Beberapa Diet Aneh yang Harus Anda Hindari

sfidn.com - Dewasa ini, diet atau mengatur pola makan sudah menjadi gaya hidup baru dikalangan masyarakat kita. Tujuan akhirnya pun beragam, ada yang memang ingin menurunkan berat badan, menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan dan bahkan kecantikan. Cara melakukannya pun beragam, dari cara yang wajar hingga cara yang aneh dan terkesan berbahaya. Mulai dari mengurangi jumlah asupan makanan, sampai ada juga yang mengonsumsi hewan parasit berbahaya ke dalam tubuh

5 Diet Aneh dan Berbahaya yang Harus di HIndari

1. Master Cleanse Diet

Diet ini dilakukan dengan cara mengonsumsi air ramuan, sirup maple, sari lemon dan juga cabai. Selain itu, diet ini juga dilakukan dengan cara mengonsumsi teh herbal pencahar dan air garam. Minuman-minuman ini di minum sebanyak 6 – 12 gelas setiap hari dan dilakukan selama 10 hari. Mungkin terlihat mudah, namun para ahli gizi memberikan nilai yang buruk pada metode diet ini, kenapa? karena tubuh tidak bisa mendapatkan asupan kalori yang sesuai. Alhasil, tubuh mulai lapar, mudah lelah, dan gampang marah. Selain itu, sel-sel tubuh juga jadi tidak mendapatkan asupan energi karena rendahnya asupan kalori. Kalaupun berat timbangan badan Anda menurun, yang menurun bukanlah lemak Anda, melainkan massa otot Anda.

2. Juice Cleanse Diet

Diet jenis ini juga hanya memperbolehkan Anda mengonsumsi cairan tertentu. Namun, cairan yang di munum adalah cairan jus buah dan sayur. Cairan tersebut dikonsumsi sebanyak 6-8 gelas setiap hari selama 10 hari. Mereka berasumsi bahwa jus tersebut mampu mendetoksifikasi tubuh dan membantu menyehatkan sistem pencernaan sehingga metabolisme menjadi lebih meningkat dan berat badanpun turun. Faktanya, mengonsumsi buah dan sayuran dalam bentuk yang utuh lebih disarankan agar kandungan nutrisi didalamnya bisa tetap terjaga. Selain itu, jus juga bisa membuat perut kembung dan diare karena adanya kandungan fruktosa dalam sayur dan jus buah.

3. Diet Jeruk Bali

Diet Jeruk bali atau grapefruit dilakukan dengan mengonsumsi jeruk bali sebelum makan lalu tidak menyantap makanan pencuci mulut, roti, sayuran putih, dan menambah porsi daging dan sayuran sebanyak tiga kali lipat. Memang, cara ini sangat efektif karena jeruk bali mampu membuat perut terasa lebih kenyang yang membuat kita mengurangi porsi makanan. Di sisi lain, jeruk bali juga memiliki kandungan enzim pembakar lemak yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, jika makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang tidak sehat, tentu mengonsumsi jeruk bali sebelumnya akan tidak efektif. Selain itu, jeruk bali juga memiliki kandungan yang mampu mentralisir obat, jadi jika Anda di sedang mengonsumsi obat, ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu pada dokter.

4. Diet Sup Kubis (Kol)

Kubis ataupun kol memang dikenal sebagai sayuran yang mempunyai efek diuretik. Karena itulah dibuat diet sup kubis. Metodenya dilakukan dengan cara mengganti makanan pokok Anda dengan sop kubis sebanyak 1-2 kalo sehari selama 7 hari. Walaupun memang diet ini terbukti berhasil, namun sangat tidak disarankan karena berat badan yang turun terlalu cepat dan jadi tidak aman. Metode diet yang super cepat juga memungkinkan Anda mengalami peningkatan berat badan kembali. Selain itu, perut juga akan lebih mudah kembung karena konsumsi banyak kubis.

--- Related Article ---

5. Diet Cacing Pita

Metode diet ini adalah metode diet paling aneh, ekstrim dan berbahaya yang pernah ada. Cara melakukannya adalah dengan mengonsumsi larva cacing pita secara utuh hingga cacing tersebut masuk kedalam tubuh. Mereka yang melakukan diet ini meyakini bahwa cacing pita di dalam tubuh mampu mengurangi kalori, sehingga mereka bisa mengonsumsi banyak makanan apapun dalam jumlah yang besar. Padahal faktanya, saat cacing pita menyerap nutrisi tubuh, berat badan yang turun terjadi karena efek kekurangan gizi. Efek sampingnya, Anda akan lebih mudah terserang diare, mual, lelah, sakit perut, hingga pendarahan pada usus karena terjadi infeksi.

Itulah beberapa program diet aneh dan berbahaya yang tidak boleh Anda lakukan. Cukup lakukan program diet yang sudah terbukti lebih sehat dan lakukanlah olahraga secara teratur. Nantinya berat badan akan turun drastis perlahan-lahan tanpa Anda sadari.

 

Tags:
#diet 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail