sfidn - Tips Menghilangkan Lemak Perut dengan Mudah

Tips Menghilangkan Lemak Perut dengan Mudah

sfidn.com - Lemak perut seringkali mengganggu penampilan. Nyatanya, lemak perut tak hanya berpotensi menurunkan rasa percaya diri, namun juga menurunkan kualitas kesehatan. Lemak perut yang disebut juga dengan lemak visceral merupakan faktor risiko utama diabetes tipe 2, jantung, dan penyakit kronis lainnya. 

Untuk menghilangkan lemak perut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips yang telah SFIDN rangkum. 

 

Cara Menghilangkan Lemak Perut dengan Mudah 

sfidn-cara-mengecilkan-lemak

sumber: endocrineweb.com

 

1. Perbanyak konsumsi serat larut

Serat larut dapat menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat proses makanan melewati sistem pencernaan Anda.

Studi menunjukkan bahwa jenis serat ini mendorong penurunan berat badan dengan membantu merasa kenyang, jadi Anda akan konsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit. Serat jenis ini juga dapat menurunkan jumlah kalori yang diserap tubuh Anda dari makanan. Terlebih lagi, serat larut dapat membantu melawan lemak perut.

Sebuah penelitian dari 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap 10 gram peningkatan asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun sebesar 3,7% selama periode 5 tahun. Jenis-jenis makanan yang mengandung serat larut adalah alpukat, kacang-kacangan, mie shirataki, dan blackberry. 

 

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans merupakan salah satu jenis lemak jenuh. Sebuah studi menemukan bahwa hewan yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak trans memperoleh 33% lebih banyak lemak perut daripada mereka yang makan makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal. 

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Anda, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Beberapa makanan yang mengandung lemak trans adalah krimer dan margarin. 

--- Related Article ---

3. Hindari alkohol 

Alkohol memiliki manfaat kesehatan dalam jumlah kecil, tetapi akan sangat berbahaya jika Anda minum terlalu banyak. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan perut menimbun lemak lebih banyak. 

Penelitian observasi mengaitkan konsumsi alkohol berat dengan peningkatan risiko obesitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa alkohol dapat membantu penimbunan lemak berlebih di sekitar pinggang.

 

4. Konsumsi makanan tinggi protein

Protein adalah nutrisi penting untuk mengontrol berat badan. Asupan tinggi protein dapat meningkatkan pelepasan hormon Peptide YY yang dapat menurunkan napsu makan. Banyak studi observasi menunjukkan bahwa orang yang konsumsi protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang konsumsi makanan rendah protein. Beberapa makanan tinggi protein, antara lain daging, ikan, telur, whey protein, dan kacang. 

 

5. Kurangi konsumsi makanan manis

Gula mengandung fruktosa yang sering dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi berlebihan. Misalnya, penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit hati. 

Untuk mengurangi lemak perut, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi gula putih dan mulailah menggantinya dengan madu alami. 

Itulah cara menghilangkan lemak perut dengan mudah. Selain dengan mengontrol makanan, Anda bisa melakukan olahraga rutin. 


 
Tags:
#lemak perut  #lemak tubuh  #cara menghilangkan lemak perut 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article