sfidn - 4 Alasan Kenapa Anda Sulit Melakukan Push-Up

4 Alasan Kenapa Anda Sulit Melakukan Push-Up

sfidn.comPush-up adalah salah satu jenis latihan yang bisa dilakukan dimana dan kapan saja dengan tanpa memerlukan alat. Tapi, ada beberapa orang yang ternyata kesulitan dalam melakukan gerakan ini. Kenapa bisa seperti itu? Temukan jawabannya di bawah ini.

 

Alasan Kenapa Anda Sulit Melakukan Push-Up

Secara teknis, push-up adalah gerak latihan yang memanfaatkan otot tubuh atas, dan bawah. Maka tidak heran jika Anda kesulitan dalam melakukan push-up secara benar, terlebih lagi jika tanpa ada yang mengawasi atau di dampingi oleh personal trainer. Selain karena gerakan atau posisi yang salah, ternyata ada alasan lain kenapa Anda sulit melakukan push-up, yaitu:

 

1. Anda Memiliki Masalah Persendian

Alasan kenapa Anda sulit melakukan push-up kemungkinannya adalah Anda memiliki masalah persendian dan cedera pada otot tendon Anda. Cedera otot tendon atau istilahnya adalah osteoartritis, tendinitis, sering terjadi di lengan, siku dan bahu. Itulah yang membuat Anda sulit melakukan push-up. Dikutip dari laman resmi Arthritis Foundation, cedera otot tendon bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena cedera latihan olahraga. Jadi jika memang otot lengan, siku atau otot bahu Anda terasa nyeri dan kaku saat melakukan push-up, maka jangan lanjutkan latihan ini dan istirahatkan sendi Anda dengan cara mengompres sendi dengan air dingin atau batu es. Namun, jika Anda tidak kunjung pulih, maka Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau berhenti melakukan latihan push-up

 

2.Tubuh yang Terlalu Gemuk

Untuk mereka atau Anda yang memiliki tubuh terlalu gemuk, kemungkinan Anda akan kesulitan dalam menahan dan mendorong berat badan saat melakukan latihan push-up, hal itu dikarenakan sendi Anda terlalu banyak menahan beban dari yang seharusnya.

Namun, sulitnya melalukan push-up sebenarnya tidak hanya dirasakan oleh orang gemuk, tapi juga pada mereka yang memiliki perut buncit. Kenapa? Karena pada umumnya perut mereka memiliki timbunan lemak yang sangat banyak, kondisi tersebut sangat menyulitkan posisi tubuh saat melakukan push-up. Selain timbunan lemak di perut, timbunan lemak di punggung juga akan menyulitkan tubuh dalam memosisikan gerakan push-up yang benar, sehingga menjadi sangat kesulitan.

 

3. Posisi Tubuh yang Salah

Untuk Anda yang memang sudah sering melakukan latihan olahraga, namun masih kesulitan dalam melakukan push-up, maka penyebab utamanya adalah posisi tubuh yang salah saat melakukan push-up. Gerakan ini memang tidak memerlukan alat, namun gerakan push-up memerlukan kekuatan dan hubungan otot yang baik dengan otot lainnya, mulai dari otot trisep, otot dada, hingga otot bahu. Selain itu, Anda juga memerlukan keseimbangan tubuh yang baik,  siku yang melebar, tangan tidak menempel di lantai dan otot pinggul yang tidak aktif adalah ciri yang salah dalam melakukan push-up. Jadi, jika Anda kesulitan dalam melakukan push-up, coba perhatikan lagi posisi tubuh Anda, apakah ada yang salah? Jika Ada segera benahi dan coba lakukan push-up lagi.

 

--- Related Article ---

 

4. Wanita Memiliki Kekutan Otot Atas yang Lebih Sedikit

Berbeda dengan pria, ternyata penelitian telah membuktikan bahwa otot tubuh bagian atas para wanita lebih sedikit dibandingkan dengan pria, maka tidak heran para wanita menjadi kesulitan dalam melakukan push-up, walau posisi tubuhnya sudah benar. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Exercise Science melaporkan bahwa wanita hanya memiliki 50% kekuatan otot tubuh bagaian atas karena serat otot mereka memang lebih kecil dan sedikit. Selain itu, karena kurangnya penyebaran otot pada tubuh bagian atas, maka otot dada dan bahu para wanita menjadi terlihat lebih kecil dibandingkan pria. Itulah kenapa para wanita lebih sulit melakukan push-up.

 

Itulah ke 4 alasan kenapa Anda kesulitan dalam melakukan gerakan push-up. Semoga membantu, dan tetap semangat dalam berlatih.

 

Referensi:

  1. https://www.arthritis.org/about-arthritis/types/osteoarthritis/causes.php
  2. https://www.self.com/story/heres-exactly-how-to-do-a-push-up-correctly
  3. https://www.livestrong.com/article/398641-why-cant-some-people-do-pushups/
  4. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323640.php#which-muscles-do-pushups-work
  5. https://digitalcommons.wku.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1582&context=ijes

 
Tags:
#otot dada  #Latihan Otot Dada  #Push Up  #Gerakan Push Up 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article