sfidn - 7 Pose Yoga untuk Perkuat Otot Perut

7 Pose Yoga untuk Perkuat Otot Perut

sfidn.com – Otot perut termasuk salah satu bagian otot inti yang menjadi sumber kekuatan tubuh. Ketika diperkuat, otot perut akan mendukung pergerakan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan menstabilkan punggung bagian bawah. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang pelatihannya banyak melibatkan kinerja otot inti. Terutama di beberapa pose yang menggunakan stabilitas dan kekuatan otot perut untuk menjaga keseimbangan dan ketahanan. Berikut ini 7 pose yoga yang baik dan efektif dalam melatih dan memperkuat otot perut.

1. Plank Pose (Phalakasana)

Plank pose atau phalakasana adalah salah satu pose yoga yang cukup umum diketahui. Plank pose terkenal karena pelatihannya yang efektif dalam memperkuat otot inti, terutama otot perut. Melansir dari laman DOYOUYOGA, plank pose juga membawa sederet manfaat lain, seperti memperkuat pergelangan tangan, membangun otot trisep yang kuat, memperkuat otot leher, mengaktifkan kinerja otot tulang belakang, dan membentuk otot bokong.

2. Side Plank Pose (Vasisthasana)

Vasisthasana tergolong pose yoga yang membutuhkan keseimbangan tingkat tinggi. Karena itulah, vasisthasana ditujukkan untuk penggiat yoga yang berada di level menengah dan lanjutan. Selagi bertumpu pada satu tangan, pose vasisthasana akan memperkuat pergelangan tangan, lengan, bahu, dan tulang belakang. Pose yang juga dilakukan dengan mengandalkan kekuatan otot perut ini pun akan meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, dan fokus secara keseluruhan.  

3. Boat Pose (Navasana)

Navasana merupakan pose yoga yang cukup menantang kekuatan otot tubuh. Pasalnya, pose meniru perahu ini membutuhkan banyak kekuatan otot inti terutama perut guna menjaga keseimbangan dan daya tahan. Ketika dilakukan dengan benar, navasana akan membangun dan membentuk otot inti yang dapat menjadi poros kekuatan bagi tubuh. Navasana pun akan membantu mengurangi sakit punggung dan memperbaiki postur.

4. Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

Bridge pose adalah pose yoga yang baik dalam meregangkan dan memperkuat otot secara bersamaan. Pose ini memungkinkan kita untuk meregangkan punggung yang berperan dalam membentuk postur tubuh. Otot perut pun ikut terlibat guna menjaga kestabilan dan ketahanan. Secara keseluruhan, pose yoga ini akan membantu meregangkan tulang belakang dan punggung, melatih otot perut, memperpanjang fleksor pinggul, serta memperkuat kaki.

5. Downward Facing Dog Pose (Adho Mukha Svasana)

Downward facing dog adalah salah satu pose yoga level pemula yang cukup efektif dalam membuat rileks tubuh dan membawa aliran darah ke otak. Ketika dilakukan dengan benar, pose ini akan memperkuat lengan dan bahu, meregangkan paha belakang dan betis, sekaligus meregangkan otot punggung yang riskan terkena cedera sebab postur tubuh yang tidak sempurna. Uniknya lagi, pose yoga ini sangat baik dalam membentuk dan memperkuat otot perut yang juga berperan dalam membentuk postur tubuh.

6. Chair Pose (Utkatasana)

Chair pose termasuk pose yoga yang membutuhkan banyak stabilitas otot inti sekaligus kekuatan kaki. Selagi menahan pose duduk, detak jantung dan sistem aliran darah pun cenderung meningkat. Begitu pun ketika pose ini dilakukan dengan benar dan rutin, postur tubuh yang kurang sempurna dapat diperbaiki dari waktu ke waktu. Secara keseluruhan, chair pose merupakan pose yoga yang baik dalam melatih stabilitas otot inti, memperkuat tubuh bagian bawah, dan memperbaiki postur tubuh.

--- Related Article ---

7. Warrior III (Virabhadrasana III)

Meski tergolong standing balance pose atau pose keimbangan berdiri, warrior III sangatlah baik dalam membangun kekuatan otot inti. Pasalnya, otot inti berperan untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan pose. Selama pose pun, warrior III mampu menciptakan keselarasan antara kaki, tangan, dan keseluruhan otot tubuh. Karena itulah, warrior III dianggap sebagai pose yoga yang mampu meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi tubuh.

Kesimpulan

Plank pose, side plank pose, boat pose, bridge pose, downward facing dog pose, chair pose, dan warrior III adalah tujuh pose yoga yang dianggap baik dalam melatih dan memperkuat otot perut. Ketujuh pose tersebut juga memiliki manfaat lain yang beragam, mulai dari merengangkan bagian-bagian tubuh hingga memperlancar peredaran darah. Selain postur dan teknik, konsistensi dalam berlatih menjadi hal lain yang perlu diperhatikan guna merasakan manfaat secara maksimal.

 

Referensi

  • https://www.livestrong.com/article/86704-yoga-positions-strengthen-core-muscles/

  • https://www.yogiapproved.com/yoga/yoga-poses-for-abs/

  • https://www.yogajournal.com/poses/baptiste-yoga-10-poses-strong-abs

  • https://www.doyouyoga.com/5-anatomical-benefits-of-plank-pose-53224/

  • https://www.doyouyoga.com/5-benefits-of-downward-facing-dog-pose-78131/

  • https://www.yogaoutlet.com/blogs/guides/how-to-do-side-plank-pose-in-yoga

  • https://www.yogaoutlet.com/blogs/guides/how-to-do-chair-pose-in-yoga

  • https://www.yogaoutlet.com/blogs/guides/how-to-do-warrior-iii-pose-in-yoga

  • https://www.yogajournal.com/practice/bridge-pose

  • https://www.rishikulyogshala.org/the-health-benefits-of-navasana-boat-pose/

 


 
Tags:
#Latihan Otot Perut  #Yoga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article