sfidn - 7 Buah yang Bisa Meningkatkan Asam Urat, Anda Wajib Tahu!

7 Buah yang Bisa Meningkatkan Asam Urat, Anda Wajib Tahu!

sfidn.com – Beberapa jenis buah bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Terutama, buah-buahan yang mengandung fruktosa, purin, dan oksalat yang tinggi.

Alasannya sederhana, proses pencernaan fruktosa akan menghasilkan produk sampingan berupa purin. Setelah itu, purin akan dipecah oleh tubuh menjadi asam urat. Dengan begitu, kadar asam urat akan meningkat.

Buah yang mengandung purin tinggi pun akan mengalami hal yang sama. Purin akan dipecah menjadi asam urat sehingga kadarnya meningkat di dalam tubuh.

Sedangkan oksalat memang tidak secara langsung meningkatkan kadar asam urat. Namun, keberadaan oksalat yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan beban ginjal. 

Fungsi ginjal yang terganggu bisa menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat secara efektif. Alhasil, asam urat menumpuk di dalam darah dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jadi, buah apa saja yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh seseorang? Simak jawabannya pada artikel berikut ini.

 

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat adalah senyawa alami yang terbentuk sebagai hasil dari pemecahan purin dalam tubuh. Purin adalah zat yang ditemukan dalam berbagai makanan dan juga diproduksi secara alami oleh tubuh manusia.

Sebenarnya, asam urat bisa larut dalam darah dan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin. Namun, jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak mampu mengeluarkannya dengan baik maka kadar asam urat dalam darah bisa meningkat. 

Kadar asam urat yang terlalu tinggi bisa memicu kondisi medis yang dikenal sebagai hiperurisemia yang dapat menyebabkan gout (radang sendi), batu ginjal, dan kerusakan sendi permanen.

 

Berapa Kadar Asam Urat yang Normal?

Kadar asam urat yang normal pada wanita berada di angka 1,5-6 mg per desiliter (mg/dL). Sedangkan pada pria sekitar  2,5-7 mg/dL. Hiperurisemia bisa terjadi bila kadar asam urat melebihi batas normal.

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh, Anda bisa melakukan tes darah secara mandiri atau pun di fasilitas kesehatan menggunakan alat tertentu.

 

7 Buah yang Meningkatkan Asam Urat

Selain daging merah, organ, makanan laut, dan sayuran hijau, beberapa buah juga bisa menyebabkan asam urat karena mengandung fruktosa, purin, dan oksalat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Tujuh buah yang bisa meningkatkan asam urat:

 

1. Plum Kering

Plum adalah buah yang bisa menyebabkan asam urat karena mengandung fruktosa yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko nyeri kronis.

Kandungan purin dalam buah plum segar atau yang dikeringkan (prune) cukup tinggi, yaitu sekitar 60-64 mg per 100 gr sajian.

 

2. Anggur

Anggur juga termasuk buah yang tinggi fruktosa sehingga bisa meningkatkan produksi purin dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang rendah fruktosa, seperti stroberi, lemon, alpukat, dan pisang.

 

3. Kurma

Selain mengandung pemanis alami (fruktosa), kurma juga mengandung oksalat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan purin dan beban ginjal. Akibatnya, bukan hanya kadar asam urat yang tinggi tapi risiko terjadinya batu ginjal semakin tinggi.

Sebaiknya, konsumsi kurma tidak lebih dari 3-5 butir setiap hari, Jika Anda sudah menderita penyakit asam urat, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi buah ini.

 

4. Apel

Sama seperti plum, anggur, dan kurma, apel juga mengandung fruktosa yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, produksi purin semakin besar dan ada kemungkinan ginjal tidak dapat mengeluarkannya secara efektif.

 

5. Durian

Buah yang bisa meningkatkan asam urat berikutnya adalah durian. Meski buah ini memiliki rasa yang manis dan legit tapi ternyata durian mengandung  purin yang sangat tinggi, yaitu sekitar 100 mg purin per 100 gr penyajian.

 

6. Nangka

Nangka adalah buah tropis yang  juga mengandung purin tinggi, yaitu sekitar 70 mg per 100 sajian. Sebaiknya, buah ini dihindari oleh orang-orang yang memiliki risiko gout karena dapat menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan.

 

7. Rambutan

Buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat gout atau asam urat adalah rambutan. Meski rasanya sangat enak tapi buah ini mengandung 20 mg purin per 100 gram sajian.

 

Mengonsumsi buah-buahan tersebut sebenarnya diperbolehkan selama dalam jumlah yang wajar. Namun, jika Anda sudah memiliki risiko gout atau pun batu ginjal, sebaiknya batas pengonsumsian agar kadar asam urat tidak meningkat dan membuat kesehatan semakin buruk.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah  #asam urat  #purin 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article