sfidn - 8 Buah yang Mengandung Banyak Air, Cocok untuk Buka Puasa!

8 Buah yang Mengandung Banyak Air, Cocok untuk Buka Puasa!

sfidn.com – Selain menahan makan, puasa juga menuntut Anda untuk menahan dahaga, yang artinya selama berpuasa, Anda tidak boleh makan dan minum. 

Namun faktanya, air adalah pembentuk 60% dari berat tubuh. Oleh sebab itu, tubuh Anda harus tetap tercukupi kebutuhan cairannya – setidaknya 2 liter sehari. 

Nah, salah satu caranya dengan menambahkan buah yang mengandung banyak air ke dalam menu berbuka puasa dan sahur Anda.

8 Buah yang mengandung banyak air untuk menu berbuka dan sahur

Mengonsumsi makanan yang kandungan airnya tinggi dapat membantu tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Jika Anda bingung buah apa saja yang mengandung banyak air, berikut rekomendasinya:

1. Mentimun

Kadar air: 95%

Meski secara kuliner ini dikelompokkan sebagai sayuran, tetapi secara botanis, mentimun dikategorikan sebagai buah – yang mengandung banyak air.

Karena hampir seluruhnya terdiri atas air, buah ini hanya menyediakan sejumlah kecil nutrisi, seperti vitamin K, kalium, dan magnesium.

Selain itu, dibandingkan dengan buah kaya air lainnya, mentimun adalah salah satu yang paling rendah kalori – hanya 8 kalori dalam 1 porsi (52 gram).

Jadi, jangan khawatir sekalipun Anda mengonsumsinya dalam porsi yang relatif besar tanpa menambahkan banyak kalori ke dalam diet Anda. Tentunya, ini sangat berguna untuk menjaga berat badan Anda.

2. Tomat

Kadar air: 94%

Mirip dengan mentimun, secara botanis, tomat adalah buah meski dalam dunia kuliner, ini termasuk kelompok sayuran. 

Tomat juga mengandung banyak air, sehingga sangat menghidrasi dan cocok untuk ditambahkan ke dalam menu berbuka puasa maupun sahur.

Selain itu, tomat juga dikemas dengan sejumlah besar serat, vitamin, dan mineral, serta rendah kalori – hanya 32 kalori dalam 1 cangkir (149 gram).

Anda dapat menikmati tomat segar langsung, menambahkannya ke dalam salad, atau memasaknya dengan sup, saus, dan beberapa hidangan lainnya.

3. Semangka

Kadar air: 92%

Semangka adalah salah satu buah yang terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi. Buah merah ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka maupun sahur, karena manis dan sangat menghidrasi.

Selain itu, semangka dikemas dengan rendah kalori (1 cangkir mengandung 46 kalori) dan sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan kuat (likopen).

Karena kepadatan kalorinya sangat rendah, porsinya yang relatif besar mengandung sedikit kalori. Itulah mengapa semangka cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

4. Stroberi

Kadar air: 91%

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah beri asam manis ini? Yaps, stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga menjadikannya makanan yang sangat menghidrasi.

Stroberi juga dikemas dengan banyak serat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Mengonsumsinya secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan kanker.

Buah ini, selain dapat dimakan langsung, juga dapat diolah menjadi jus, smoothie, salad, atau puding stroberi. Cocok banget kan untuk menu berbuka puasa hari ini?

5. Melon

Kadar air: 90%

Melon juga merupakan buah yang mengandung banyak air dan menjadi favorit saat berbuka puasa. 

Daging buahnya yang lembut dan rasanya yang manis, menjadikannya cocok sebagai jus, smoothie, yogurt, atau dipotong dadu untuk ditambahkan ke dalam salad atau sup buah.

Selain air, melon juga mengandung serat yang tinggi, yang mana mereka saling bekerja sama untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar Anda. Itulah mengapa melon juga cocok untuk dimakan saat sahur.

6. Persik

Kadar air: 89%

Persik adalah buah yang kaya air sekaligus padat nutrisi. Selain itu, buah ini juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, B, C, dan potasium.

Uniknya lagi, buah ini bisa dimakan dengan kulitnya, lho. Alhasil, dapat menyumbangkan antioksidan seperti asam klorogenat yang lebih banyak ke dalam diet Anda.

Buah persih juga cocok dimakan saat sahur, karena kandungan air dan seratnya yang tinggi, sehingga sangat mengenyangkan.

Anda juga dapat mengolahnya menjadi smoothie dan salad, atau sebagai tambahan yang bagus untuk yogurt dan keju cottage.

7. Jeruk

Kadar air: 88%

Buah citrus ini juga mengandung banyak air, di samping serat, vitamin C, potasium, dan antioksidan seperti flavonoid. 

Dengan kandungan nutrisinya yang luar biasa, menjadikannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan, jantung, pencernaan, serta mengurangi peradangan.

Air dan serat dalam jeruk juga dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang berguna untuk mengendalikan nafsu makan Anda selama menjalani ibadah puasa.

8. Grapefruit

Kadar air: 88%

Jika diartikan secara harfiah, ini adalah buah anggur. Faktanya, ini bukanlah anggur, bahkan bentuknya jauh berbeda dari itu. 

Grapefruit adalah buah jeruk berukuran besar dengan kulit berwarna oranye dan daging buah berwarna keunguan. Rasanya berkisar dari pahit, asam, hingga manis.

Ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air tinggi dan dikemas dengan sejumlah serat, antioksidan, serta beberapa vitamin dan mineral.

Jika Anda tertarik menambahkan buah jeruk ini ke dalam menu berbuka puasa, Anda dapat memakannya langsung, mencampurnya dengan smoothie, atau menambahkannya ke salad.

Beberapa buah kaya air lainnya adalah aprikot, blueberry, nanas, apel, belimbing, plum, dan raspberry yang mengandung lebih dari 80% air.

Inilah sederet buah tinggi air dan cocok untuk ditambahkan ke dalam menu berbuka puasa maupun sahur. Umumnya, buah yang mengandung banyak air juga dikemas dengan tinggi serat, sehingga selain menghidrasi, mengonsumsinya dapat mengontrol rasa lapar Anda selama berpuasa.

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Healthline (2019). 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.
  • Medical News Today (2019). Hydrating Foods: The Top 20 and Their Benefits.
  • Ontario Equestrian. Hydrate Your Body with High Water Content Fruits and Vegetables.
  • TMW. Top 10 Fruits With Highest Water Content.
  • WebMD (2020). Foods High in Water.

 
Tags:
#sfidn  #buah kaya air  #buah tinggi air  #buah yang mengandung banyak air  #buah yang memiliki kandungan air tinggi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article