sfidn - Badan Terasa Pegal dan Nyeri Usai Olahraga, Begini Cara Cepat Pemulihan Otot

Badan Terasa Pegal dan Nyeri Usai Olahraga, Begini Cara Cepat Pemulihan Otot

sfidn.com - Kebanyakan orang menginginkan badan yang jauh lebih bugar dan fit setelah melakukan latihan atau olahraga. Namun, terkadang yang terjadi malah sebaliknya. Badan terasa pegal, nyeri, linu, dan tidak nyaman. 

Tips dan Cara Cepat Pemulihan Otot DOMS

Dalam beberapa kasus yang serius, membuat susah tidur ketika malam hari dan mengganggu aktivitas di pagi hari. Wah, jika Anda pernah atau sedang mengalami hal yang sama, cobalah mempertimbangkan lagi jenis program latihan atau pola makan. Karena, tidak seharusnya setelah latihan, otot nyeri dan terasa pegal sampai mengganggu kondisi kesehatan, benar kan?
 

Nyeri Otot Pasca Latihan Olahraga

Di kalangan medis, nyeri otot atau tidak nyaman setelah latihan olahraga intensitas tinggi dikenal sebagai DOMS. DOMS singkatan dari Delayed Onset Muscle Soreness.

DOMS dapat terjadi sekitar 2-3 hari pasca latihan. Tanda-tandanya seperti terasa sakit di seluruh badan, nyeri otot, pegal, linu, dan sakit lainnya di bagian tubuh tertentu sampai menganggu aktivitas. 


Berbeda dengan nyeri otot pada umumnya, DOMS masih bisa dirasakan pasca latihan hingga 1-2 hari berhenti latihan. Padahal, umumnya nyeri otot biasa hanya berlangsung 1-2 hari setelah latihan. 
 

Gejala DOMS/ Nyeri Otot Pasca Latihan

  • Benarkah Anda mengalami DOMS atau nyeri otot sehabis latihan? Coba cek beberapa hal ini yang mungkin dialami :
  • Pegal linu
  • Sakit ketika bagian tubuh tertentu ditekan
  • Sulit berjalan
  • Pergerakan terbatas
  • Sulit tidur malam 
  • Sakit kepala
  • Tidak nyaman 
  • Gejala mirip flu bisa terjadi


 

--- Related Article ---

 

Namun, jika mengalami gejala-gejala di atas, tidak perlu khawatir berlebihan. Karena, biasanya ketidaknyamanan tersebut bisa hilang dengan sendirinya. 
 

Cara Mencegah Nyeri Otot Pasca Latihan

Nah, satu-satunya cara untuk mencegah DOMS atau nyeri otot pasca latihan adalah beristirahat dengan baik dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Dokter juga mungkin akan memberikan suplemen pendukung olahraga seperti glutamin, protein, dll. 

Berikut beberapa cara mengatasi nyeri otot setelah latihan : 
 

1. Istirahat cukup dan pola makan sehat

Tubuh memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri atau meregenerasi sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak. Hanya saja, Anda perlu lebih banyak istirahat dan mengubah pola makan lebih sehat. 
Kemudian, perhatikan makanan apa yang Anda konsumsi sebelum dan setelah latihan. Karena hal ini sangat berpengaruh pada pemulihan otot pasca latihan. 
Sebelum latihan, konsumsi jenis makanan seperti protein dan karbohidrat kompleks. Nutrisi protein yang akan mempercepat pemulihan otot dan jaringan yang rusak. Sedangkan, karbohidrat akan meningkatkan energi dan pertumbuhan jaringan otot. 


Contoh menu pola makan sehat untuk pemulihan otot, antara lain :

  • Kalkun panggang dan ubi jalar kukus
  • Daging sapi tanpa lemak dan nasi merah
  • Ikan salmon dan sayuran
  • Salad tuna dan gandum utuh
  • Dada ayam dan ubi manis
     

2. Menambahkan Suplemen ke Pola Makan

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, dokter juga mungkin akan menyarankan suplemen tambahan. Seperti: Creatine, l-glutamine, dan BCAA sebagai pilihan terbaik. 

Fungsi glutamin adalah suplemen untuk mendukung pemulihan jaringan otot dan mempercepat pemulihan. Glutamin dalam jangka panjang berefek untuk melawan peradangan (anti inflamasi), meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan pencernaan. Asam amino ini juga dapat meningkatkan performa atletik, lho!
 

3. Istirahatkan otot tubuh

Jika tubuh atau otot masih terasa sakit ketika bergerak, jangan memaksakan diri untuk olahraga. Ingat, Anda harus banyak istirahat. Istirahat memegang peran penting dalam perbaikan otot. Hindari melatih otot yang sakit hingga 72 jam. 
Cukup berlatih olahraga ringan 2x per minggu. Tubuh Anda masih dalam masa pemulihan sehingga beristirahat adalah cara terbaik memperbaiki kerusakan otot secara alami. 


 


 
Tags:
#doms  #Nyeri Otot  #Solusi DOMS  #Gejala DOMS  #Cara Mengatasi DOMS 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article