sfidn - Tips Sehat Mengolah Masakan Ikan Tanpa Kehilangan Gizinya

Tips Sehat Mengolah Masakan Ikan Tanpa Kehilangan Gizinya

sfidn.com – Ikan adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Tapi, kandungan nutrisi di dalamnya bisa berubah-ubah dari cara kita mengolahnya. Cara mengolah masakan ikan yang keliru tentu saja bisa mengurangi kadar gizi yang ada di dalamnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips sehat dalam mengolah masakan ikan tanpa kehilangan kandungan gizinya.

 

5 Tips Mengolah Masakan Ikan yang Sehat

Setiap jenis ikan mempunyai karakter yang tentu berbeda. Pengolahan teknik memasak ikan yang sesuai akan mampu memaksimalkan kandungan nilai gizi di dalamnya. Berikut ini adalah tips mengolah masakan ikan yang sehat:

 

1. Memanggang

Mengolah ikan dengan cara memanggangnya di klaim sangatlah sehat karena kita tidak harus menggunakan minyak. Yang kita butuhkan hanyalah bumbu rempah-rempah seperti merica, bawang merah, bawang putih, dan perasan jeruk lemon. Tips ini sangat cocok untuk mengolah jenis ikan berminyak seperti ikan tuna, ikan salmon, dll. karena ikan ini mempunyai rasa yang enak dan juga tekstur yang padat sehingga dagingnya tidak mudah hancur saat di panggang sekalipun.

 

2. Mengukus

Tips yang satu ini juga tergolong sehat karena kita tidak akan kehilangan banyak nutrisi ikan saat proses pengolahannya. Selain itu, ikan juga nantinya akan matang secara keseluruhan. Lebih dari itu, mengukus ikan juga akan membuat daging ikan menjadi lebih cepat kering dan kita bisa mendapatkan bentuk daging yang sangat segar. Cara mengolah ini juga cocok untuk berbagai ikan berlemak dan ikan daging putih.

 

3 Menumis

Menumis ikan adalah cara mengolah ikan yang cepat dan tepat. Cara ini pun sangat cocok untuk mengolah daging ikan putih dan beberapa makanan laut seperti udang. Dengan cara ditumis, maka daging ikan akan lebih terasa gurih, dan akan membuat ikan menjadi lebih mudah untuk di konsumsi karena pengunaan minyak menjadi lebih minim. Selain itu, kandungan kalori pada ikan tumis pun sangatlah rendah sehingga akan tepat untuk Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan atau menjaga berat badan.

 

4. Poaching

Mengolah ikan dengan cara poaching juga sangatlah sehat, terlebih lagi jika menggunakan kaldu ikan yang dicampur dengan bawang putih, bawang bombay dan juga beberapa rempah-rempah. Poaching adalah cara mengolah masakan ikan dengan cara di rebus dalam air atau air kaldu panas yang belum mendidih dengan suhu rata-rata sekitar 7-82 derajat celcius. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengolah daging yang bertekstur lembut seperti halnya ikan kod, ikan halibut, ikan tuna berekor kuning, dan juga ikan mujair. Ikan yang matang akan berubah menjadi lebih terang.

 

--- Related Article ---

 

5. Mengolah dengan Microwave

Mengolah ikan menggunakan microwave adalah cara yang paling cepat dan praktis. Adanya hawa panas yang di keluarkan dalam microwave juga cenderung lebih rendah sehingga kita tidak akan kehilangan lebih banyak nilai gizi. Telah banyak penelitian yang melaporkan bahwa mengolah masakan menggunakan microwave bisa mencegah berkurang atau menghilangnya asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan. Oleh karenanya, cara mengolah masakan ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda.

 

Tips mengolah masakan ikan diatas secara otomatis mampu membantu memertahankan  nilai gizi dan juga mampu mencegah terjadinya pembentukan senyawa berbahaya. Keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda mengolah ikan dengan cara dipanggang, dikukus, ditumis, poaching dan menggunakan microwave. Selain itu, perhatikan juga berbagai bahan yang digunakan selama mengolah ikan. Sebisa mungkin hindarilah menggunakan minyak, gula, dan garam secara berlebihan.

 

Referensi:

  1. https://www.wcrf-uk.org/uk/recipes/5-ways-cook-fish
  2. https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-way-to-cook-fish
  3. https://www.verywellfit.com/healthy-ways-to-cook-fish-2507026
  4. https://www.livestrong.com/article/409402-healthiest-ways-to-cook-fish/
  5. https://www.shape.com/healthy-eating/cooking-ideas/5-healthiest-ways-cook

 
Tags:
#ikan  #Tips dan Trik  #olahan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article