sfidn - 7 Daftar Makanan Mengandung Vitamin A yang Tinggi

7 Daftar Makanan Mengandung Vitamin A yang Tinggi

sfidn.com – Makanan yang mengandung vitamin A paling tinggi, di antaranya adalah wortel, labu, bayam, tomat, hati sapi, telur, hingga paprika. 

Vitamin A merupakan nutrien penting yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan, serta perkembangan sel-sel tubuh.

Supaya kebutuhan vitamin a harian Anda tercukupi, kami akan memberikan informasi terkait berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A tinggi, manfaatnya bagi kesehatan, serta efeknya jika kekurangan. 

 

Berapa Kebutuhan Vitamin A Per Hari? 

Kebutuhan vitamin A per hari akan sangat bervariasi karena bergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan faktor-faktor individu lainnya. 

Meski demikian, Institute of Medicine (IOM) mencoba merincikan kebutuhan Vitamin A harian berdasarkan kelompok umur. 

Jumlah kebutuhan Vitamin A per hari bagi pria dewasa adalah 900 mcg, sedangkan Wanita dewasa ada di angka 700 mcg. 

Sedangkan bagi anak-anak dengan rentang usia 9-13 tahun, kebutuhan Vitamin A per harinya adalah 600 mcg. Untuk rincian detailnya lihat di bawah ini. 

  • Bayi (0-6 bulan): Sekitar 400 mikrogram RAE per hari.
  • Bayi (7-12 bulan): Sekitar 500 mikrogram RAE per hari.
  • Anak-anak (1-3 tahun): Sekitar 300 mikrogram RAE per hari.
  • Anak-anak (4-8 tahun): Sekitar 400 mikrogram RAE per hari.
  • Anak-anak (9-13 tahun): Sekitar 600 mikrogram RAE per hari.
  • Remaja (14-18 tahun): 900 mcg (Pria) dan 800 mcg (Wanita)
  • Dewasa (19 tahun ke atas): 900 mcg (Pria) dan 800 mcg (Wanita)

 

--- Related Article ---

 

7 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin A

Vitamin A terdiri dari dua bentuk utama, yaitu retinoid (ditemukan dalam produk hewan) dan karotenoid (ditemukan dalam produk tumbuhan).

Tidak sulit untuk menemukan makanan yang mengandung vitamin A karena Anda sudah familiar dengan nama dan rasanya. 

Kami akan ungkapkan tujuh makanan mengandung vitamin A yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Berikut daftarnya. 

1. Hati Hewan

Hati hewan, khususnya hati sapi adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin A. Setiap 100 gram hati sapi mengandung sekitar 6.000 mikrogram retinoid. 

 

2. Wortel

Wortel adalah sumber vitamin yang kaya dalam bentuk provitamin A karotenoid, terutama beta-karoten. Setiap 100 gram wortel mengandung sekitar 8.000 mikrogram beta-karoten. 

Inilah alasan mengapa kita sering diperintahkan oleh orang tua atau pun tenaga kesehatan untuk memakan wortel jika ingin matanya sehat. 

 

3. Bayam

Bayam termasuk jenis sayuran yang mengandung vitamin A. Setiap 100 gram bayam mengandung sekitar 469 mikrogram beta-karoten.

 

4. Telur

Telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin A. Setiap telur ukuran besar mengandung sekitar 140 mikrogram retinoid.

 

5. Labu

Labu adalah sumber vitamin A yang cukup tinggi karena setiap 100 gramnya mengandung sekitar 4.000 mikrogram beta-karoten. Selain itu, ada kandungan vitamin B, C, dan mineral yang bagus untuk tubuh Anda. 

 

6. Tomat

Tomat memang memiliki kadar beta-karoten yang lebih rendah daripada beberapa buah dan sayuran lainnya. Setiap 100 gram tomat mengandung sekitar 833 mikrogram beta-karoten. 

Namun, tidak ada salahnya untuk memasukkan tomat ke daftar makanan Anda sebagai variasi vitamin A sehingga Anda tidak merasa jenuh. 

 

7. Paprika Merah

Kadar vitamin A dalam paprika merah dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran paprika serta faktor-faktor pertumbuhan. 

Namun, secara umum, paprika merah mengandung sekitar 3.500 mikrogram beta-karoten (provitamin A karotenoid) per 100 gram.

 

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Vitamin A memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia, termasuk:

  • Menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap normal serta mencegah rabun malam.
  • Sistem Kekebalan tubuh yang sehat sehingga mampu melawan berbagai virus dan infeksi.
  • Menjaga kesehatan kulit agar elestasis, cerah, dan kenyal

 

Apa yang Terjadi jika Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti xerophthalmia atau kondisi mata kering, kelemahan sistem kekebalan tubuh, dan masalah pertumbuhan pada anak-anak. 

Di sisi lain, kelebihan vitamin A pun dapat berdampak negatif pada kesehatan karena dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan bahkan kerusakan hati pada kasus yang parah.

 

Penuhi kebutuhan harian vitamin A melalui berbagai makanan yang telah disebutkan pada artikel ini agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh Anda. *** 


 
Tags:
#vitamin 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article