sfidn - 6 Tips Cara Menggunakan Treadmill yang Benar untuk Pemula

6 Tips Cara Menggunakan Treadmill yang Benar untuk Pemula

sfidn.com - Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk manusia. Salah satu kegiatan olahraga yang sangat difavoritkan, karena sangat mudah yaitu treadmill. Anda tidak perlu berpergian terlalu jauh atau mengeluarkan tenaga terlalu besar.
 

Tips Menggunakan Treadmill yang Benar

 

Bagi yang ingin memulai olahraga, ketahui dulu tips cara menggunakan treadmill yang benar agar tidak menyebabkan cedera apalagi kecelakaan.
 

Apa itu Alat Treadmill?


Treadmill merupakan sebuah alat, yang umumnya digunakan untuk membantu seseorang, agar dapat berolahraga tanpa harus keluar rumah. Alat ini, dapat membantu mengeluarkan lemak serta kalori yang ada di dalam tubuh.

Selain itu treadmill, dapat membantu seseorang untuk bergerak, seperti berjalan kaki, berlari hingga jalan cepat yang bisa disesuaikan dengan kecepatan. Kelebihan yang bisa didapatkan lainnya, yaitu anda bisa berolahraga di dalam ruangan saja.

Namun ternyata ada beberapa tips atau cara yang harus dilakukan sebelum menggunakan alat treadmill dengan benar agar tidak cedera, terutama untuk para pemula :
 

  1. Pelajari Tombol/Fitur Treadmill

Hal pertama sebelum memutuskan untuk menggunakan alat treadmill cobalah ketahui terlebih dahulu tombol yang ada pada alat tersebut. Umumnya masing-masing merek ataupun jenis alat yang memiliki tombol dengan fitur yang tidak sama.

 Misalnya saja beberapa alat treadmill modern sudah dilengkapi dengan jarak tempuh, detak jantung, hingga kalori yang telah terbakar. Selain itu ada juga tombol pause stop dan juga start pada treadmill yang digunakan untuk membantu penggunanya. Agar bisa menyesuaikan kecepatan serta jarak treadmill.
 

  1. Pemanasan Ringan

Hal yang harus dilakukan sebagai salah satu tips cara menggunakan treadmill yang benar yaitu dengan melakukan pemanasan ringan. Walaupun kegiatan ini berada di dalam ruangan tetapi treadmill bisa menjadi olahraga yang cukup berat loh.

Untuk itu jangan sembarangan dan tetap melakukan pemanasan, agar kaki tidak kram atau tidak mengalami cedera. Anda tidak langsung melakukan setting pada alat treadmill namun. Cobalah untuk menggunakan kecepatan yang paling rendah minimal lima menit hingga 10 menit.
 

  1. Gunakan Jasa Trainer

Apabila masih merasa ragu ataupun takut untuk menggunakan treadmill? Maka anda dapat menggunakan jasa trainer ataupun para olahragawan yang telah ahli di bidangnya. Bukan hanya memahami alat treadmill, namun mereka juga bisa membantu anda, untuk mendapatkan program atau kecepatan lari yang sesuai dengan kemampuan tubuh.

Mengingat masing-masing orang pasti memiliki toleransi yang berbeda misalnya saja sebagian orang mampu berlari di atas alat treadmill selama 30 menit. Namun ada juga yang hanya memakan waktu 10 menit. Sudah cukup bisa membakar banyak kalori dan lemak dalam tubuh.
 

--- Related Article ---
 
  1. Jangan Pegang Handrail

Hal lainnya yang sering terjadi dan ternyata salah yaitu berlari sambil memegang handrail. Pada treadmill beberapa orang beranggapan, bahwa sambil berpegangan akan memaksimalkan gerak ataupun olahraga yang mereka lakukan. Ternyata hal ini bisa menyebabkan kecelakaan ataupun cedera.

Untuk itu pastikan tumbuh tegak lurus tidak perlu bersandar ke depan ataupun ke belakang, serta diperbolehkan untuk memegang handrail pada awal gerakan. Namun setelah berlari cobalah untuk tidak memegangnya. Mengingat cukup banyak kasus yang terjadi akibat lari dengan kecepatan tinggi dan terkilir, akibat pegangan pada handrail.
 

  1. Konsumsi Air Mineral

Selanjutnya tips menggunakan alat treadmill yang tepat bagi para pemula yaitu cobalah untuk mengkonsumsi air mineral cukup sebelum olahraga, dan juga setelah olahraga. Jangan meminum air putih di tengah-tengah olahraga. Kecuali anda memang sangat haus ataupun kekurangan cairan.

Membiarkan tubuh untuk tidak mendapatkan air mineral dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan dehidrasi. Walaupun anda sebenarnya hanya bergerak di atas alat treadmill, dengan menaruhnya di dekat alat treadmill akan mempermudah anda untuk mengkonsumsi air mineral. Terutama jika anda sedang olahraga berat. Usahakan konsumsi air mineral 30 menit sebelum latihan agar perut tidak terasa sakit ketika bergerak terutama berlari kencang.
 

  1. Waktu Lari

Terakhir hal yang bisa dilakukan yaitu memastikan, bahwa anda memang telah memahami waktu dan juga program untuk menggunakan alat treadmill tersebut. Tidak baik menggunakan alat dua hingga tiga kali setiap harinya atau bahkan terlalu lama jaraknya.  Misalnya satu minggu satu kali. Rutin latihan menjadi kunci kesuksesan ketika anda melakukan olahraga atau pun lari dengan menggunakan alat treadmill.

Sehingga anda terbiasa dan juga bisa menggunakannya dengan cara yang benar. Pastikan juga tubuh dengan posisi yang tepat dan waktu yang ditentukan telah teratur. Misalnya 2 hari dalam satu kali atau satu hari satu kali, jika anda sudah sanggup berlari di atas alat  tersebut.
 

Olahraga menjadi hal yang sangat bermanfaat. Namun jika tidak dipelajari dengan baik dan dilakukan dengan benar, maka akan menyebabkan cedera atau bahkan hal yang lebih serius. Untuk itu sebelum memutuskan untuk menggunakan alat olahraga apapun termasuk alat treadmill cobalah untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Selamat berolahraga.


 


 
Tags:
#tips  #pemula  #treadmill  #tips pemula 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article