sfidn - Apakah Gerakan Rowing Machine Anda Sudah Benar?

Apakah Gerakan Rowing Machine Anda Sudah Benar?

sfidn.com – Rowing merupakan suatu latihan dengan gerak mendayung layaknya mendayung menggerakan perahu. Gerakan ini akhirnyapun digunakan dalam metode latihan. Berbeda dengan lari diatas treadmill maupun skipping, memanfaatkan alat rowing machine atau erg untuk lutut. Selain itu, Anda juga tidak akan merasa kelelahan atau merasa pegal saat hendak melakukan sesi latihan berikutnya karena tubuh anda hanya fokus pada fase konsentris saja. Meskipun begitu, berbagai kesalahan yang berujung pada cedera pasti ada saja saat melakukan gerakan ini. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari sebisa mungkin berbagai kesalahan berikut ini sebelum menggunakan rowing maching.

1. Tempat Pijakan Kaki yang Tidak Tepat

Pijakan kaki yang tidak tepat sering kali kita abaikan saat menggunakan alat ini. Untuk itu, aturlah strap disekitar bagian kaki terluas pada pijakan yang Anda. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menahan beban dengan menggunakan kaki, bukan tumit. Hal itu juga mampu menghasilkan output energi yang lebih maksimal dan gerakan pun akan mampu dilakukan secara lebih baik.

2. Urutan yang Salah

Sebagian besar orang, banyak yang melakukan gerakan menarik tangan atau badan dahulu. Gerakan tersebut adalah gerakan yang salah, karena yang benar adalah tubuh Anda harus menjadi penggerak utama sehingga tubuh bisa menghasilkan banyak gaya pada tiap tarikan secara lebih efisien. Untuk itu, fokus dan dahulukan otot yang paling besar, lalu yang kecil.

3. Posisi Duduk yang Buruk

Sama seperti gerakan lainnya, gerak postur yang baik akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Ketika tubuh melakukan gerak rowing, maka duduklah secara baik dan juga tegap, posisikan bahu kebelakang dengan dada yang membusung. Kalau Anda melakukannya dengan cara membungkuk, hampir bisa dipastikan Anda akan mengalami nyeri punggung. Alih-alih meningkatkan massa otot, malah otot Anda yang akan sakit.

4. Anda Melakukannya seperti Cable Row

Ada beberapa hal yang berbeda saat melakukan gerakan ini dengan erg atau mesin, yaitu adalah adanya pergerakan fullbody. Untuk itu, gerakanlah otot kaki Anda lalu tarik tali dengan memanfaatkan siku sebagai pusat poinnya. Jadi, lakukanlah gerakan ini secara halus serta mengalir, bukan dengan tarikan yang keras dan kaku.

5. Pengaturan Beban terlalu Berat

Kesalahan lainnya adalah mengatur beban yang terlampau tinggi sehingga menimbulkan gerakan yang buruk atau bahkan bisa cedera. Oleh karena itu, cobalah untuk mengaturnya di angka 4 hingga 7. Setelahnya, Anda akan mampu mendapatkan kontrol otot inti dan stabilitas yang jauh lebih baik. Memperbaiki gerakan akan jadi lebih baik daripada meningkatkan beban.

6. Lepas Kendali

Maksudnya adalah melakukan gerakan dengan sangat cepat dan tidak terkontrol. Agar bisa menciptakan kekuatan yang sama, maka Anda membutuhkan dan menjaga intensitas. Oleh karenanya, penting sekali untuk menjaga posisi bokong pada kursi, dan tidak membuat gerakan yang tergesa-gesa. Stroke yang penuh akan mampu menghasilkan banyak kekuatan.

--- Related Article ---

7. Pengaturan Damper Terlalu Tinggi

Mengatur damper yang terlalu tinggi juga merupakan hal yang keliru. Pengaturan damper pada sisi flywheel antara 3 hingga 5 akan menjadi lebih optimal. Karena hal tersebut mampu memberikan resistensi.

Itulah beberapa kesalahan yang sering sekali dilakukan saat melakukan latihan menggunakan rowing machine. Untuk itu, coba koreksi lagi gerakan rowing Anda, apakah selama ini sudah benar, atau ada kesalahan.


 
Tags:
#Tips Fitness  #latihan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article