sfidn - 24 Istilah dalam Olahraga Renang, Mulai dari Gaya Dada Hingga Aerodinamika

24 Istilah dalam Olahraga Renang, Mulai dari Gaya Dada Hingga Aerodinamika

sfidn.com – Meski telah menjadi sarana hiburan paling populer bagi masyarakat namun sejatinya renang termasuk ke dalam cabang olahraga yang sering diikutsertakan dalam perlombaan.

Bahkan, berbagai istilah dan teknik dalam olahraga renang pun diperkenalkan oleh para pengajar di institusi Pendidikan sebagai pengetahuan umum bagi para muridnya.

Supaya Anda dapat memahami cabang olahraga ini dengan lebih baik, berikut adalah beberapa istilah dalam renang yang perlu Anda ketahui. 

 

Baca Juga: 

Latihan Isometrik yang Efektif Menunjang Program Kebugaran Anda

 

24 Istilah dalam Olahraga Renang

Renang adalah olahraga air yang melibatkan pergerakan tubuh dari satu titik ke titik lain. Ini adalah olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan mental karena melibatkan seluruh otot dalam tubuh untuk bergerak secara aktif. 

Dengan rutin melakukan olahraga renang, Anda dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan pernapasan. Bahkan beberapa orang ada yang menyangkutpautkan latihan ini dengan peningkatan tinggi badan. 

Berenang bisa dilakukan sebagai hiburan atau rekreasi dan bisa pula sebagai olahraga yang lebih kompleks. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui berbagai macam istilah umum dalam cabang olahraga renang untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian jika diperlukan. 

Berikut adalah penjelasan dari 24 istilah dalam olahraga renang, mulai dari gaya dada, gaya punggung, hingga aerodinamika. 

 

1. Perenang

Perenang adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang ahli berenang atau berpartisipasi dalam olahraga renang.

 

2. Perlengkapan Renang

Perlengkapan renang adalah alat-alat yang dibutuhkan saat berenang, seperti pakaian renang, kacamata renang, penutup telinga, serta topi renang untuk mengurangi resistensi air dan memberikan perlindungan ekstra. 

 

3. Gaya Bebas (Freestyle)

Gaya bebas atau freestyle adalah salah satu dari empat gaya yang umumnya dipraktekkan dalam olahraga renang. Teknik ini membolehkan Anda menggerakan kaki dan tangan sesuka hati agar badan dapat meluncur cepat. 

Namun, umumnya, orang yang melakukan teknik gaya bebas akan menjaga badan agar tetap di atas permukaan air sedangkan tangannya membentuk gerakan mengayuh dan kakinya seperti menendang air atau pun menggunting.   

 

4. Gaya Punggung (Backstroke)

Gaya punggung atau backstroke adalah teknik berenang dengan mengambil posisi terlentang di atas air sambil memutarkan tangan ke atas lalu ke bawah dan kaki bergerak mengayun. 

 

5. Gaya Dada (Breaststroke)

Gaya dada (breaststroke) atau yang disebut juga gaya katak adalah salah satu teknik renang yang dilakukan dengan menghadapkan dada ke permukaan air, sedangkan tangan dan kaki membuat gerakan melebar seperti memutar ke samping secara bergantian.  

 

6. Gaya Kupu-kupu (Butterfly)

Gaya kupu-kupu (butterfly) disebut juga sebagai gaya lumba-lumba adalah teknik renang yang memerlukan sinkronisasi tinggi antara gerakan tangan dan kaki. 

Perenang melakukan gerakan tangan mirip sayap kupu-kupu dengan cara mengayunkannya dari belakang ke depan. Sedangnya kaki akan bergerak seperti ekor lumba-lumba, yaitu dengan mengayunkan kedua kaki ke atas dan ke bawah secara bersamaan. 

 

7. Start

Start dalam olahraga renang merujuk pada awal perlombaan di mana perenang melompat dari pinggiran kolam ke dalam air. 

 

8. Pool Length

Pool length adalah istilah yang merujuk pada jarak kolam renang, seperti "kolam 25 meter" atau "kolam 50 yard." Ini akan menentukan berapa banyak putaran atau jarak dalam satu lap ketika perlombaan sedang berlangsung. 

 

9. Seragam Renang

Seragam renang adalah pakaian khusus yang dikenakan oleh perenang biasanya terbuat dari kain yang ringan dan aerodinamis.

 

--- Related Article ---

 

10. Pelatih Renang

Pelatih renang adalah orang yang melatih orang lain agar pandai berenang, entah itu dalam hal teknik, strategi, maupun kebugaran fisik untuk meningkatkan performa saat berada di dalam air.

 

11. Kolam Renang

Kolam renang adalah area yang diisi air yang digunakan sebagai tempat berlatih berenang atau pun melakukan kompetisi. 

 

12. Warming Up

Istilah warming up dalam olahraga renang merupakan serangkaian gerakan atau latihan ringan yang dilakukan sebelum berenang untuk mempersiapkan otot dan tubuh agar tidak kaku, kram, atau pun cedera. 

 

13. Cooldown

Cooldown adalah serangkaian gerakan atau latihan ringan yang dilakukan setelah olahraga atau pun berenang agar tubuh dapat pulih secara perlahan dan mengurangi risiko cedera.

 

14. Flip Turn

Flip turn adalah teknik yang digunakan ketika perenang mencapai ujung kolam saat berenang gaya bebas atau gaya punggung. Mereka melakukan gerakan memutar cepat untuk mengubah arah tanpa keluar dari air.

 

15. Wall Turn

Mirip dengan flip turn, wall turn ini digunakan dalam gaya dada dan kupu-kupu untuk mengubah arah di ujung kolam.

 

16. Lap

Istilah lap dalam olahraga renang adalah jarak yang ditempuh oleh perenang dari satu ujung kolam ke ujung kolam yang lain. Jarak ini bervariasi tergantung pada jenis perlombaan yang sedang berlangsung.

 

17. Timming

Timming adalah teknik yang digunakan untuk mengatur ritme pernafasan saat berenang. Perenang harus mengatur pola pernapasan mereka agar dapat menjaga kelancaran gerakan dalam air.

 

18. Turning Point

Turning point adalah ujung kolam tempat perenang melakukan flip turn atau wall turn untuk mengubah arah.

 

19. Starter

Starter dalam olahraga renang adalah orang yang memberikan isyarat untuk memulai perlombaan dengan menggunakan pistol atau tanda lainnya.

 

20. Did Not Finish

Did not finish atau DND adalah singkatan yang digunakan jika seorang perenang tidak menyelesaikan perlombaan. Biasanya karena alasan kesehatan atau teknis.

 

21. Disqualified

Disqualified adalah istilah yang digunakan jika seorang perenang telah melakukan pelanggaran dalam perlombaan sehingga dirinya dinyatakan tidak sah atau didiskualifikasi dari perlombaan.

 

22. Touchpad

Touchpad dalam olahraga renang adalah sebuah perangkat elektronik yang berada di ujung kolam yang digunakan untuk merekam waktu saat perenang menyentuhnya di akhir perlombaan.

 

23. Relay

Relay adalah jenis perlombaan di mana tim berenang bersama-sama dan bergantian untuk menyelesaikan jarak tertentu. Perenang dalam tim harus melakukan pergantian dengan menyentuh dinding di ujung kolam.

 

24. Aerodinamika

Aerodinamika adalah prinsip yang digunakan dalam olahraga renang untuk mengurangi hambatan udara dan air sehingga membantu perenang bergerak lebih cepat.

 

Tidak sulit kan untuk memahami berbagai istilah dalam olahraga renang. Sekarang, waktunya bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan berenang, selain sebagai salah satu bentuk latihan fisik dan mental tapi juga sebagai investasi keselamatan di dalam air. Selamat mencoba! ***
 


 
Tags:
#berenang  #renang 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article