8 Manfaat Hula Hoop dan Tips untuk Pemula

sfidn.com - Hula hoop mungkin sudah Anda kenal sejak masa kanak-kanak. Pasalnya, alat ini cukup populer selama lebih dari 60 tahun. Namun, hanya karena awalnya dirancang untuk anak-anak, bukan berarti ini tidak bisa digunakan sebagai alat olahraga yang menyenangkan bagi orang dewasa.

Saat ini, sudah tersedia berbagai hula hoop dalam versi plastik dan berbobot. Lingkaran yang berbobot tentu lebih berat, lebih besar, dan terbuat dari bahan yang lembut. Anda dapat memilih satu di antaranya sesuai dengan tujuan kesehatan dan kebugaran Anda.

Artikel ini akan mengupas tuntas apa saja manfaat hula hoop yang dapat Anda peroleh dan tips menggunakannya untuk pemula.

Manfaat hula hoop untuk tubuh

Jika Anda pernah melakukan satu putaran dengan hula hoop, Anda mungkin sudah tahu bahwa mencoba mempertahankannya di pinggul Anda adalah hal yang cukup menantang. 

Berikut manfaat hula hoop yang baik untuk kesehatan Anda:

1. Membakar kalori

Defisit kalori adalah cara utama untuk menurunkan berat badan. Nah, untuk bisa mencapainya dengan baik, tidak hanya memperhatikan pola makan, melainkan juga berolahraga secara rutin. 

Menurut Mayo Clinic, hula hooping sebanding dengan aktivitas aerobik dansa lainnya, seperti salsa, swing dancing, dan belly dancing dalam hal membakar kalori. Rata-rata, wanita dapat membakar sekitar 165 kalori dan pria sekitar 200 kalori dengan melakukan olahraga ini selama 30 menit.

2. Membakar lemak 

Ini sejalan dengan manfaatnya dalam membantu membakar kalori, yang mana saat Anda membakar kalori melalui olahraga dan diet yang tepat, kemungkinan Anda juga dapat mengurangi lemak tubuh.

Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2015, jika Anda ingin menghilangkan beberapa inci dari pinggang dan pinggul Anda, melakukan hula hooping mungkin adalah hal yang tepat, terutama jika Anda menggunakan yang berbobot.

Dalam penelitian lainnya, program hula-hooping yang dilakukan oleh 13 wanita selama 6 minggu menemukan bahwa para wanita mengalami kehilangan rata-rata 3,4 cm di sekitar pinggang dan 1,4 cm di sekitar pinggul mereka.

3. Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Latihan kardiovaskular (aerobik) melatih otot jantung dan paru-paru, serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh Anda. Pada gilirannya, ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, bahkan mengurangi stres.

Setelah Anda mendapatkan ritme yang stabil dengan lingkaran Anda, detak jantung dan aliran darah Anda akan meningkat, serta paru-paru Anda akan bekerja lebih keras. Anda pun akan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam zona aerobik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Menantang otot inti

Baik itu yang sudah expert maupun pemula, semua akan merasa bahwa menggunakan hula hoop adalah hal yang sangat menantang. Anda harus tahu seberapa banyak Anda perlu menggerakkan pinggul, agar lingkaran tersebut tetap melingkari pinggang Anda.

Nah, agar hula hoop tetap bergerak, perlu otot inti yang kuat dan mobilitas yang baik di area pinggul. Dengan mempelajari cara menggunakan hula hoop dan melatihnya secara teratur, Anda dapat menargetkan dan melatih otot perut, otot samping, dan juga otot pinggul Anda dengan baik.

5. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat hula hoop selanjutnya adalah keseimbangan yang baik yang sangat berdampak pada aktivitas Anda sehari-hari. Ini juga membantu memperbaiki postur tubuh dan memungkinkan Anda untuk melakukan latihan lainnya dengan bentuk yang benar.

Menurut American Council on Exercise, semua jenis aktivitas fisik yang mengharuskan Anda untuk mempertahankan postur dan stabilitas di atas dasar penyangga, seperti hula hooping, dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

6. Melatih otot tubuh bagian bawah

Otot tubuh yang terlatih dengan hula hoop tidak hanya otot inti, melainkan otot-otot di tubuh bagian bawah, termasuk paha depan, paha belakang, glutes, dan betis, terutama jika Anda menggunakan yang berbobot.

Untuk menjaga gerakan depan-ke-belakang dan sisi-ke-sisi, Anda perlu melibatkan otot-otot di kaki dan glutes Anda, agar Anda dapat menggerakkannya.

7. Aktivitas yang berfokus pada keluarga

Salah satu keuntungan dari latihan hola hooping adalah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan, jika Anda ingin berolahraga sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarga, maka ini adalah salah satu cara terbaiknya.

Baik itu anak-anak, pasangan, orang tua, sahabat, atau siapa pun pasti ingin mendapatkan manfaat dari hula hoop. Apalagi ini sangat menyenangkan untuk dilakukan, sehingga banyak yang ingin bergabung ketika Anda melakukannya.

Tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai ajang kompetisi keluarga, dengan melihat siapa yang bisa menahan lingkaran di pinggang mereka paling lama.

8. Murah dan portabel

Keuntungan terakhir dari hula hoop adalah murah dan portabel. Anda tidak perlu ke gym, kelas kebugaran yang penuh sesak, atau mengantri untuk menggunakan mesin kardio. Plus, ini tidak mahal dan Anda dapat melakukannya di mana saja, termasuk ruang tamu, halaman depan rumah, atau garasi mobil Anda.

Salah satu brand sportwears lokal terbaik, SFIDN FITS, menyediakan hula hoop berkualitas yang terbuat dari busa lembut berdensitas tinggi dengan tebal 6 mm. Bonusnya lagi, ini bisa dilepas pasang dengan mudah, sehingga tidak memakan banyak ruang saat disimpan. 

Anda dapat membelinya melalui website resmi SFIDN FITS dan E-commerce favorit Anda.

Tips untuk pemula

Jika Anda pemula, jangan khawatir, karena kami akan memberikan Anda beberapa tips untuk memulainya di jalur yang benar.

  • Pastikan ukuran lingkarannya tepat. Jika memungkinkan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Pilih bobot terbaik, disarankan Anda memulainya dengan berat sekitar 1-2 pon. Anda bisa meningkatkannya apabila sudah mampu mempertahankan bentuk tubuh yang tepat.
  • Pertimbangkan untuk mengikuti kelas untuk mempelajari teknik-teknik dasarnya atau menonton video tutorial online sebelum berolahraga sendiri.
  • Mulai dengan durasi latihan yang lebih pendek, misalnya 2-3 sesi selama 10 menit dalam sehari. Ketika sudah lebih baik, Anda bisa memperpanjang durasi latihan Anda.

Cara melakukan gerakan hula hoop

Sumber video: OneHowto

Untuk melakukan hula hooping dengan bentuk yang benar, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Posisi kaki sedikit lebih lebar dari bahu, dengan satu kaki sedikit di depan dari yang lain.
  • Punggung lurus dan otot inti bergerak. Jangan membungkuk di pinggang dan membebani punggung bagian bawah.
  • Pegang setiap sisi lingkaran saat lingkaran melingkari pinggang dan bersandar pada punggung.
  • Dengan hula hoop menempel di punggung, mulailah memutarnya berlawanan arah jarum jam. Jika Anda kidal, mungkin akan lebih mudah memutarnya searah jarum jam.
  • Ketika mulai berputar, gerakkan pinggang dengan gerakan melingkar untuk menjaganya agar tetap bergerak. Dorong pinggul sedikit ke depan saat lingkaran bergerak melintasi perut, dan dorong ke belakang saat lingkaran bergerak melintasi punggung.
  • Jangan cemas jika hula hoop Anda jatuh pada awalnya, karena itu normal. Ambil dan terus coba sampai Anda terbiasa dengan gerakannya.

Tips tambahan

Meskipun olahraga hula hooping relatif aman, beberapa tips tambahan berikut mungkin perlu Anda lakukan:

  • Kenakan pakaian yang ketat, seperti celana yoga atau celana pendek bersepeda dan kemeja yang pas. Hindari kain apa pun yang menghalangi lingkaran saat Anda menggerakkan pinggul.
  • Lakukan dengan hati-hati jika Anda mengalami cedera atau sakit punggung kronis. Lebih baik lagi, jika Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli terapi fisik Anda sebelum mencoba hula hooping untuk memastikannya aman untuk Anda.

Inilah sederet manfaat hula hoop yang sangat bagus untuk kesehatan Anda. Jangan khawatir jika Anda belum bisa melakukannya, coba terus sampai Anda menemukan ritme gerakannya yang pas. Terapkan juga beberapa tips di atas dan pastikan Anda bertanya dulu dengan dokter Anda apabila mengalami cedera atau sakit punggung kronis. Selamat mencoba!

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • ACE (2019). Balancing Act: How to Incorporate Balance Work Into Your Training Sessions.
  • Healthline (2019). Want a Fun Workout? 8 Reasons to Give Hula Hooping a Try.
  • Healthline (2020). 7 Reasons to Give a Weighted Hula Hoop a Whirl.
  • How2forU (2021). Hula Hoop: How to exercise – Benefits & Tricks for Beginners.
  • Mayo Clinic (2020). Do weighted hula hoops provide a good workout, or are they just a gimmick? 
  • McGill et al. 2015. A six-week trial of hula hooping using a weighted hoop: effects on skinfold, girths, weight, and torso muscle endurance. J Strength Cond Res. 29 (5): 1279-84.
  • Shape (2021). The Fun Fitness Benefits of Doing a Hula Hoop Workout.
Tags:
#sfidn  #manfaat hula hoop  #hula hoop  #hula hooping  #gerakan hula hoop 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article