sfidn - 5 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

5 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

sfidn.com - Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk memaksimalkan pemulihan dan peningkatan massa otot. Namun, sering kali kita sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang sudah disarankan oleh para ahli, yaitu sekitar 7 hingga 9 jam. Kualitas tidur yang baik juga bisa memengaruhi hormon produksi tubuh atau Human Growth Hormone yang berperan penting dalam peningkatan massa otot. Kurangnya waktu tidur juga akan membuat tubuh sulit menurunkan kadar lemaknya. Beruntungnya, ada beberapa jenis makanan yang mampu membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Inilah 5 jenis makanan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Jenis-jenis Makanan Untuk Bantu Kualitas Tidur

1. Ikan Salmon

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan salmon 3 kali seminggu selama 6 bulan lamanya mampu mencapai deep sleep yang lebih cepat daripada mereka yang mengonsumsi daging ayam ataupun sapi. Para penikmat ikan salmon ini juga memiliki denyut jantung yang lebih stabil dan memiliki jumlah vitamin D tinggi dalam tubuhnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kekurangan vitamin D berdampak negatif pada kualitas serta kuantitas tidur kita. Selain ikan salmon, Anda juga bisa mengonsumsi ikan sarden, ikan makarel, dan ikan berlemak sehat lainnya atau oily fish.

2. Polong-Polongan

Sumber makanan lainnya yang mampu membantu tidur lelap Anda adalah polong-polongan. Makanan ini adalah sumber makanan berserat yang setiap setengah cangkirnya memiliki kandungan serat sebesar 15 gram. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 dan dilakukan di Columbia Medical School  menjelaskan bahwa diet tinggi serat mampu membantu tubuh lebih lama berada dalam keadaan gelombang lambat, sebuah tingkatan tidur nyenak yang bersifat restoratif untuk tubuh.

3 Meminum Jus Ceri Tart

Ternyata, jus ceri tart juga mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur kita. Hal tersebut dikarenakan adanya senyawa melatonin dalam buah yang biasanya memang digunakan dalam bahan pembuatan kue tart guna menangkal insomnia. Melatonin adalah hormon yang mampu mendukung tubuh untuk bisa tidur nyenyak. Untuk itu pilihlah 100% buah ceri dan hindari buah ceri yang memiliki kandungan banyak filler.

4. Kacang Kedelai

Salah satu senjata rahasia yang ampuh untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas adalah Isoflavon dan kandungan ini bisa kita temukan pada kacang kedelai. Sebuah penelitian yang di terbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa asupan tinggi isoflavon erat kaitannya dengan peningkatan kualitas dan durasi tidur. Isoflavon sendiri memiliki efek estrogenik yang ringan yang berperan penting dalam pengendalian tidur tubuh, maka masuk akal bila asupan tinggi isoflavon mampu memperbaiki kualitas tidur.

--- Related Article ---

5. Pistacio

Pistacio memliki kandungan protein, lemak sehat dan juga serat. Dengan mengonsumsi segenggam pistacio setiap hari, maka kualitas tidur Anda perlahan-lahan akan membaik. Kacang yang berwarna kulit hijau ini juga memiliki kandungan Vitamin B6, suatu vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi hormon melatonin dan serotonin.

Itulah beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan kualitas tidur Anda. Jenis makanan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di pusat perbelanjaan atau mini market terdekat, jadi jangan lupa untuk memasukannya ke keranjang belanjaan, yah.


 
Tags:
#makanan sehat  #nutrisi  #tidur berkualitas 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article