sfidn - 5 Gerak Latihan yang Harus di Hindari Para Lansia Usia 50

5 Gerak Latihan yang Harus di Hindari Para Lansia Usia 50

sfidn.com – Banyak sekali orang tua yang ingin tubuh nya tetap bugar dan fit walau di usia senja dengan melakukan berbagai latihan kebugaran layaknya anak muda. Tapi ternyata, tidak semua jenis latihan bisa di lakukan oleh orang tua, khususnya yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Walaupun begitu, masih ada latihan lainnya yang bisa dan baik di lakukan oleh orang tua, bahkan latihan tersebut selalu disarankan oleh dokter.

5 Latihan yang Wajib Dihindari oleh Orang Tua

Usia yang bertambah selalu di iringi dengan penyusutan massa otot dan kekuatan otot. Penelitian telah menunjukan bahwa penyusutan otot akan mulai berkurang di usia 30 tahun keatas sekitar 3-8 % per dekade. Tentunya kenaikan ini akan terus meningkat, khususnya stelah berumur 60 tahun. Untuk itu, agar bisa terhindar dari cedera yang berbahaya, berikut ini adalah beberapa gerakan yang wajib Anda hindari jika telah berusia 50 tahun ke atas.

1. Deadlifts

Latihan deadlift tergolong ke dalam latihan berintensitas tinggi. Mereka yang berusia 50 tahun ke atas sangat rentan akan cedera yang menyerang lutut maupun tulang belakang jika melakukan latihan deadlift. Untuk itu, cobalah melakukan latihan lain yang lebih aman.

2. Bench Press

Gerakan ini akan sangat cocok untuk mereka yang masih muda demi membentuk tubuh yang ideal. Namun, gerakan ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena jika dilakukan sembarangan bisa mengakibatkan cedera pergelangan tangan, bahu, hingga dada. Terlebih lagi jika sudah berusia lanjut, maka tingkat risiko terkena cederanya akan sangat meningkat.

3. Leg Press

Leg press adalah jenis latihan yang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan lutut. Namun, latihan ini tidak cocok untuk Anda yang sudah berusia lanjut, karena bisa meningkatkan risiko cedera otot ligamen dan otot tendon di area sendi lutut. Terlebih lagi, jika Anda memiliki riwayat asam urat, dan radang sendi.

4. Squat

Seperti yang kita tahu, latihan ini sangat banyak memanfaatkan otot sendi. Oleh karenanya, latihan ini harus di hindari oleh mereka yang sudah berusia 50 tahun keatas dan mereka yang memiliki penyakit osteoarthritis, serta cedera lutut, karena latihan ini akan semakin memperburuk kondisi.

--- Related Article ---

 

5. Lat Pull-Down

Mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas juga sangat disarankan untuk menghindari latihan ini. Gerak latihan yang memanfaatkan tumpuan beban pada sendi dan otot secara bersamaan bisa menarik beban di punggung, sehingga akan meningkatkan risiko cedera sendi bahu.

Itulah ke 5 gerakan yang harus dihindari oleh para lansia berusia 50 tahun ke atas. Selain bisa meningkatkan cedera, melakukan latihan terebut juga akan memberikan tekanan beban yang lebih tinggi daripada kemampuan massa otot. Selama masih ada latihan lain yang lebih aman untuk tulang, sendi, dan otot, maka hindari lah latihan diatas. Terima kasih, semoga bermanfaat.


 
Tags:
#workout  #latihan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article