7 Gerakan Workout yang Bisa Anda Lakukan Bersama Pasangan

sfidn.com - Jika Anda adalah seorang yang lebih suka latihan dengan teman ataupun pasangan Anda, maka Anda beruntung. Latihan bersama partner, baik itu teman ataupun pasangan, memang sangat menyenangkan dan juga lebih memudahkan. Anda juga bisa mengajak keluarga Anda, baik itu adik, kakak, ponakan, atau sepupu Anda untuk ikut melakukan rutinitas latihan. Agar lebih seru, inilah ke 7 gerakan yang bisa Anda lakukan bersama mereka.

 

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan

Berlatih dengan partner akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan juga mampu melatih otot Anda dengan cara yang lebih berbeda. Namun, sebelum Anda memulai latihan, pertimbangkanlah beberapa hal ini:

  1. Jika memungkinkan, pilihlah pasangan yang memiliki tingkat kekuatan setara dengan Anda. Hal tersebut akan membuat latihan menjadi lebih mudah dan tepat untuk dilakukan. Terlebih lagi, kalian berdua akan mendapatkan manfaat yang setara.
  2. Tetaplah fokus pada gerakan yang Anda lakukan, karena berlatih bersama teman atau pasangan seringkali mengalihkan Anda dari fokus gerakan latihan.

Jika Anda sudah bisa mempertimbangkan ke 2 hal di atas, maka Anda bisa melakukan 7 latihan ini:

 

1. Plank

Gerakan plank yang satu ini bukan gerakan plank biasa, karena Anda melakukannya dengan pasangan Anda, maka Anda bisa melakukannya sambil saling bertepuk tangan.  Berikut adalah cara melakukannya:

  • Anda dan pasangan harus mengambil posisi plank tinggi dan saling berhadapan sejauh setengah meter.
  • Angkat tangan kanan Anda berdua lalu silahkan bertepuk tangan, lalu kembalikan tangan kanan anda pada posisi semula
  • Ulangi lagi dengan tangan kiri Anda hingga beberapa repitisi.

 

2. Leg Lift

Silahkan minta bantuan ke teman Anda untuk menyelesaikan latihan ini. Cara melakukannya adalah:

  • Silahkan berbaring telentang, lalu minta teman Anda untuk berdiri tepat dibelakang kepala Anda, dan Anda harus memegang pergelangan kaki pasangan Anda.
  • Selanjutnya silahkan lakukan gerakan leg lift, yaitu mengangkat kaki dengan mengaktifkan otot inti dan menjaga punggung agar tetap rata dengan lantai saat kaki terangkat. Anda bisa meminta teman Anda untuk mendorong kaki Anda ke depan saat sudah mencapai puncak tertinggi.

 

3. Burpee

Latihan ini adalah latihan yang paling tidak disukai oleh hampir semua orang. Namun, Anda dan pasangan bisa melakukannya dengan cara:

  • Minta pasangan Anda untuk tidur berbaring menghadap ke bawah.
  • Lalu Anda harus melakukan burpee sambil melompati pasangan Anda.

 

4. Pistol Squat

Walaupun gerakan ini memang terlihat sulit, namun Anda dan pasangan bisa saling membantu untuk menyelesaikan gerakan ini. Cara melakukannya adalah:

  • Anda dan pasangan harus berdiri berhadapan, sejajarkan bahu kanan Anda berdua. Lalu silahkan Anda genggam tangan pasangan Anda.
  • Selanjutnya Anda berdua harus melakukan gerakan pistol squat secara bersamaan, dengan saling membantu dan menjaga keseimbangan tubuh.

 

5. Pushup

Push up ini biasa disebut dengan pushup gerobak dorong, cara melakukannya adalah:

  • Silahkan Anda mengambil posisi pushup, lalu minta pasangan Anda untuk memegan kedua kaki Anda.
  • Selanjutnya Anda tinggal melakukan beberapa repitisi gerakan pushup

 

6. Hamstring curl

Silahkan minta teman Anda untuk membantu Anda melakukan hamstring curl, dengan cara:

  • Anda dan pasangan harus berlutut, namun pasangan Anda harus berlutut di belakang Anda.
  • Minta pada pasangan Anda untuk menahan pergelangan kaki Anda dengan cara agak berlutut ke depan agar mampu menahan keseimbangan.
  • Turunkan tubuh Anda perlahan-lahan ke depan dan aktifkan otot hamstring Anda. Lalu tahan tubuh Anda dengan kedua tangan Anda, dan dorong untuk bisa melakukannya lagi hingga beberapa repitisi.

 

--- Related Article ---

 

7. Tricep Dip

Latihan ini akan menargetkan otot kaki Anda dan otot lengan atau otot tricep pasangan Anda. Anda bisa melakukan gerakan ini secara bergantian, dengan cara:

  • Pertama Anda harus melakukan gerakan wall sit
  • Selanjutnya Anda bisa mempersilahkan pasangan Anda untuk melakukan dip, caranya adalah dengan meminta pasangan anda untuk untuk meletakan tangannya di atas lutut Anda dengan jari menghadap ke depan, lalu tekuk lutut dengan kaki yang masih sejajar dengan tanah atau bisa juga merentangkan kaki di atas lantai. Lakukan gerakan dip sambil menekuk siku lalu rentangkan kembali.

 

Itulah ke 7 gerakan yang bisa Anda lakukan bersama pasangan Anda. Terlihat lebih seru dan menantang bukan?  

 

Referensi

  1. https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/3014/does-working-out-with-a-partner-affect-performance
  2. https://www.planetfitness.com/community/articles/6-fun-partner-workouts-you-and-your-gym-buddy
  3. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/partner-workouts
Tags:
#workout  #fitness  #latihan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail