau plastik. Akan tetapi, kettlebell jenis ini biasanya tidak diproduksi dalam ukuran dan bentuk standar, bahkan kadang-kadang tak ada cukup ruang antara pegangan dan beban bola. Jika ingin menghemat budget, Anda bisa membuat kettlebell dengan benda-benda yang ada di rumah. Namun, hal itu tentunya bisa membahayakan diri karena pegangan lebih riskan patah atau tekstur tangan Anda akan berubah menjadi kasar. 

Pilih kettlebell berdasarkan pegangannya 

Pegangan kettlebell akan membuat latihan Anda mencapai tujuan utama. Tipe kettlebell besi memiliki ukuran pegangan mulai dari diameter 31mm—38mm. Jika Anda pemula, pilihlah kettlebell dengan pegangan di bawah 35mm. Selain itu, pilihlah pegangan dengan tekstur yang tipis. Jika merasa sulit mencarinya, sebaiknya Anda menggunakan kettlebell yang ditujukan untuk kompetisi karena kettlebell tersebut memiliki pegangan yang seragam, yaitu 33mm. 

--- Related Article ---

Cari pegangan yang halus dan kuat 

Pegangan harus ergonomis agar kettlebell tidak mudah terlepas dari genggaman. Tak hanya itu, pegangan kettlebell juga harus memiliki tekstur yang mulus dan nyaman dipegang. Pegangan yang kasar dapat merusak tangan Anda dan biasanya menunjukkan bahwa kettlebell berkualitas rendah. Idealnya, harus ada keseimbangan yang tepat antara cengkeraman dan kehalusan kettlebell.

Pastikan mengetahui cara menggunakan kettlebell

Jika membeli kettlebell dengan tujuan latihan di rumah, sebaiknya Anda mengetahui cara penggunaannya. Anda bisa melihat referensinya di YouTube. Pilihlah gerakan-gerakan yang sesuai dengan tujuan latihan Anda. 


Selain itu, imbangi latihan kettlebell dengan pola makan sehat. Dengan demikian, tubuh akan tetap bugar meskipun latihan di rumah.

 


 
Tags:
#alat olahraga  #Alat Fitness  #kettlebell 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article