sfidn - 20 Istilah dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya

20 Istilah dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya

sfidn.com – Apakah Anda sedang mencari penjelasan dari berbagai istilah dalam permainan bola Voli? Jika benar, Anda bisa menemukannya pada artikel berikut ini.

 

20 Istilah dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya

Bola voli adalah sebuah permainan bola besar yang dilakukan secara berkelompok di mana masing-masing kelompok terdiri dari enam anggota yang akan saling berlomba untuk mencapai skor 25 terlebih dahulu.

Setiap permainan memiliki aturan dan cara bermain yang berbeda sehingga istilah yang sering digunakan pun seringkali tidak sama.

Mari cari tahu penjelasan dari 20 istilah yang umum digunakan dalam permainan bola voli berikut ini.

 

1. Service

Service adalah sebuah tindakan untuk memulai permainan dengan mengirimkan bola ke lapangan lawan dari daerah servis.

 

2. Service Ace

Service ace adalah teknik servis yang tidak bisa dikembalikan oleh tim lawan sehingga pemain yang melakukan servis langsung mencetak poin.

 

3. Ace Spiker

Ace Spiker adalah seorang pemain voli yang sangat terampil dalam melakukan serangan (spike) dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, bahkan sering kali mencetak banyak poin langsung (ace) melalui serangan yang kuat dan akurat.

 

4. Spike

Spike adalah pukulan kuat yang ditujukan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan lawan, biasanya dari posisi dekat net.

 

Baca Juga:

Goat Yoga, Olahraga Unik yang Menarik untuk Anda Coba

 

5. All-round Spiker

All-round spiker adalah pemain yang memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang baik. Ia harus mampu mengolah bola semi tanggung.

 

6. Tosser

Tosser adalah pemain bola voli yang memiliki peran untuk mengumpan bola kepada smasher. Pemain ini harus mampu membuat keputusan dengan cepat dan memiliki keterampilan yang baik dalam hal kecepatan dan pengaturan bola.

 

7. Block

Block adalah istilah yang merujuk pada upaya mencegah bola dari tim lawan agar tidak melewati net dengan menutup jalan bola menggunakan tangan.

 

8. Digging 

Digging adalah teknik bertahan untuk menaikan serta mengembalikan bola yang datang dengan cepat dan dalam posisi yang rendah agar tidak jatuh ke lapangan.

 

9. Pass

Pass adalah teknik mengoper bola ke rekan satu tim secara terkendali dan akurat. Ini menjadi langkah awal dalam menyusun serangan atau pun mempertahankan bola dari serangan lawan.

 

10. Libero

Libero adalah pemain bertahan yang berada pada posisi nomor 5 dan 6 serta memiliki peran dan aturan[ khusus, seperti tidak boleh memberikan umpan pada garis depan dan garis serang serta tidak boleh melakukan serangan dari bola di atas puncak net.

 

Baca Juga:

9 Contoh Minuman Berkafein yang Dapat Meningkatkan Energi saat Olahraga

 

11. Rotation

Rotation atau rotasi adalah istilah dalam permainan bola voli yang merujuk pada sistem perpindahan posisi pemain secara berputar sesuai dengan urutan servis.

 

12. Side Out

Side out dalam bola voli adalah situasi di mana tim yang sedang bertahan berhasil merebut poin sehingga hak servis berpindah dari tim penyerang ke tim bertahan tersebut agar dapat memulai serangan baru.

 

13. Smash

Istilah smash dalam permainan bola voli adalah sebuah pukulan keras dan cepat yang dilakukan oleh penyerang ke dalam lapangan lawan.

 

14. Outside Hitter

Outside hitter adalah pemain yang bertugas menyerang dari posisi luar lapangan. Pemain yang berada di posisi ini menjadi salah satu penyerang utama dalam tim yang bertugas untuk mencetak poin.

 

15. Opposite Hitter

Opposite hitter atau yang disingkat OP dalam bola voli adalah pemain penyerang yang berada di posisi tiga, biasanya ditempatkan di sisi yang berlawanan dari outside hitter. Pemain ini biasanya memiliki spike yang kuat dan akurat.

 

16. Loss of rally

Loss of rally adalah situasi di mana tim sebuah tim melakukan kesalahan atau kegagalan dalam menjalankan aturan tertentu sehingga kehilangan poin dan hak servis diberikan kepada tim lawan. Contohnya, bola yang dilemparkan keluar dari lapangan.

 

Baca Juga:

Tenis Lapangan: Sejarah, Peralatan, Aturan, dan Cara Bermain

 

17. Joust

Joust adalah sebuah situasi di mana terjadinya pertarungan antara dua pemain yang berusaha untuk memblokir bola yang melayang di atas net sekaligus mendorongnya ke lapangan lawan untuk mengamankan area dan mencetak poin.

 

18. Dump Smash

Dump smash adalah teknik servis dalam olahraga voli di mana pemain setter memilih untuk menempatkan bola ke lapangan lawan secara langsung daripada mengatur bola untuk digunakan oleh pemain penyerang.

 

19. Jumping Service

Jumping service adalah sebuah teknik servis yang dilakukan sambil melompat. Teknik ini memungkinkan pemain untuk menghasilkan lebih banyak kekuatan dan kecepatan saat mengembalikan bola ke area lapangan lawan.

 

20. Block Assist

Block assist adalah istilah dalam permainan bola voli ketika dua pemain atau lebih dari satu tim yang sama saling berkontribusi untuk memblokir bola lawan.

 

Itulah 20 istilah dalam permainan bola voli yang dapat Anda pelajari. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikan atau bahkan memainkan olahraga ini dengan lebih menyenangkan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#olahraga  #istilah  #voli 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article