sfidn - 8 Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya dalam Tim

8 Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya dalam Tim

sfidn.com – Di dalam bola voli, setiap pemain memiliki posisi serta tugas masing-masing agar permainan bisa berjalan baik dan efektif sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan.

Apakah Anda tahu apa saja posisi pemain dalam bola voli? Jika belum, ayo simak artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

 

8 Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya dalam Tim

Bola voli adalah permainan bola besar yang melibatkan strategi, kerja sama tim, dan keterampilan individu yang baik.

Jumlah pemain bola voli yang ada di lapangan adalah enam orang. Setiap pemain memiliki peran yang spesifik dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Dikutip dari laman Federation Internationale de Volleyball (FIVB), susunan pemain awal dalam sebuah tim voli biasanya terdiri dari satu orang tosser, dua orang blocker, dua orang defender, dan satu orang pemain universal.

Seorang pemain voli bisa saja mengambil beberapa posisi saat berada dalam pertandingan. Misalnya, seperti setter yang dapat menjadi defender atau spiker yang juga menjadi opposite hitter.

Jika Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang atlet bola voli atau sekadar menjadi penikmat olahraga tersebut, ada baiknya untuk memahami posisi apa saja yang ada di dalam bola voli.

 

Posisi-posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya

Berikut adalah posisi-posisi pemain bola voli dan tugasnya:

 

1. Setter/Tosser

Setter atau tosser adalah seorang pemain yang bertugas untuk mengatur pola serangan tim dengan mengumpan bola kepada pemain penyerang. 

Pemain ini akan menerima bola pertama dari server dan menentukan siapa rekan yang akan menerima bola berikutnya untuk melakukan penyerangan.

Oleh karena ini, setter atau tosser harus memiliki keterampilan yang baik dalam mengatur dan memberikan bola dengan presisi kepada rekan setimnya yang akan melakukan serangan (spike).

 

2. Smasher

Smasher adalah pemain yang bertugas untuk melakukan serangan langsung dengan memukul bola ke lapangan lawan secara kuat dan cepat dari daerah yang lebih jauh dari net. Tugas utama mereka adalah mencetak poin.

 

3. Spiker

Spiker adalah seorang pemain yang memiliki tugas untuk menyerang dengan memukul bola dari daerah yang lebih dekat dengan net ke area bermain lawan.

 

4. Middle Blocker

Middle Blocker adalah pemain yang bertugas untuk memblokir serangan dari lawan, terutama di area tengah lapangan.

Mereka juga berperan dalam menyerang, terutama dengan quick attacks (serangan cepat) yang sering kali memanfaatkan umpan pendek dari setter.

 

5. Cover (Penutup)

Cover adalah istilah yang digunakan untuk pemain yang bertugas melindungi atau menutupi area di belakang pemukul saat melakukan serangan untuk mengantisipasi blok atau serangan balik dari lawan.

 

6. Defensive Specialist (Libero)

Defensive Specialist atau Libero adalah seorang pemain bertahan yang biasanya mengenakan seragam berbeda dan memiliki peraturan khusus saat pergantian pemain. 

Tugas seorang defensive specialist atau libero adalah mengambil bola yang dilemparkan lawan dan mempertahankan bola tersebut agar tetap dalam permainan sebelum smasher atau pun spiker dapat mencetak poin.

 

7. Opposite Hitter

Opposite Hitter adalah pemain yang bertugas untuk melakukan serangan dari sisi berlawanan setter. Mereka sering kali menjadi salah satu penyerang utama tim dan juga bertugas melakukan blok terhadap serangan lawan. Seorang opposite hitter juga biasanya berperan sebagai spiker.

 

8. Outside Hitter

Outside Hitter adalah pemain yang melakukan serangan dari sisi luar lapangan (dekat garis samping) agar mencetak poin. Seorang outside hitter juga bisa berperan sebagai smasher.

 

Baca Juga:

20 Istilah dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya

 

Nama Posisi Pemain Bola Voli Berdasarkan Nomor

Setiap pemain yang mengikuti pertandingan, mereka harus berada di area lapangan yang sudah ditentukan sesuai dengan posisinya.

Berikut ini nama posisi pemain berdasarkan nomor:

 

1. Posisi 1 (Belakang Kanan): Server/Setter/Defender

Seorang server yang telah mengambil servis bisa berubah peran menjadi setter atau pun defender.

 

2. Posisi 2 (Depan Kanan): Spiker Kanan/Smasher Kanan

Seorang spiker atau atau smasher akan menjadi eksekutor serangan dengan melakukan pukulan yang keras dan tajam ke wilayah permainan lawan dari garis serang.

 

3. Posisi 3 (Depan Tengah): Tosser

Posisi pemain bola voli nomor 3 adalah tosser, ia berperan sebagai pengumpan yang akan memberikan bola ke spiker atau smasher.

 

4. Posisi 4 (Depan Kiri): Spiker Kiri/Smasher Kiri

Seorang spiker atau atau smasher akan menjadi eksekutor serangan dengan melakukan pukulan yang keras dan tajam ke wilayah permainan lawan dari garis serang.

 

5. Posisi 5 (Belakang Kiri): Defensive Specialist/Libero

Seorang pemain yang mengambil peran sebagai defensive specialist atau libero harus bertahan untuk menerima serangan lawan di garis belakang.

 

6. Posisi 6 (Belakang Tengah): Defensive Specialist/Libero

Seorang pemain yang mengambil peran sebagai defensive specialist atau libero harus bertahan untuk menerima serangan lawan di garis belakang.

 

Itulah delapan posisi pemain bola voli dan tugasnya. Anda juga bisa melihat nomor posisi pemain saat berada di dalam lapangan agar bisa lebih memahami area mana saja yang menjadi tanggung jawab para pemain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#voli  #bola voli 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article