sfidn - 6 Tips Untuk Tingkatkan Performa Nge-Gym

6 Tips Untuk Tingkatkan Performa Nge-Gym

sfidn.com – Berlatih di pusat kebugaran atau gym kini menjadi salah satu gaya hidup yang dijalani oleh banyak orang. Selain untuk meningkatkan kebugaran tubuh, aktivitas nge-gym ini juga merupakan cara yang paling efektif untuk membentuk tubuh (body building). Beragamnya peralatan fitness yang ada juga menjadi salah satu faktor mengapa gym kian populer. Namun, aktivitas yang hanya dapat dilakukan di dalam ruangan ini terkadang membuat beberapa orang mudah bosan. Terlebih ketika sudah merasa program yang dijalani tidak efektif hingga menyebabkan goals atau tujuan berlatih tak kunjung tercapai.  

 

Beberapa tips di bawah ini dapat kamu lakukan untuk meningkatkan performa nge-gym.

Jaga Asupan Nutrisi dan Kondisi Tubuh

Menjaga kondisi tubuh merupakan hal pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performa berlatih. Memastikan tubuh terhidrasi, mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, hingga memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup itulah yang perlu dilakukan. Memastikan tubuh terhidrasi dapat dilakukan dengan mengonsumsi air yang cukup baik saat berlatih maupun tidak. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kekurangan cairan meski tengah berlatih maupun saat pemulihan.

 

Mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi perlu dilakukan agar tubuh mendapat lebih banyak energi sehingga dapat meningkatkan performa saat berlatih hingga saat pemulihan. Tak hanya itu, nutrisi yang tepat juga akan membantu tubuh dalam membentuk dan memperkuat otot. Hal lainnya yaitu memberikan tubuh waktu untuk beristirahat. Baik ketika berlatih maupun pasca berlatih, tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan, maka dari itu kita harus memberikan waktu untuk tubuh beristirahat. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan performa saat berlatih hingga meningkatkan mobilitas dalam beraktivitas sehari-hari.  

Buatlah Tujuan yang Spesifik

Ketika kita memutuskan untuk berlatih, kita perlu tahu terlebih dahulu apa tujuan dan target yang ingin dicapai. Entah ingin membakar lemak tubuh, membentuk otot punggung yang lebih atletis, atau memperkuat bagian tubuh tertentu. Tujuan yang spesifik akan membantu kita untuk menentukan latihan apa yang harus dilakukan dan alat apa yang akan digunakan. Jangan sampai kita tidak mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai dan malah melakukan semua jenis latihan yang ada. Alhasil, kita akan merasa latihan tidak efektif dan membuat jenuh. Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu tujuan kita dalam berlatih, program latihan apa yang akan dilakukan, hingga target apa yang ingin dicapai.

 

Tak hanya itu, kita juga perlu membuat target yang realistis dan meningkatkannya secara perlahan. Selain memberikan tubuh waktu untuk beradaptasi, hal ini juga akan membuat kita lebih menghargai target yang telah dicapai. Jika hal ini dilakukan, kita akan lebih semangat dan dapat meningkatkan performa saat berlatih.

Lakukan Bersama Teman yang Dapat Memotivasi

Terkadang kita merasa bahwa berlatih sendirian merupakan pilihan yang tepat karena fokus pikiran tidak terpecah. Namun, kita juga seringkali merasa membutuhkan teman agar lebih termotivasi dan semangat dalam berlatih. Jika kurang termotivasi, kita pun jadi tidak dapat memberikan performa yang maksimal. Maka dari itu, kita bisa berlatih bersama partner yang cocok dan yang dapat kita jadikan sebagai rival, dalam artian agar lebih termotivasi.  Menemukan partner nge-gym yang tepat juga akan membuat kita lebih semangat dalam menyelesaikan set maupun repetisi saat berlatih.

Dengarkan Musik yang Tepat

Musik merupakan hal yang cukup berpengaruh terhadap perubahan mood dalam diri kita, bisa meningkatkan atau justru menurunkan. Maka dari itu, pilihan musik yang tepat akan meningkatkan mood dan performa kita saat berlatih. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 184 mahasiswa menyebutkan beberapa jenis musik yang paling populer dan sering didengarkan saat berlatih, yakni hip-hop (27,7%), rock (24%), dan pop (20,3%).

 

Jenis musik di atas merupakan jenis musik yang memiliki ritme cukup tinggi sehingga berpengaruh terhadap peningkatan mood saat berlatih. Beberapa psikolog pun menyarankan untuk mendengarkan musik yang memiliki ritme 120 bpm (beats per minute). Beberapa orang bahkan menggunakan musik dengan ritme 180 bpm saat melakukan latihan intensitas tinggi. Umumnya, ritme musik yang digunakan ini disesuaikan dengan tempo latihan yang dilakukan. Namun, preferensi musik dan ritme ini pun kembali kepada masing-masing individu. Kita pun disarankan untuk membuat playlist lagu saja dan menon-aktifkan internet di ponsel agar tetap fokus berlatih.

 

--- Related Article ---

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Kini, telah banyak brand yang menjual berbagai macam kebutuhan fitness, mulai dari baju hingga aksesoris. Tren outfit nge-gym juga terus berkembang di kalangan penggiat fitness.  Selain ingin terlihat lebih sporty, tren outfit nge-gym ini juga bisa dipakai untuk menunjukan karakter diri. Namun, karena mengikuti tren, kita bisa saja jadi menyingkirkan aspek lain dalam berpakaian, yakni terkait tingkat kenyamanannya. Mengenakan pakaian yang nyaman tentu dapat membuat kita lebih percaya diri dalam berlatih. Maka dari itu, kenakanlah pakaian yang membuat kita nyaman, percaya diri, dan tidak menghambat aktivitas berlatih. Kita juga bisa menggunakan aksesoris fitness lainnya, seperti earphone, smartwatch, hingga sepatu fitness yang dapat menunjang kegiatan berlatih kita.

Konsumsi Suplemen Sebelum dan Sesudah Berlatih

Mengonsumsi suplemen sebelum dan setelah berlatih juga perlu dilakukan demi meningkatkan performa berlatih. Mengonsumsi suplemen pre-workout dapat memberikan energi lebih untuk tubuh dan meningkatkan kekuatan otot saat berlatih. Contoh suplemen pre-workout yang dapat dikonsumsi, yakni Suplemen Pre-Kaged Muscle.

 

Mengonsumsi suplemen pasca berlatih juga sangat dianjurkan untuk dilakukan. Selain membantu pemulihan otot, suplemen post-workout juga akan meningkatkan pertumbuhan otot. Contoh suplemen post-workout yang dapat dikonsumsi, yaitu JYM Post Active Matrix.


Beli Sekarang

 

 

Beberapa tips di atas dapat kita lakukan demi meningkatkan performa saat berlatih, baik di gym maupun di tempat lain. Jika sudah melakukan tips di atas, hal lain yang perlu kita lakukan yaitu konsisten dalam berlatih. Dengan konsisten dalam berlatih, kita akan mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

 

Referensi

https://www.bodybuilding.com/content/7-ways-to-boost-your-gym-performance.html

https://www.gymteam.org/post/how-to-boost-your-gym-performance

https://www.nbcnews.com/better/pop-culture/how-motivate-yourself-get-out-bed-work-out-today-ncna743006

https://www.scientificamerican.com/article/psychology-workout-music/

https://www.sfidn.com/article/post/tips-terbaik-agar-anda-lebih-betah-nge-gym

https://eric.ed.gov/?id=EJ973952

 

 

 


 
Tags:
#tips  #Tips Fitness  #gym  #Tips dan Trik 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article