sfidn - 5 Buah yang Mengandung Lemak Sehat, Aman untuk Kesehatan

5 Buah yang Mengandung Lemak Sehat, Aman untuk Kesehatan

sfidn.com – Tidak hanya vitamin, serat, dan mineral, beberapa jenis buah juga mengandung lemak sehat yang bagus bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

 

5 Buah yang Mengandung Lemak Sehat, Aman untuk Kesehatan

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pola makan sehat, banyak orang yang mulai peduli dengan kandungan nutrisi dalam makanan mereka, termasuk buah-buahan. Salah satu pertanyaan pun muncul, yaitu apakah ada buah yang mengandung lemak?

Nyatanya, ada banyak buah yang mengandung lemak. Namun, perlu dicatat bahwa jenis lemak yang terdapat dalam buah-buahan umumnya adalah lemak tidak jenuh tunggal dan tidak jenuh ganda atau yang kita kenal sebagai lemak sehat.

 

Apa Itu Lemak Sehat?

Lemak sehat adalah jenis lemak yang penting bagi kesehatan tubuh manusia karena terdiri dari asam lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6 serta asam lemak tunggal tak jenuh, seperti asam oleat yang ditemukan dalam minyak zaitun.

Perlu Anda ketahui bahwa lemak memiliki peran penting dalam beberapa fungsi tubuh manusia, seperti menyediakan sumber energi, membantu penyerapan vitamin tertentu (seperti Vitamin A, D, E, dan K), mendukung fungsi otak, serta menjaga struktur sel dan sistem saraf. 

Oleh karena ini, Anda harus memilih makanan dengan cermat, terutama jika itu berhubungan dengan kandungan lemak.

Jangan sampai Anda memilih jenis lemak jahat yang merugikan tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL yang memicu berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, jantung, stroke, dll.

 

Baca Juga:

Selain Minyak Ikan, 4 Jenis Minyak Ini Juga Mengandung Omega 3 yang Tinggi

 

5 Buah yang Mengandung Lemak Sehat

Buah dikenal sebagai makanan yang sehat dan beberapa di antaranya mengandung lemak sehat yang aman dan bagus untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah lima buah yang mengandung lemak sehat:

 

1. Buah Alpukat

Buah yang mengandung paling banyak lemak sehat adalah Alpukat. Tentunya ini tidak mengherankan jika menilai dari segi rasanya yang mirip dengan mentega.

Jenis kandungan lemak dalam Alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang tentunya baik untuk kesehatan jantung. Buah ini juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Setengah buah Alpukat California saja sudah mengandung 11 gram lemak (8 gram lemak sehat) yang mampu membantu Anda menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, Alpukat juga mengandung potasium yang tinggi dibandingkan pisang sehingga menjadikannya makanan atau cemilan yang tepat untuk pemulihan pasca latihan.

 

2. Buah Kelapa

Buah eksotis yang mengandung lemak sehat berikutnya adalah Kelapa. Buah ini mengandung asam lemak rantai sedang yang disebut MCT (medium-chain triglycerides) yang dapat memberikan energi dengan cepat dan dianggap lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Konsumsi daging kelapa utuh atau santan yang segar untuk mendapatkan kandungan lemak yang sehat. Hindari memanaskannya karena dapat merubah struktur lemak yang akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

 

3. Buah Zaitun

Zaitun dikenal sebagai buah yang mengandung lemak sehat dan sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi dan Vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit.

Anda dapat memakan buahnya secara langsung atau dikeringkan terlebih dahulu atau bisa juga menambahkan minyak zaitun ke dalam hidangan lainnya.

 

4. Kenari

Meski masuk ke dalam golongan kacang tapi buah kenari juga merupakan sumber lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat), terutama asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung.

 

5. Buah Durian

Percayakah Anda jika Durian termasuk ke dalam buah yang mengandung lemak sehat? Faktanya, ini adalah kebenaran yang harus kita rayakan.

Buah yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara ini mengandung 5 gram lemak tak jenuh per 100 gram sajian. Selain itu, Durian mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak di mana ini berhubungan dengan peningkatan suasana hati.

 

Apa Saja Buah yang Rendah Lemak?

Stroberi, melon, dan pepaya adalah buah dengan kandungan lemak yang rendah. Namun, buah-buahan ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang esensial untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mereka tetap menjadi pilihan yang baik sebagai bagian dari pola makan sehat.

 

Dengan memahami jenis lemak dalam buah-buahan dan manfaatnya, Anda dapat membuat pilihan makanan yang lebih cerdas untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Konsumsi buah yang mengandung lemak sehat dan buah-buahan rendah lemak agar dapat membantu mencapai keseimbangan nutrisi yang diperlukan.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • How to Be Fit, 4 Health Fats form Fruits
  • Tools My Food Data, Nutrient Ranking Tool
  • Souper Sage, Top Fruits High in Total Fat
     

 
Tags:
#buah  #lemak sehat  #Lemak 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article