4 Makanan Tinggi Serat Untuk Bantu Diet Sehat

sfidn.com - Pada dasaranya, terdapat banyak sekali jenis makanan berserat di sekitar kita yang bisa membantu program diet sehat. Manfaat serat pada tubuh sangatlah banyak sekali, mulai dari membantu menurunkan berat badan, hingga melancarakan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Untuk membantu program penurunan berat badan, makanan tinggi serat sangat penting untuk membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga berat badan yang diinginkan pun bisa tercapai. Namun, adakah makanan berserat tinggi yang bisa kita temukan dengan mudah? Apa saja makanan tersebut? dan berapa banyakkah yang harus di konsumsi?

 

Beberapa Tips dalam Mengonsumsi Makanan Berserat untuk Program Diet

Sebelum Anda memilih jenis makanan berserat, disarankan agar Anda memperhatikan 3 tips sederhana ini:

 

  1. Hindari ketergantungan pada 1-2 jenis makanan dalam menjalankan diet. Menu diet yang bervariasi dan tetap kaya akan serat akan lebih mampu memaksimalkan kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda.
  2. Jika Anda mengonsumsi sumber makanan dari buah dan sayuran organik, maka konsumsilah bersamaan dengan kulitnya yang sudah di cuci bersih. Karena kulit buah juga ternyata memiliki nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.
  3. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat, karena bisa menimbulkan masalah perut kembung.

 

4 Makanan Tinggi Serat

Unutuk Anda yang sedang menjalankan program diet sehat, rekomendasi 4 makanan tinggi serat ini bisa Anda pilih untuk menu makan harian Anda.

 

1. Kentang

Selain kaya akan serat, kentang juga tidak memiliki kandungan natrium, kolesterol, apalagi lemak. Kentang sangat kaya akan kalium dan vitamin C. Namun, lebih disarankan untuk mengonsumsi kentang secara di kukus atau direbus, bukan di goreng.

 

2. Alpukat

Buah ini merupakan buah favorit mereka yang sedang menjalani program diet. Buah Alpukat tercatat memiliki kandungan serat sebanyak 10 gram per buahnya. Berbagai kandungan nutrisi pada buah ini juga sangat bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel darah merah, mencegah terjadinya anemia, hingga merawat kecantikan kulit.

 

3. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat bernama beta glucan yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat pada oatmeal juga memiliki dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

 

--- Related Article ---

 

4. Sayur Pare

Walaupun pare memiliki rasa yang pahit, namun pare memiliki nutrisi yang sangat banyak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Para juga memiliki kandungan asam amino, vitamin C, kalsium, dan keratin. Selain itu, pare juga memiliki kandungan serat sebanyak 0,8 gr per 100 gr pare.

 

Selain 4 makanan diatas, masih banyak lagi sumber makanan lain yang sangat aya akan serat, seperti sayuran hijau, kacang almond, kacang kedelai, pisang, pepaya, beras merah, apel, buah berry, mangga, dan juga buah pir. Itulah beberapa makanan tinggi serat yang bisa Anda pilih untuk membantu program diet sehat Anda, semoga bisa lebih bermanfaat.

 

Tags:
#nutrisi  #serat larut air  #serat tidak larut air 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail