sfidn - 15 Buah Antioksidan Tinggi untuk Cegah Kerusakan Otot

15 Buah Antioksidan Tinggi untuk Cegah Kerusakan Otot

sfidn.com – Buah yang mengandung antioksidan tinggi sangat bagus untuk mencegah kerusakan otot akibat radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh.

 

15 Buah Antioksidan Tinggi untuk Cegah Kerusakan Otot

Ketika otot bekerja keras selama latihan fisik yang intens, produksi radikal bebas pun turut meningkat dan jika tidak segera dibuang maka akan menyebabkan kerusakan oksidatif atau permanen pada sel-sel otot.

Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan, Anda dapat mencegah kerusakan otot sekaligus meningkatkan pemulihan pasca latihan, mengurangi risiko cedera, dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Buah Antioksidan Tinggi

Salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah buah-buahan. Kira-kira, buah apa saja yang dapat membantu Anda mencegah kerusakan otot? Berikut daftarnya:

 

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu sumber antioksidan yang paling tinggi di antara buah lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

 

2. Raspberry

Raspberry juga mengandung jumlah antioksidan yang signifikan, terutama flavonoid dan vitamin C. Buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan memiliki potensi anti-kanker.

 

3. Blackberry

Blackberry adalah sumber antioksidan yang baik terutama anthocyanin dan vitamin C. Konsumsi blackberry juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mendukung kesehatan sistem pencernaan. Tentu saja ini bagus dikonsumsi setelah anda melakukan latihan yang intens.

 

4. Stroberi

Buah antioksidan tinggi berikutnya masih dari kalangan beri, yaitu stroberi yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan antioksidan seperti Vitamin C, flavonoid, dan anthocyanin. 

Mengonsumsi stroberi secara teratur mampu menjaga kesehatan jantung, keseimbangan gula darah, dan perlindungan terhadap kerusakan sel-sel tubuh termasuk otot.

 

5. Goji Berry

Goji berry telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan dikenal sebagai superfood karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah ini mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk beta-karoten, zeaxanthin, dan polisakarida yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi hati.

 

6. Kiwi

Buah antioksidan tinggi berikutnya adalah kiwi. kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, dan flavonoid yang mana semua itu merupakan antioksidan penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah kerusakan otot. 

Konsumsi kiwi secara teratur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit pernapasan, dan mendukung kesehatan kulit.

 

7. Delima

Delima kaya akan polifenol, terutama punicalagin yang merupakan salah satu dari sekian jenis antioksidan yang terdapat dalam makanan. Buah ini dapat menjaga kesehatan secara signifikan, mulai dari perlindungan terhadap penyakit jantung, perbaikan fungsi memori, dan potensi anti-kanker.

 

8. Jeruk

Buah jeruk pun kaya akan antioksidan, yaitu Vitamin C yang mana dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, meningkatkan penyerapan zat besi, dan mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

 

9. Apel

Apel mengandung flavonoid, quercetin, dan vitamin C. Tidak hanya mencegah kerusakan otot, mengonsumsi apel secara teratur juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, mencegah asma, dan menjaga pencernaan.

 

10. Plum

Plum mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Buah ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, dan mendukung pencernaan yang sehat.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat antioksidan yang lebih tinggi lagi, cobalah mengonsumsi plum kering yang bernama prune.

 

11. Alpukat

Selain mengandung lemak, alpukat juga tinggi vitamin E dan glutation yang merupakan dua antioksidan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. 

Selain itu, alpukat juga kaya akan lemak sehat dan serat yang baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Bahkan, menjadi salah satu buah yang direkomendasikan dalam diet sehat.

 

12. Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, yaitu sejenis polifenol yang merupakan antioksidan yang kuat. Tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak tapi buah ini juga mampu mencegah peradangan yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otot.

 

13. Tomat

Tomat juga menjadi buah yang mengandung antioksidan tinggi berjenis likopen yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Likopen telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap kanker, peningkatan kesehatan kulit, dan pengurangan risiko penyakit jantung.

 

14. Semangka

Tidak ingin otot Anda rusak? Cobalah mengonsumsi buah semangat setelah berlatih karena kandungan likopen dan Vitamin C dapat membuang radikal bebas dalam tubuh yang akan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif sekaligus mencegah terjadinya dehidrasi dan berbagai penyakit kronis.

 

15. Cokelat

Buah cokelat yang belum diolah adalah sumber antioksidan yang tinggi. Tidak hanya memberikan efek anti inflamasi, buah ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus serta meningkatkan respon imun tubuh.

Maka dari itu, tidak aneh jika rutin mengonsumsi cokelat dapat membantu Anda mencegah kerusakan pada otot maupun sel-sel penting lainnya yang ada di dalam tubuh.

 

Dengan banyaknya buah yang mengandung antioksidan tinggi, Anda bisa memiliki pilihan yang lebih beragam untuk mencegah otot dari kerusakan permanen sekaligus menghindari kebosanan akibat mengonsumsi buah yang sama setiap harinya.

Jadi, jangan lupa untuk secara bergantian mengonsumsi ke-15 buah di atas, ya!

 

--- Related Article ---


Referensi:

  • Health, (2023), The Top 12 Foods High in Antioxidants
  • Eatingwell, (2023), The 6 Best Antioxidant-Rich Fruits to Reduce Inflammation, According to a Dietitian
  • Emedicine Health, What Foods Have the Highest Antioxidants? 30 Top Healthy Foods
     

 
Tags:
#buah  #otot  #Antioksidan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article